Pengertian Zona Laut Berdasarkan Kedalamannya Beserta Contohnya Lengkap

Pengertian Zona Laut Berdasarkan Kedalamannya Beserta Contohnya

saranailmu.com – dalam pembahasan ini kita akan membahas mengenai zona laut indonesia dan zona laut berdasarkan kedalaman. maka dari itu agar pembaca dalam lebih memahami pastikan memperhatikan serta membacanya lebih detail yang di ulas secara lengkap dibawah ini.

seperti yang kita tahu bahwasanya Tekanan air laut menjadi bertambah terhadap kedalaman. Umumnya kedalaman dari air laut dapat di ukur dengan menggunakan echo sounder atau CTD (Conductivity, Temperature, Depth). menggunakan CTD dari kedalaman yang diukur didasarkan atas harga tekanan.

dilihat berdasarkan atas kedalaman wilayah perairan laut terdiri dari 4 Zona, di antaranya adalah :

1. Zona Litoral

Wilayah antara garis pasang dan juga garis surut air laut merupakan pengertian dari Zona Litoral. terkadang pada wilayah ini kering ketika air laut sedang surut dan tergenang ketika air laut saat pasang. umumnya Zona litoral berada pada pantai yang daerahnya landai.

2. Zona Neritik

Pengertian dari Zona Neritik ialah suatu dareah dasar laut yang memiliki kedalaman kurang dari 200m. misalnya wilayah perairan laut yang dangkal  berada di Paparan Sunda dan Paparan Sahul di wilayah perairan indonesia. di antaranya seperti Laut Jawa, Selat Sunda dan Laut Arafuru.

3. Zona Batial

sedangkan untuk Zona Batial memiliki pengertian suatu wilayah yang perairan lautnya berada di kedalaman antara 200m – 1.800m, sehingga cahaya matahari tidak dapat tembus pada zona ini maka beberapa tumbuhan mulai berkurang akan tetapi hewan laut masih banyak di temukan di wilayah laut ini.

4. Zona Abisal

kemudian untuk wilayah perairan laut yang kedalamannya lebih dari 1.800 meter adalah Zona Abisal. beberapa contoh dari Zona Abisal adalah Palung Laut Banda (7.440meter) dan Palung Laut Mindanao (10.830 meter).

hanya itu saja yang dapat saya sampaikan mengenai Pengertian Zona Laut Berdasarkan Kedalamannya, semoga menambah ilmu pengetahuan serta bermanfaat dan dapat menjadi sebuah refrensi ketika anda membutuhkannya. Terima Kasih

Baca Juga :

Shares