Konservasi : Pengertian, Tujuan, Manfaat dan Contohnya Lengkap

Pengertian Konservasi Dan Tujuannya Serta Manfaat dan Contohnya Lengkap

Pengertian konservasi dan tujuannya serta manfaatnya –  Apa itu konservasi? Apa saja tujuan dan manfaat konservasi? Untuk menjawab semua pertanyaan tersebut mengenai Pengertian Konservasi, agar lebih jelasnya di uraikan secara lengkap sebagai berikut.

I. Pengertian Konservasi

Konservasi merupakan berbagai upaya yang di lakukan dalam pelestarian lingkungan, namun tetap dengan memperhatikan dari manfaat yang kedepannya bisa didapatkan atau saat itu juga yakni caranya dengan mempertahankan adanya setiap Komponen-komponen lingkungan dalam pemanfaatan pada masa mendatang.

Atau dengan kata lain konservasi dapat di artikan sebagai upaya yang di lakukan seseorang bertujuan untuk pelestarian alam, Konservasi juga bisa disebut sebagai pelestarian atau perlindungan. Di lihat secara harfiahnya Konservasi berasal dari kata bahasa inggris yakni “Conservation” yang artinya pelestarian atau perlindungan.

Itulah poin penting mengenai arti dari konservasi, tentunya bisa dapat anda pahami.

II. Tujuan konservasi

Ada beberapa tujuan dari konservasi, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Pertama, sebagai memelihara atau melingungi dari berbagai tempat yang bernilai tinggi agar tidak punah, hancur atau berubah
  • Lalu yang kedua, bertujuan penekanan kembali dari penggunaan bangunan lama agar tidak terlantar. Artinya adalah menghidupkan kembali fungsi yang mana di sebelumnya bangunan tersebut telah beralih fungsi lama menjadi fungsi yang baru dan memang dibutuhkan.
  • Bertujuan dalam melindungi berbagai benda yang memiliki nilai sejarah atau benda pada zaman purbakala dari kerusakan atau kemusnahan yang di akibatkan oleh factor alam, mikro organisme serta kimiawi.
  • Lalu yang terakhir adalah untuk melindungi berbagai benda cagar alam yang di lakukan secara langsung yakni dengan membersihkan, memperbaiki dan memeliharanya baik dengan secara fisik atau langsung dari pengaruh berbagai macam fakotr seperti Faktor Lingkungan dimana dapat merusak benda-benda tersebut.

III. Manfaat Konservasi

Ada beberapa manfaat dari konservasi terhadap ekosistem, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Sebagai perlindungan dari kekayaan ekosistem alam serta memerlihara dari berbagai proses ekologi ataupun keseimbangan ekosistem yang berkelanjutan.
  • Upaya melindungi dari berbagai spesies baik flora atu fauna yang langkah dan di katakana hampir punah
  • Sebagai perlindungan ekosistem yang indah, menarik serta unik.
  • Dalam melindungi ekosistem dari kerusakan dimana penyebabnya adalah faktor alam, mikro organisme dan lain-lain.
  • Dalam menjaga kualitas lingkungan agar terjaga, dan semacamnya

Dilihat dari segi ekonominya, Manfaat konservasi adalah :

  • Sebagai pencegahan dalam kerugian yang disebabkan oleh sistem penyangga kehidupa contohnya kerusakan terhadap hutan lindung, daerah aliran sungai dan lainnya. Kerusakan terhadap lingkungan dapat menimbulkan bencana dan pastinya akan mendapatkan kerugian.
  • Dalam mencegah kerugian yang disebabkan hilangnya sumber genetika yang terkandung pada flora yang berguana sebagai bahan pangan dan juga bahan sebagai obat-obatan.

IV. Contoh Konservasi Alam

1. Cagar Alam

Cagar alam adalah suatu kawasan suaka alam dimana keadaan alamnya mempunyai kekayaan flora dan fauna serta ekosistem yang memang butuh untuk di lestarikan dan di kembangkan secara alami.

2. Suaka Marga Satwa

Apa yang di maksud dengan suaka marga satwa? Yakni berupa hutan suaka alam yang di tetapkan sebagai tempat hidup dari berbagai margasatwa yang mana memang memiliki nilai yang khas dalam mengembangkan Ilmu pengetahuan dan kebudayaan serta suatu kekayaan atau kebanggaan Nasional, untuk melestarikannya bisa di lakukan secara alami ataupun di sengaja.

3. Hutan Mangrove atau Hutan Bakau

Pengertian Hutan mangrove atau hutan bakau yakni suatu hutan yang tumbuh di daerah yang berawa yang belaliran payau, untuk letaknya hutan Mangrove ini berada di garis pantai dan di pengaruhi berdasarkan keadan pasang surut air laut.

Kemudian dari manfaat hutan mangrove ini yakni adanya sistem pada perakaran tanaman mangrove yang kompleks, rapat serta lebat yang dapat memerangkan berbagai sisa-sisa dari bahan organic dan juga endapan yang terbawa air laut dari daratan. Dengan prosesnya tersebut maka air laut tetap terjaga akan kejernihan dan kebersihannya, dengan demikian secara tidak langsung dapat memelihara terumbu karang , proses ini bisa disebut juga sebagai pembentuk daratan karena endapan dan tanah yang di tahan tersebut akan menjadikan kembali garis pantai.

Mungkin hanya itu saja yang dapat di jelaskan mengenai definisi atau pengertian konservasi sehingga anda bisa dapat lebih paham tentang manfaat serta tujuan dari Konservasi tersebut.

Baca Juga :

Shares