Peta Persebaran Flora di Indonesia Beserta Penjelasannya Lengkap

Peta Persebaran Flora di Indonesia Beserta Penjelasannya

Peta Persebaran Flora Di Indonesia – berdasarkan dengan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi persebaran flora, menurut garis besar, macam macam flora di Indonesia bisa dibedakan, menjadi berikut ini.

Peta Persebaran Flora Di Indonesia Bagian Barat

Persebaran flora di Indonesia bagian Barat telah didominasi dengan vegetasi tumbuhan hutan hujan tropis dengan keadaan yang selalu basah. Ini dikarenakan di kawasan ini memiliki curah hujan & kelembapan yang sangat tinggi.

Variasi flora di wilayah ini mempunyai kesamaan ciri pada flora yang ada di Benua Asia. Sedangkan flora tipe Asia atau yang disebut (Asiatis) mempunyai ciri-ciri seperti dibawah ini.

1) Mempunyai berbagai tumbuhan kayu berharga, contohnya jati, meranti, mahoni, kruing, dan sejenisnya.

2) Bersifat heterogen

3) Selalu hijau sepanjang tahun.

Bukan hanya itu saja, di wilayah Indonesia Barat juga ada tumbuhan endemik (yakni hanya ada di wilayah Tersebut), misalnya Raflesia arnoldi yang ada di Sumatra.

Di Indonesia bagian Barat banyak dijumpai pula kawasan hutan mangrove (atau hutan bakau), diantaranya di pantai Timur propinsi Sumatra, wilayah pantai Barat & Selatan Kalimantan, hingga pantai Barat & Utara di pulau Jawa.

Peta Persebaran Flora Di Indonesia Bagian Tengah

Wilayah peralihan di Indonesia meliputi wilayah Sulawesi dan kepulauan yang ada di sekitarnya dan Kepulauan Nusa Tenggara. Pada kawasan ini tak akan dijumpai hutan yang lebat.

Hutan yang ada diwilayah ini ialah hutan semusim ataupun hutan homogen yang tak begitu lebat. Apalagi di wilayah Nusa Tenggara juga Cuma ada sabana & stepa.

Sabana merupakan padang rumput luas yang terdapat tumbuhan kayu didalamnya. Sementara stepa merupakan tanah kering yang Cuma ditumbuhi dengan semak belukar.

Keadaan ini terjadi karena pada wilayah Nusa Tenggara mempunyai curah hujan relatif lebih sedikit jika dibanding dengan pulau-pulau lainnya yang ada di Indonesia.

Tumbuhan yang mendominasi wilayah Indonesia tengah, ialah tumbuhan palma, cemara, & pinus.

Peta Persebaran Flora Di Indonesia Bagian Timur

Flora yang ada di wilayah Indonesia Timur juga telah didominasi dengan hutan hujan tropis. Namun jenis tumbuhannya tidak sama dengan jenis tumbuhan yang ada di wilayah Indonesia Barat.

Flora yang ada di area hutan hujan tropis dibagian Timur mempunyai kesamaan terhadap flora yang ada di wilayah Benua Australia. Flora flora tersebut bersifat Australis. Sementara salah satu flora khas Indonesia bagian Timur ialah bunga anggrek.

Jenis Flora yang ada di wilayah Paparan Sahul atau di Irian Jaya, terdiri dari tiga jenis, yakni: Pohon sagu, nipah, dan pohon mangrove.

Flora yang ada di Daerah Peralihan Sulawesi ada 4.222 macam. Selain itu, flora disini juga berkerabat dekat dengan flora yang ada diwilayah lain yang daerahnya kering. Seperti di Filipina, Nusa Tenggara, Maluku, serta wilayah Jawa. Flora yang ada di wilayah peralihan yang habitatnya di pantai, dan dataran rendah & ultra basis memang lebih mirip terhadap flora di Irian.

Sementara jenis tumbuhan gunungnya lebih mirip terhadap yang ada di wilayah Kalimantan. Flora di wilayah Sulawesi juga menunjukkan percampuran flora di Indonesia bagian barat dan bagian timur. Flora di Sulawesi lebih banyak yang memiliki kesamaan terhadap wilayah kering yang ada di Jawa, Nusa Tenggara dan Maluku. Tetapi flora dataran rendah yang ada di Sulawesi juga banyak yang sama dengan flora yang ada didataran rendah wilayah Papua.

Itulah penjelasan tentang Peta Persebaran Flora Di Indonesia. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : 

Shares