Pengertian Resensi Buku dan Tujuannya

Pengertian Resensi Buku dan Tujuannya

Pengertian Resensi Buku dan Tujuannya

Pernahkah kamu membaca resensi dari sebuah buku di media massa atau pun situs internet? Jika pernah, apakah kamu mengetahui dengan betul apa itu yang dimaksud dengan resensi buku? Bagaimana cara membuat resensi buku? Dan apa sih, tujuan dari dibuatnya resensi buku tersebut? Dan seperti apa contoh resensi buku?

Mungkin beberapa pertanyaan di atas masih sering kamu pertanyakan kan? Dan apakah kamu pernah mengetahui jawabannya? Nah, untuk itu artikel ini akan menjelaskan mengenai semua hal yang berhubungan dengan resensi buku. Mulai dari pengertian resensi buku, tujuan dari dibuatnya resensi buku dan prinsip-prinsip yang harus ada pada resensi buku serta tidak lupa contoh resensi buku itu sendiri.

Untuk menjawab pertanyaan kamu yang pertama, mari kita ketahui apa sih, resensi buku itu?

Pengertian resensi buku

Jika dalam kamus besar Bahasa Indonesia, resensi memiliki arti mempertimbangkan atau juga pertimbangan serta pembicaraan mengenai suatu buku atau ulasan tentang suatu buku yang dibagikan untuk dijadikan rekomendasi bagi banyak orang pada saat hendak membeli buku.

Jika dalam bahasa Latin, resensi berasal dari kata kerja revidere atau recensere. Yang memiliki arti melihat kembali, menilat atau bisa juga berarti menimbang. Sementara dalam bahasa Belanda resensi berasal dari kata recensie dan dalam bahasa Inggris lebih dikenal dengan istilah review.

Meski terlihat berbeda, namun dalam ketiga bahasa tersebut memiliki arti yang sama, yakni mengulas sebuah buku.

Sehingga yang dimaksud dengan resensi buku ialah, member penilaian dan mengungkap isi buku itu kembali dengan membahasnya, menilainya hingga mengkritik isi buku yang sedang diresensi.

Jadi, yang dimaksud dengan resensi buku adalah tindakan memerikan penilaian, mengungkap kembali isi buku, membahas, atau mengkritik buku.

Macam-macam resensi

Meski pun yang sering kita tahu adalah kegiatan resensi buku, tapi sebenarnya tidak hanya buku saja yang dapat diresensi, tapi beberapa kegiatan yang mencakup beberapa hal dan sangat luas. Di bawah ini merupakan klasifikasi besar bidang garapan dari kegiatan resensi itu sendiri, yakni:

  1. Resensi buku; baik berupa resensi buku fiksi, resensi buku nonfiksi,
  2. Resensi pementasan seni, seperti resensi film, resensi sinetron, resensi tari, resensi drama, resensi musik atau resensi kaset
  3. Resensi pameran seni, seperti resensi seni lukis dan resensi seni patung.

Tujuan resensi buku

Sebelum membahas tata cara dalam membuat resensi untuk sebuah buku, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu tujuan dari dibuatnya resensi untuk sebuah buku. Apa tujuannya? Berikut ini ulasannya:

  1. Memberikan informasi atau pemahaman yang komprehensif tentang apa yang tampak dan terungkap dalam sebuah buku.
  2. Mengajak pembaca untuk memikirkan, merenungkan, dan mendiskusikan lebih jauh fenomena atau problema yang muncul dalam sebuah buku.
  3. Memberikan pertimbangan kepada pembaca apakah buku itu pantas mendapat sambutan dari masyarakat atau tidak.
  4. Memberikan informasi sekaligus Menjawab pertanyaan yang timbul jika seseorang melihat buku yang baru terbit, seperti berikut: Siapa pengarangnya? Mengapa ia menulis buku itu? Apa pernyataannya? Bagaimana hubungannya dengan buku-buku sejenis karya pengarang yang sama? Bagaimana hubungannya dengan buku-buku sejenis yang dihasilkan oleh pengarang-pengarang lain?
  5. Untuk para pembaca, resensi buku mempunyai tujuan berikut:
  6. Membaca agar mendapatkan bimbingan dalam memilih buku.
  7. Setelah membaca resensi berminat untuk membaca atau mencocokkan seperti apa yang ditulis dalam resensi.
  8. Apabila tidak memiliki waktu untuk membaca buku, maka ia dapat mengandalkan resensi sebagai sumber informasi.

 

 

Baca Juga:

 

 

Shares