Pengertian Infrastruktur dan Jenis-Jenis Infrastruktur Beserta Contohnya Lengkap

Pengertian, Jenis-Jenis dan Contoh Infrastruktur

Pengertian Infrastruktur adalah beberapa macam jenis berupa fasilitas sebagai penunjang kehidupan manusia. Pasti anda pernah mendengan dengan istilah infrastruktur yang mana biasanya di utarakan di berbagai media seperti Televisi, radio, media cetak dan lainnya. Selain itu istilah dari Infrastruktur pasti pernah anda dengar dalam percakapan sehari-hari.

Kata Infrastruktur kerapkali muncul dalam berbagai pembicaraan yang berkenaan dengan berbagai macam fasilitas umum baik itu pemerintah atau swasta misalnya kendaraan umum, perkantoran, taman, jalan dan lain sebagainya.

Walaupun kata Infrastruktur sering kali di bicarakan atau di dengar, namun pada kenyataannya tidak banyak yang tahu arti sebenarnya dan beberapa kaitannya. Sehingga muncul pertanyaan, Apa itu infrastruktur Dan apa saja jenis-jenis infrastruktur? Agar pembaca dapat lebih memahaminya silahkan simak penjelasan dibawah ini.

Definisi Infrastruktur

Jika di artikan secara umum Pengertian infrastruktur ialah sebuah istilah yang banyak di gunakan untuk menggambarkan dari beberapa jenis fasilitas yang di buat secara khusus dalam mendukung aktifitas tertentu serta kegiatan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

Dapat di katakana bahwasanya Infrastruktur ini memang sengaja di buat secara khusus oleh salah satu pihak tertentu baik itu pemerintah atau swasta yang bertujuan sebagai mempermudah berbagai aktivitas dan kegiatan manusia misalnya sensus penduduk, transportasi dan berbagai aktifitas lainnya di masyarakat.

Selain daripada itu, infrastruktur umum dapat kita temukan di sekitar kita dan umumnya infrastruktur ini di bangun oleh pihak pemerintah sebagai kepentingan bersama. Dalam pembangunan infrastruktur tersebut dananya dari pajak yang kita sebagai warga Negara memang wajib untuk membayarnya.

Berbagai contoh infrastruktur umum yang dapat di jumpai di sekitar kita yakni jalan raya, gedung pemerintahan, dan masih banyak lagi. Jadi, jika kita sebagai warga Negara yang patuh untuk membayar pajak secara rutin tentunya menjadikan pembangunan infrastruktur berjalan dengan baik.

Jenis – Jenis infrastuktur

Agar pembaca dapat lebih paham mengenai pengertian infrastruktur, dalam artikel ini juga di bahas mengenai jenis-jenis infrastruktur yakni infrastruktur keras dan juga infrastruktur non-fisik. Contoh dari infrastruktur fisik di antaranya adalah bandara, stasiun, gedung pemerintahan, gedung sekolah dll. Sedangkan untuk infrastruktur non-fisik di antaranya adalah air, listrik, pasokan energy dll.

Itulah beberapa penjelasan mengenai Pengertian Infrastruktur dan Jenis-Jenis Infrastruktur Beserta Contohnya. Semoga dengan membaca artikel ini kita dapat lebih mengerti arti dari Infrastruktur sebenarnya serta mengetahui apa saja jenis-jenisnya. Semoga Bermanfaat 🙂

Baca Juga : 

Shares