Struktur dan Fungsi Sumsum Tulang Belakang (Medula Spinalis)

Struktur dan Fungsi Sumsum Tulang Belakang (Medula Spinalis)

saranailmu.com – mungkin sebagian dari kita tidak tahu atau belum paham mengenai fungsi saraf spinal, bagian sumsum lanjutan, fungsi sumsum tulang belakang dan gambaran sumsum tulang. Karena seperti yang kita tahu bahwasanya untuk mengetahui fungsi sumsum tulang belakang harus mengetahui terlebih dahulu beberapa strukturnya.

Maka, dalam pembahasan ini akan di jelaskan secara rinci tentang sum sum tulang belakang manusia (Medula Spinalis) yang mana di kenal sebagai bagian dari saraf. Untuk lebih jelasnya silahkan anda simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

Struktur dan Fungsi Sumsum Tulang Belakang (Medula Spinalis)

Untuk lokasi Sumsum tulang belakang membentuk memanjang pada rongga tulang belakang, mulai dari berbagai ruas leher hingga ke ruas tulang pinggang ke dua.

Selaput meninges berguna membungkus Sumsum tulang belakang. Jika di lihat secara melintang, sumsum tulang belakang pada bagian luar akan tampak berwarna putih (substansi alba) dan pada bagian dalam yang memiliki bentuk seperti kupu-kupu, berwarna kelabu (substansi grissea).

Banyak kandungan akson (neurit) pada bagian yang berwarna putih dengan yang menyelimutinya adalah myelin. dibagian ini berfungsi sebagai penghantar impuls menuju otak dan dari otak menuju efektor.

Lalu, pada bagian yang warnanya kelabu memilki kandungan serabut saraf dengan tidak memiliki myelin. untuk membedakan pada bagian ini terdapat 2 akar yakni dorsal atau akar posterior dan akar ventral atau akar anterior.

Akar dorsal memiliki kandungan neuron sensorik, sedangkan akar ventral memiliki kandungan neuron motorik.

Fungsi Sumsum Tulang Belakang

ada 4 fungsi sumsum tulang belakang, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Sebagai penghantar impuls dari reseptor (indera) ke otak,
  2. Sebagai penghantar impuls dari otak ke reseptor (indra),
  3. Sebagai pengubung otak dengan seluruh tubuh,
  4. Sebagai pusat gerak refleks dan memberikan kemungkinan jalan terpendek gerak refleks.

Hanya itu saja yang dapat saya sampaikan mengenai Struktur dan Fungsi Sumsum Tulang Belakang (Medula Spinalis). Semoga dengan adanya pembahasan ini dapat bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kita mengenai Fungsi Sumsum Tulang Belakang. Terima Kasih

Baca Juga :

Shares