Pengertian Latar Belakang dan Contoh Latar Belakang Proposal Kegiatan

Pengertian Latar Belakang Proposal Kegiatan

Pengertian Latar Belakang yang dimaksud dengan latar belakang ialah dasar ataupun titik tolak yang berguna memberi pemahaman untuk pembaca ataupun pendengar tentang apa yang ingin disampaikan. Sementara latar belakang yang bagus harus disusun secara jelas dan jika perlu harus disertai bersama dengan data ataupun fakta yang dapat mendukung penjelasan tersebut.

Beberapa hal yang ada dalam latar belakang diantaranya:

  • Keadaan ideal yang mencakup keadaan yang telah dicita-citakan, ataupun diharapkan terjadi. Keadaan ideal ini biasa dihadirkan dalam bentuk visi & misi yang hendak
  • Keadaan aktual adalah kondisi yang terjadi sekarang Biasanya menceritakan perbedaan situasi dengan kondisi sekarang ini bersama dengan keadaan yang dicita-citakan akan terjadi.
  • Sementara solusi adalah saran singkat ataupun penawaran penyelesaian sebuah masalah yang telah dialami sebelum melangkah pada tahap lebih lanjut yakni pada pokok bahasan.

Tidak hanya itu saja, latar belakang juga dapat mengandung perbandingan & penyempurnaan terhadap tulisan tentang topik yang sama dengan sebelumnya.

Latar belakang masalah juga merupakan informasi-informasi terkait pada masalah yang mau diteliti yang tersusun dengan sistematis. Sementara dalam suatu latar belakang masalah, kamu akan diarahkan pada alasan yang kuat. Mengenai tentang kenapa suatu masalah yang mau diteliti dan mengapa sebuah metode penelitian tersebut digunakan. Atau bisa juga diartikan dengan alasan sebuah metode penelitian dan hal yang akan diteliti.

Misalnya saja dalam skripsi hendak meneliti tentang meningkatkan kualitas membaca para siswa dengan teknik skimming & scanning. Dalam hal ini, pembahasan latar belakang masalah, membahas tentang kenapa peneliti harus menambah kualitas membaca siswa & apa saja alasan teknik skimming dan scanning harus dipakai.

Poin-poin maupun isi dari latar belakang masalah lebih spesifik seperti berikut ini:

  1. Suatu alasan rasional & esensial berdasar dengan data, fakta, maupun referensi yang ada. Alasan tersebut dipakai untuk acuan ketertarikan dari sang peneliti.
  2. Gejala-gejala yang terdapat di lapangan yang kemudian memunculkan permasalahan untuk selanjutnya diteliti lebih lanjut.
  3. Adanya permasalahan permasalahan yang kompleks & pelik yang hendak muncul jika dibiarkan begitu saja serta tidak secepatnya dicari solusinya.
  4. Selanjutnya ialah pendekatan yang ditinjau dalam segi teoritis yang bertujuan untuk mengatasi masalah.

Selain itu, latar belakang Masalah juga bisa mengacu terhadap krisis ideologi, social, ekonomi, politik, budaya, keamanan, dan pertahanan. Latar belakang masalah ditutup menggunakan kalimat kunci yang intinya menekankan pentingnya masalah itu untuk secepatnya diteliti. Selain itu, juga di bahas apa saja akibat jika penelitian tersebut tidak secepatnya diteliti.

Sementara banyaknya halaman pembuatan latar belakang masalah ialah proporsional. Hal ini tergantung dengan jumlah halaman semua proposal penelitian ataupun laporan penelitian. Yang harus diingat adalah latar belakang masalah tidak boleh melebihi banyaknya halaman dari bab bab lainnya. Selain pada bab terakhir, karena bab ini Cuma menyertakan saran dan juga kesimpulan saja.

Sehingga, sebelum kamu menentukan judul suatu penelitian, peneliti harus menentukan suatu masalah yang nantinya akan di teliti. Dengan masalah tersebut, kamu bisa menjadikannya sebagai latar belakang masalah kenapa diangkat judul tersebut. Yakni judul yang selanjutnya akan diteliti oleh peneliti.

Untuk menentukan sebuah masalah, kamu bisa mencari satu topic masalah saja yang ada disekitar lingkungan. Diantaranya isu social, pendidikan, budaya, keamanan, politik, atau masih ada banyak masalah lain yang ada di masyarakat.

Itulah pembahasan tentang pengertian latar belakang. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : 

Shares