[LENGKAP] Pengertian Tabel, Fungsi Dan Jenis-Jenis Tabel

Pengertian Tabel, Fungsi Dan Jenis-Jenis Tabel

Pengertian Tabel merupakan daftar yang mana di dalamnya berisi berbagai Ikhtisar dari sebagian atau keseluruhan data informasi yang biasanya di tulis dengan bilangan/angka atau kata-kata yang tersusun secara sistematis yakni dengan berurutan kea rah bawah pada deret serta lajur tertentu memiliki garis pembatas agar bisa di tinjau dengan lebih mudah.

Untuk memahami isi dari table tersebut dapat di lakukan dengan pemahaman terhadap fakta yang ada di dalam table. Tabel tersebut terdiri dari kolom yang memanjang kearah kanan dan ada pula garis memanjang dari arah atas ke bawah. Kolom tersebut serta baris lalu di hubungkan dengan berupa isi table data itu sendiri.

Fungsi Tabel

Melihat dari segi Pengertian table dapat di jelaskan bahwasanya table adalah daftar yang didalamnya berisi sebagian atau keseluruhan Informasi data. Maka dari itu untuk penggunaannya table ini mempunyai beberapa fungsi yang mana di antaranya ialah memberikan kemudahan dalam membaca data,hal ini berdasarkan data tersebut tersusun secara sistematis sehingga pengguna atau si pembaca bisa dengan mudah memahaminya.

Selain itu table juga memiliki fungsi dalam memudahkan pengguna untuk mengetahui perubahan yang terjadi baik itu menaik atau menurun. Tak hanya itu saja, table pun memiliki fungsi sebagai rujukan rangkuman dengan berupa susunan bilangan atau angka.

Jenis-Jenis Tabel

Tabel bisa di bilang paling sering di gunakan dalam memberikan sejumlah data dan umumnya ada banyak jenis yang di gunakan. Jika di lihat dari jumlah karakteristik dalam tabel, tabel sendiri dapat dibedakan diantaranya yakni tabel satu arah, tabel dua arah dan tabel tiga arah. Yang mana untuk tabel tabel satu arah merupakan isinya berupa keterangan mengenai satu karakteristik saja.

Karakteristik dalam hal ini meliputi frekuensi, jumlah, kadar, ukuran dan lain sebagainya. Dengan kata lain tabel satu arah ini adalah jenis tabel yang paling mudah di buat dan sangat sederhana.

Sedangkan untuk Pengertian Tabel dua arah adalah tabel yang di dalamnya berisi mengenai hubungan antara dua karakteristik. Misalnya tabel yang berisi data mengenai jumlah penduduk berdasarkan jenis kelamin, umur, agama, tempat lahir atau Siswa berdasarkan Jenis Kelamin, Nomor Induk, Tempat Tinggal dan lain sebagainya.

Dan untuk yang ketiga adalah pengertian tabel tiga arah merupakan tabel yang di dalamnya berisi hubungan antar tiga karakteristik atau tiga hal contohnya data Penduduk berdasarkan kecamatan, jenis kelamin dan umur, atau data mahasiswa berdasarkan jenis kelamin, jurusan dan asal daerah.

Itulah beberapa penjelasan mengenai Pengertian Tabel, Fungsi Dan Jenis-Jenis Tabel, jadi intinya adalah anda bisa menggunakan tabel dengan memilih jenis berdasarkan data yang akan anda buat. Terima Kasih, Semoga Bermanfaat

Baca Juga : 

Shares