Reaksi Kimia Fotosintesis dan Jenis-jenis Reaksi Kimia

Reaksi Kimia Fotosintesis dan Jenis-jenis Reaksi Kimia

Reaksi Kimia Fotosintesis dan Jenis-jenis Reaksi Kimia – Fontosintesis adalah salah satu contoh dari sebuah reaksi kimia yang ada di dalam kehidupan sehari-hari yang ada di bidang ilmu pengetahuan. Apa sih, fontosintesis itu? Lalu bagaimanakah reaksi kimia terhadap fontosintesis? Temukan jawabannya pada ulasan di bawah ini ya!

Karena artikel kali ini akan membahas mengenai proses reaksi kimia fontosintesis yang juga akan dilengkapi dengan jenis-jenis reaksi kimianya.

Pengertian fotosintesis

Sebelum itu, mari kita bahas apa itu fontosintesis. Jika menurut kamus besar bahasa Indonesia, fontosintesis sendiri memiliki sebuah arti, yaitu energy cahaya matahari {cahaya matahari buatan) yang dilakukan oleh tumbuhan daun hijau maupun bakteri untuk dapat mengubahnya menjadi karbondioksida serta air menjadi karbohidrat (glukosa) dan juga oksigen.

Dengan begitu, dapat diartikan bahwa fontosintesis merupakan sebuah proses penyusunan zat anorganik (CO2 dan H2O) yang diubah menjadi zat organik (glukosa) dengan memanfaatkan bantuan energy cahaya matahari yang dilakukan oleh klorofil.

Jika dilihat dari pengertian fontosintesis di atas maka dapat disimpulkan bahwa karbondioksida yang bereaksi dengan air dan bantuan sinar matahari nantinya mampu menghasilkan produk atau bisa juga disebut sebagai hasil reaksi yang berupa karbohidrat, air serta oksigen.

Lalu bagaimana reaksi kimianya?

Reaksi kimia fotosintesis

Di dalam sebuah reaksi fontosintesis, energy dari matahari akan diubah menjadi sebuah energi kimia. Energi kimia ini nantinya akan disimpan ke dalam bentuk glukosa (gula). Karbondioksida, air dan juga sinar matahari digunakan untuk menghasilkan glukosa, oksigen dan juga air.

Persamaan kimia untuk proses fotosintesis ini adalah:

6CO2 + 12H2O + cahaya matahari → C6H12O6 + 6O2 + 6H2O

Jika dilihat pada reaksi di atas, 6 molekul karbon dioksida (6CO2) dan juga 12 molekul air (12H2O) dikonsumsi di dalam proses, sementara glukosa (C6H12O6), enam molekul oksigen (6O2), serta enam molekul air (6H2O) yang dihasilkan.

Persamaan ini dapat disederhanakan sebagai: 6CO2 + 12H2O + cahaya → C6H12O6 + 6O2 + 6H2O.

Jenis Reaksi Kimia

untuk jenisnya sendiri, reaksi kimia ini bisa dikelompokkan berdasarkan kesamaannya. Dengan tujuan untuk dapat mempermudah dalam mempelajarinya.

Salah satu sistem yang digunakan untuk menggelompokkan berdasarkan dengan cara atom dapat tersusun kembali di dalam reaksi kimia.

  1. Reaksi penggabungan

Kelompok ini dapat terjadi apabila kedua zat atau bisa lebih beraksi dan kemudian membentuk zat lain, contohnya seperti hydrogen dan juga oksigen yang bereaksi menghasilkan air, yakni 2H2 + O2 → 2H2O

  1. Reaksi penguraian

Sementara itu, kelompok ini dapat terjadi jika satu zat diuraikan dan menjadi satu zat atau bisa juga lebih, seperti 2NH3 → N2 + 3H2

  1. Reaksi penggantian

Sedangkan kelompok ini hanya dapat terjadi ketika satu atom menggantikan atom yang lainnya yang ada di dalam satu senyawa. Contohnya seperti,  Mg + 2HCl → MgCl2 + H2. Dalam reaksi itu Mg menggantikan Cl.

 

 

Baca Juga:

 

 

Shares