[LENGKAP] Pengertian Sinopsis, Ciri, Fungsi dan Langkah Membuat Sinopsis

Pengertian Sinopsis dan Langkah yang digunakan dalam membuat Sinopsis

Pengertian Sinopsis adalah sebuah rangkuman atau inti pokok dari naskah yang melukiskan alur cerita dari film, pementasan, drama atau isi dari buku baik itu dari segi yang konkrit atau abstrack.

Umumnya Sinopsis di pakai sebagai prolog di suatu naskah yang memang sengaja di buat atas dasar memudahkan penonton/pembaca untuk mengetahui serta memahami isi daripada naskah tersebut secara singkat. Dikatakan sebagai ringkasan pada synopsis adalah karena pada umumnya Cuma terdiri dari beberapa halaman yang bisa di bilang jumlahnya sekitar seperlima dari isi naskah.

Kesimpulannya adalah dengan membaca penjelasan di atas bahwasanya synopsis adalah suatu rangkuman/ringkasan dari buku, film, drama, teather atau isi dari buku yang melukiskan secara garis besar atau inti jalan ceritanya.

Ciri-Ciri Sinopsis

  1. Untuk ciri yang pertama dari synopsis ini adalah susunan dari alur atau jalan ceritanya di buat berurutan yang berdasarkan dari kronologis cerita aslinya, namun di ringkaskan saja.
  2. Bahasa yang di gunakan persuasive, artinya adalah berupa ajakan yang bertujuan agar si pembaca synopsis tersebut menjadi tertarik dan berkeinginan untuk membaca buku aslinya.
  3. Pada synopsis adanya berupa ajakan atau sebuah motivasi kepada pembaca
  4. Umumnya pada synopsis menjelaskan adanya beberapa kekurangan atau kelebihan yang terdapat pada naskah
  5. Adanya konflik singkat tetapi menarik di Sinopsis
  6. Pembaca akan menjadi lebih menarik dan penasaran yang memang sengaja di buat menarik pada Sinopsis tersebut

Fungsi Sinopsis

  1. Isi dari cerita atau dipersingkat sebagai gambaran mengenai isi dari cerita
  2. Memaparkan sebuah gambaran atau pandangan yang cukup jelas mengenai dari kronologis atau dengan urutan dari naskah/cerita
  3. Membuat pembaca menjadi tertarik untuk mengetahui selanjutnya, yang mana hal ini adalah sebuah cara yang efektif untuk mengenalkan isi dari cerita tersebut.
  4. Atau sebagai panduan bagi para Casting dalam melakukan improvisasi

Strategi Dalam Pembuatan Sinopsis

Bagi seorang penulis yang ingin membuat synopsis, ada beberapa hal yang perlu di ketahui dari beberapa setrategi yang digunakan di antaranya adalah :

  • Tema : di antara setrategi lainnya yang paling pertama di lakukan adalah dengen menentukan tema dan kemudian barulah dengan mencari gagasan pokok lainnya pada naskah
  • Perhatikan Jalan Cerita atau Alur : Hal ini di lakukan berdasarkan tujuan utama dengan di buatnya synopsis yakni memberikan gambaran yang jelas kepada pembaca
  • Perhatikan penokohan : pastikan anda lebih menekankan watak penokohan, hal ini di lakukan agar si pembaca terkesima terhadap naskah yang telah di buat.

Proses Pembuatan Sinopsis

  1. Memastikan synopsis hasilnya baik pastikan anda sudah membaca naskah dan mengerti dari alur ceritanya. Dengan melakukan hal ini kita dapat mengetahui kesan penting dari penulis secara umum
  2. Tandai atau catat pada gagasan penting yang ada pada naskah. Misalnya dengan menggunakan stabile atau garis bawah.
  3. Tambahkan atau ubah gagasan pokok yang di tandai tersebut agar menjadi lebih ringkas dan tepat sasaran.
  4. Gunakan kalimat yang jelas, menarik dan seefektif mungkin agar mudah di pahami
  5. Catat dialog secara garis besar, jika penulis ingin mencantumkan dialog pada naskah.
  6. Pastikan synopsis yang di buat tersebut tidak menyimpang dari seluruh isi naskah

Itulah yang bisa sampaikan mengenai Pengertian Sinopsis, Ciri, Fungsi dan Langkah Membuat Sinopsis, semoga bermanfaat. Terima Kasih

Baca Juga : 

Shares