Pengertian Struktur Organisasi Beserta Fungsinya Lengkap

Pengertian Struktur Organisasi dan Fungsinya

Pengertian struktur organisasi – Sebelum kita menuju ke pokok pembahasan tentang struktur organisasi maka sebaiknya mengetahui terlebih dahulu apa yang di maksud dengan organinasi? Organisasi dapat di artikan suatu kelompok yang terdiri dari dua orang atau lebih dimana yang secara formal di satukan dalam sebuah kerjasama dalam mencapai tujuan yang telah di tetapkan sebelumnya. Agar anda bisa memahaminya lebih jelas tentang organisasi bisa membaca pada artikel sebelumnya yakni : Pengertian Organisasi Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Struktur organisasi

Struktur organisasi ialah berupa susuan dari berbagai komponen atau unit kerja dalam suatu organisasi. Struktur organisasi lebih mengarah kepada pembagian kerja dan mengenai bagaimana fungsi dari berbagai kegiatan berbeda yang telah dikoordinasikan. Selain itu, struktur organisasi lebih menuju kepada berbagai spesialisasi dari suatu pekerjaan tertentu, termasuk saluran perintah atau penyampaian laporan.

Dengan arti lainnya Struktur organisasi merupakan suatu susunan atau hubungan terhadap berbagai komponen serta bagian dan juga posisi pada sebuah organisasi, disetiap komponen yang ada di dalam organisasi memiliki saling ketergantungan. Sehingga jika adanya suatu komponen yang baik maka akan berpengaruh kepada komponen lainnya dan tentunya juga akan berpengaruh terhadap organisasi tersebut.

Struktur organisasi adalah susunan dan hubungan pada setiap bagian atau posisi yang adala di dalam suatu organisasi atau perusahaan untuk menjalankan berbagai kegiatan operasionalnya. Bermaksud mencapai tujuan yang sebelumnya telah di tentukan. Struktur organisasi dapat di ganbarkan secara jelas dengan pemisahan kegiatan dari pekerjaan antara satu dengan kegiatan lainnya serta bagaimana hubungan antara kegiatan dan juga fungsi dapat dibatasui. Pada sebuah struktur organisasi yang baik haruslah bisa menjelaskan mengenai hubungan antara wewenang siapa melapor dan yang bertanggung jawab  terhadap siapa, jadi adanya suatu pertanggungjawaban apa yang akan di lakukan.

Fungsi Struktur Organisasi

Ada bebearapa fungsi / kegunaan dari suatu struktur organisasi, di antaranya adalah:

1. Kejelasan Tanggung Jawab.

Pada setiap anggota organisasi wajib untuk bersikap bertanggung jawab dan mengetahui apa saja yang harus dipertanggungjawabkan. Di setiap anggota organisasi tentunya harus bisa bertanggung jawab terhadap pimpinan atau atasannya yang sudah memberikan berupa kewenangan, karena dalam pelaksanaany atau implementasi kewenangan tersebut yang memang perlu untuk dipertanggungjawabkan. Inilah yang di sebut dengan fungsi struktur organisasi mengenai kejelasan adanya tanggung jawab

2. Kejelasan Kedudukan.

Kemudian yang selanjutnya adalah tentang kejelasan kedudukan, yang artinya pada setiap anggota atau seseorang yang termasuk di dalam struktur organisasi pada dasarnya bisa mempermudah dalam melakukan koordinasi dan komunikasi, sebab dengan adanya keterkaitan penyelesaian tentang suatu fungsi yang sudah dipercayakan kepada seseorang atau anggota.

3. Kejelasan Mengenai Jalur Hubungan

Fungsi yang ketiga adalah sebagai kejerlasan darin segi jalur hubungan artinya dalam melakukan pekerjaan serta tanggung jawab pada setiap pegawai di dalam suatu organisasi makan memerlukan adanya kejelasan hubungan yang tergambar pada struktur sehingga dalam jalur penyelesaian suatu pekerjaan akan semakin menjadi lebih efektif dan bisa saling memberikan keuntungan.

4. Kejelasan Uraian Tugas

Kemudian fungsi yang terakhir atau ke-4 yakni kejelasan mengenai uraian tugas yang ada di dalam suatu struktur organisasi akan sangat di butuhkan dan bisa membantu pihak atasan atau pimpinan untuk bisa melakukan pengawasan ataupun pengendalian, dan juga bagi bawahan akan dapat lebih berkonsentrasi untuk melaksanakan suatu tugas atau pekerjaan karena uraian yang jelas. Dan inilah yang di namakan dengan fungsi sebagai kejelasan uraian tugas.

Mungkin hanya itu saja uraian yang dapat di sampaikan mengenai Pengertian Struktur Organisasi, dengan menyimak dan membaca berbagai penjelasan di atas anda dapat lebih paham tentang apa yang di maksud dengan Struktur Organisasi. Semoga Bermanfaat

Baca Juga :

Shares