Rumus Luas Permukaan Tabung dan Rumus Luas Selimut Tabung beserta Contoh Soalnya

Rumus Luas Permukaan Tabung dan Rumus Luas Selimut Tabung beserta Contoh Soalnya

Rumus Luas Permukaan Tabung dan Rumus Luas Selimut Tabung beserta Contoh SoalnyaUntuk kali ini, kita akan membahas mengenai luas permukaan tabung, rumus luas permukaan tabung, contoh soal luas permukaan tabung dan juga rumus luas selimut tabung, hingga contoh soal luas selimut tabung dan rumus dari luas permukaan tabung tanpa menggunakan tutup.

Rumus Luas Permukaan Tabung Coba perhatikan gambar yang ada di bawah ini! Apabila tabung yang ada pada gambar di atas kemudian dipotong sepanjang AD, keliling sisi alas dan juga keliling sisi atasnya dapat diperoleh menjadi jarring-jaring tabung seperti yang terdapat pada gambar di bawah ini. Seperti yang kita lihat bahwa selimut tabung yang terdapat pada gambar yang ada di atas memiliki bentuk persepi panjang dan memiliki panjang AA’ = DD’ = keliling alas tabung = 2πr dan lebar AD =A’ D’ = tinggi tabung = t.

Sehingga bisa dinyatakan bahwa luas selimut tabung = luas persegi panjang = p x 1 2πrt

Sebenarnya luas permukaan tabung adalah gabungan dari luas selimut tabung itu sendiri, ditambah dengan luas sisi alas dan juga luas sisi atas tabung. Luas permukaan tabung = luas selimut + luas sisi alas + luas sisi atas = 2πrt + πr2 +πr2 = 2πrt + 2πr2 = 2πr (r + t) Dengan begitu, untuk tabung yang memiliki tutup rumusnya adalah seperti di bawah ini:   Berikut Ini Adalah Contoh Soal Luas Permukaan Tabung dan Luas Selimut Tabung Diketahui suatu tabung jari-jari alasnya 7 cm dan tingginya 10 cm. Tentukan luas selimut tabung dan luas permukaan tabung tersebut.   Jawaban:   Apabila diketahui nilai : r = 7 cm t = 10 cm   Pertanyaan:   luas selimut tabung? luas permukaan tabung?   Cara Mengerjakan:  

  • Luas selimut tabung = 2πrt

= 2 (22/)7. 7. 10 = 440 cm2

  • Luas permukaan tabung = 2πr (r + t)

= 2 (22/7).7. ( 7 + 10 ) = 748 cm2   Dari contoh soal dan cara pengerjaan seperti di atas, maka dapat diketahui luas selimut tabung adalah 440 cm2 serta luas permukaan tabungnya adalah 748 cm2.   Baca Juga:  

 

Shares