Rumus Massa Jenis dan Contoh Soalnya Lengkap

Rumus Massa Jenis dan Contoh Soalnya

saranailmu.com – Apa yang di maksud dengan Massa Jenis? Massa jenis merupakan hal yang tidak bisa dipisahkan dengan pengertian zat dan macam-macamnya. pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan mengenai pengertian massa jenis, rumus massa jenis dan contoh soal tentang massa jenis zat.

Seperti yang kita tahu bahwasanya ada banyak sekali macam jenis zat yang ada disekitar, dan yang perlu diketahui juga adalah pada sebuah benda yang memiliki volume sama belum tentu massanya sama.

Beberapa contoh tersebut diantarany adalah balok kayu dan balok stereofoam, yang mana volumenya sama setelah massanya di hitung/ukur dengan menggunakan neraca Ohauss hasilnya berbeda. Kemudian akan muncul sebuah pertanyaan, Apakah faktor yang menyebabkan hal tersebut berbeda?

Jawabannya adalah pada kedua jenis benda tersebut mempunyai massa jenis yang berbeda. Kembali pada pertanyaan awal pada kalimat diatas. Apa yang dimaksud dengan massa jenis? untuk menjawab pertanyaan tersebut perlu ulasan yang rinci, seperti dibawah ini.

Rumus Massa Jenis dan Contoh Soalnya

Pengertian massa jenis

Massa jenis zat ialah perbandingan antara massa zat dengan volume zat

Rumus Massa Jenis

Rumus Massa Jenis

Tentu anda masih ingat bagaimana mencari volume benda dengan memiliki bentuk yang tidak beraturan? Jika masih ingat pasti dengan mudah bisa menemukan massa jenis dari suatu benda yang bentuknya tidak beraturan tersebut. Maka dari itu coba anda temukan massa jenis kerikil, anak kunci, atau patahan ranting.

Suatu zat yang jenisnya sama meski bentuk serta volumenya berbeda maka akan memiliki massa jenis yang sama. Dengan begitu, massa jenis adalah salah satu ciri untuk mengetahui jenis zat.

Kesimpulannya adalah massa jenis zat akan menentukan susunan partikel zat, apakah susunannya sangat rapat, rapat, atau renggang.

Daftar Massa Jenis Tiap Benda

Nama Zat
Massa Jenis (kgm-3)
Air (4oC)
Es
Alkohol
Bensin
Raksa
Besi
Seng
Platina
Perak
Emas
Kuningan
Aluminium
Tulang
Udara (27oC)
Uap air
1.000
920
800
680
13.600
9.900
7.140
21.450
10.500
19.300
8.400
2.700
1.700–2.000
1,2
0,6

Contoh soal massa jenis

Terdapat sebuah benda dengan massa 432 gram. Jika volume benda 160 cm3, hitunglah massa jenis benda tersebut.

Contoh soal massa jenis

Bagaimana, apakah anda sudah mengerti mengenai cara menghitung massa jenis benda? hanya itu saja yang dapat saya sampaikan mengenai Rumus Massa Jenis dan Contoh Soalnya, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita tentang massa jenis benda. Terima Kasih

Baca Juga :

Shares