Pengertian Nomor Atom, Nomor Massa, Isotop, Isobar, Isoton, Waktu Paruh dan Sistem Periodik Unsur (SPU)

Pengertian Nomor Atom dan Nomor Massa Serta Penjelasan Contohnya lengkap

saranailmu.com – Mungkin dari kita banyak yang belum memahami bagaimana menentukan nomor atom dan nomor massa serta rumus nomor atom. Maka dari itu dalam pembahasan kali ini akan di jelaskan secara rinci mengenai pengertian nomor atom, pengertian nomor massa atau pengertian massa atom, pengertian isotop dan sistem periodik unsur, atau tabel periodik unsur kimia, dan perkembangan sistem periodik unsur. untuk lebih jelasnya silahkan anda simak ulasan berikut ini.

Pengertian Nomor Massa dan Nomor Atom

Massa atom suatu unsur  adalah massa relatif unsur yang dibandingkan dengan massa sebuah atom hidrogen. Banyaknya jumlah proton di dalam inti atom dinamakan dengan nomor atom, yang mana untuk lambangnya sendiri adalah Z

Di atom netral, banyaknya jumlah proton dalam inti sama dengan banyaknya elektron, maka dapat di katakan nomor atom adalah banyaknya elektron yang beredar mengelilingi inti atom.

Sedangkan Nomor Massa adalah banyaknya proton dan neutron di dalam inti atom, untuk lambangnya adalah A. Jika Lambang Atom X maka untuk penulisanya pada atom menjadi.

Pengertian Nomor Massa dan Nomor Atom

Pengertian Nomor Massa dan Nomor Atom

Melihat dari besaran nomor atom serta kenaikan massa atom, maka Mendeleyev menyusun daftar urutan unsur-unsur. Unsur yang mmiliki sifat sama ditempatkan pada lajur kebawah. Susunan berbagai unsur berdasarkan atas kenaikan nomor atom disebut dengan sistem berkala.

Agar anda dapat lebih memahami dari unsur-unsur tersebut, perhatikan tabel sistem periodik dibawah ini. Berbagai unsur yang ada pada satu garis mendatar dinamakan dengan periode, sedangkan pada lajur vertikal dinamakan dengan golongan.

Sistem Periodik Unsur

Apabila susunan elektron diuraikan maka periode menunjukan jumlah kulit elektronnya, sedangkan pada golongan  menunjukkan jumlah elektron pada kulit paling luar.

Sistem Periodik Unsur

Sistem Periodik Unsur

Golongan utama disebut golongan IA, IIA, IIIA, IVA, VA, VIA, VIIA, dan VIIIA, sedangkan lajur antara lajur IIA dan IIIA dinamakan golongan IB, IIB, IIIB hingga golongan VIIB.

Ada beberapa ketentuan pada sistem berkala, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Pada 1 Periode, dengan semakin ke kanan maka untuk sifat logamnya menjadi berkurang serta sifat dari nonlogamnya semakin bertambah.
  • Pada 1 Golongan, dengan semakin kebawah maka sifat logamnya akan menjadi bertambah, sedangkan untuk sifat nonlogamnya menjadi berkurang.

“Pada periode 3, unsur Na lebih bersifat logam dibandingkan P, unsur Cl lebih nonlogam dibandingkan Al.”

Pengertian Isotop, Isobar dan Isoton

Pada suatu unsur yang sama umumnya memiliki nomor massa berbeda. Berbagai unsur yang memiliki nomor atom sama, namun nomor massanya berbeda di sebut juga isotop. untuk sifat kimia dari unsur-unsur isotop adalah sama.

Isotop merupakan beberapa atom yang memiliki nomor atom yang sama, akan tetapi memiliki masa atom yang berbeda atau dengan kata lain berbagai unsur sejenis yang mempunyai jumlah proton sama, namun untuk jumlah neutronya berbeda.

Dapat kita ketahui bahwsanya Nomor atom adalah identitas dari atom, maka pada setiap atom yang memiliki nomor atom yang sama maka untuk unsurnya pun sama.

Pengertian Isotop, Isobar dan Isoton

Isobar merupakan atom-atom yang memiliki nomor atom berbeda (nomor atom berbeda) akan tetapi memiliki massa atom sama.

Pengertian Isotop, Isobar dan Isoton

Isoton merupakan atom-atom unsur berbeda (nomor atom berbeda) yang memiliki jumlah neutron yang sama.

Pengertian Isotop, Isobar dan Isoton

Pengertian waktu paruh

half life atau disebut juga dengan Waktu paruh ialah waktu yang dibutuhkan oleh suatu unsur radioaktif berguna meluruh sehingga aktivitas radioaktifnya tinggal separuh dari aktivitas awal. Waktu paruh unsur radioaktif bisa di pergunakan dalam menentukan terbentuknya batu-batuan dan fosil. terbentuknya batu-batuan dan fosil.

Hanya itu saja yang dapat kami sampaikan mengenai Pengertian Nomor Atom, Nomor Massa, Isotop, Isobar, Isoton, Waktu Paruh dan Sistem Periodik Unsur (SPU) dan contoh soal nomor atom dan nomor massa. Semoga bermanfaat

Baca Juga :

Shares