Pengertian Ilmu dan Pengetahuan Beserta Perbedaannya

Pengertian Ilmu dan Pengetahuan Beserta Contohnya

Perbedaan Ilmu dan Pengetahuan – Ternyata masih banyak yang belum mengerti antara keduanya dimana mereka menganggap bahwa ilmu dan pengetahuan adalah sama, tapi sebenarnya kedua hal tersebut memiliki arti yang berbeda. Maka pada ulasan ini akan di bahas secara lengkap mengenai Apa pengertian Ilmu dan perbedaan antara ilmu dan pengetahuan? Untuk mempersingkat waktu, silahkan anda simak selengkapnya mengenai Pengertian dan perbedaan Ilmu pengetahuan dibawah ini.

Pengertian dan Definisi Ilmu

Ilmu atau sains memiliki arti yakni pengetahuan berdasarkan Dari berbagai fakta, baik pengetehauan tersebut bersifat natural atau social yang berlaku secara umum serta sistematis. Dengan kata lain Ilmu merupakan pengetahuan yang telah di atur berdasarkan yang sudah tertata atau di urutkan seacara menyluruh dan sistematis.

Contoh Ilmu

Beberapa contoh Ilmu yang biasa kita temukan sehari-hari dalam kehidupan social adalah Bahasa, yang mana bahasa sangat berlaku secara umu dan sistematis. Setiap saja, kapan dan dimana saja setiap orang yang ingin mempelajari suatu bahasa harus melakukan berbagai tahapan seperti berbicara, Membaca, menulis dan mendengar. Sehingga dalam hal ii telah di buktikan bahwasanya bahasa merupakan ilmu yang memiliki sifat umum serta sistematis yang bisa menjadi sebuah dasar atau acuan. Kemudian akan muncul pertanyaan terkait dengan bahasa yakni siapakah Guru dari Bahasa tersebut? Jawabannya adalah Imu bahasa itu sendiri, sedangkan sebagai pengajarnya yakni penghubung ilmu bahasa.

Pengertian dan Definisi Pengetahuan

Pengetuan bisa di artikan sebagai informasi yang telah di ketahui atau telah disadari pada setiap Individu/kelompok serta belum bisa di pelajari secara umum. Akan tetapi pengetahuan bisa menjadi suatu ilmu jika sudah di pelajari dan di uji sehingga nantinya bisa di terapkan untuk umum. Pengetahuan tidak bisa di batasi dengan deskripsi, hipotesis, konsep, teori, prinsip dan prosedur yang secara Probabilitas Bayes adalah bermanfaat dan benar.

Contoh Pengetahuan

Sebagai contoh dari Pengetahuan adalah praktek dukun atau ilmu supranatural, dimana untuk pelaku tersebut di sebut paranormal, bisa di bilang hal ini bermanfaat dan benar adanya. Namun karena sifatnya masih Individu/Kelompok atau tidak systematis (tertutup) maka orang yang ingin mempelajarinya memerlukan guru khusus. Dalam hal ini Guru sebagai acuan yang harus untuk di ikuti karena guru adalah itu sendiri (pada setiap guru lain ilmu). Jadi kesimpulannya adalah Pengetahuan bisa di jadikan ilmu jika sudah di uji dan sistematis sehingga setiap orang dapat mempelajarinya dengan terbuka.

Perbedaan Ilmu dan Pengetahuan

Dari berbagai penjelasan di atas maka kita mendapatkan beberapa poin kesimpulan yang mengacu pada perbedaan antara ilmu dan pengetahuan sebagai berikut.

  • Ilmu memiliki sifat umum, sedangkan pengetahuan masih sifatnya individual atau per-kelompok tertentu
  • Kemudian Guru daripada ilmu ialah ilmu itu sendiri, Sehingga yang menyampikan ilmu hanya sebatas pengajar/pengubung, sedangkan untuk guru dari pengetahuan merupakan orang yang mempunyai pengetahuan itu sendiri.
  • Ilmu bisa di pelajari, dikaji dan di uji, sedangkan untuk pengetahuan belum.
  • Ilmu merupakan pengaetahuan yang sudah tertata atau tersusun secara sistematis dan berlaku untuk umum, sedangkan pada pengetahuan masih belum dapat tersusun dengan sistematis karena belum bisa di lakukan pengujian.

Sekarang kita sudah mengerti dari mengenai pengertian dan perbedaan pengetahuan dan ilmu. Sehingga anda bisa menjadikan Artikel ini sebagai refrensi ketika di butuhkan kembali. Terima Kasih, semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Shares