Pengertian, Hakikat, Tujuan dan Ciri “Pembangunan Berwawasan Lingkungan” Lengkap

Pengertian & ( Hakikat – Tujuan – Ciri ) “Pembangunan Berwawasan Lingkungan Lengkap”

saranailmu.com – Mengenai pengertian Pembangunan Berwawasan Lingkungan akan kami ulas secara lengkap yang juga akan di terangkan secara detail di antaranya seperti hakikat, tujuan dan ciri dari Pembangunan Berwawasan Lingkungan, agar anda lebih paham silahkan anda simak artikel dibawah ini.

Pengertian Pembangunan Berwawasan Lingkungan

Jika di artikan secara umum Pembangunan berwawasan lingkungan adalah suatu usaha untuk meningkatkan kualitas manusia yang di lakukan secara bertahap dengan memperhatikan lingkungan sebagai faktornya. Pembangunan berwawasan lingkungan ini juga di kenal dengan istilah Pembangunan berkelanjutan.

Hakikat Pembangunan Berwawasan Lingkungan

Hakikat atau inti dari arahan kebijaksanaan pada bidang yang bersumber pada alam serta lingkuangan hidup di pembangunan berwawasan lingkungan di antaranya adalah sebagai berikut :

  • Penginventarisan sumber daya alam.
  • Memanfaatkan teknologi yang mendukung.
  • Menilai efek terhadap lingkungan hidup.
  • Rehabilitasi sumber daya alam.
  • Pemanfaatan wilayah dengan tidak merusak lingkungan hidup.

Tujuan Pembangunan Berwawasan Lingkungan

Sedangkan untuk tujuan dari pembangunan berwawasan lingkungan adalah agar suatu masyrakat yang dapat memanfaatkan sumber daya alam itu sendiri dengan tidak merusak lingkungan. maka dari itu dalam pengelolaan sumber daya alam membutuhkan perhatian terhadap lingkungan ekosistem lingkungan tidak terganggu.

seperti yang kita tahu bahwasanya Sumber daya alam memiliki peranan penting sebagai penompang kehidupan penduduk yang harus di jaga kelestariannya, karena pada dasarnya kebutuhan pemenuhan dalam hal ini akan terus berlanjut. dalam melakukan sebuah pembangunan atau lebih dengan memanfaatkan serta mengelola sumber daya alam perlu Ilmu pengetahuan dan teknologi yang tidak merusak ekosistem.

Cara dan Usaha/Upaya Menjaga Kelestarian

Agar tetap terjaga kelestarian sumber daya alam tersebut maka ada beberapa upaya yang di lakukan pemerintah dan juga masyarakat di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Yang pertama adalah Menjaga kawasan tangkapan hujan yakni pada lereng gunung tetap harus adanya banyak pohon
  • Jika pada lereng pegunungan menjadi kawasan permukiman maka yang perlu di lakukan adalah dengan membuat beberapa sumur resapan air.
  • Kemudian hal lainnya yang paling penting sebagai upaya menjaga kelestarian adalah dengan membuat peraturan/pelarangan dalam membuang air limbah, langsung ke sungai, ke dalam sumur resapan bahkan ke laut. maka sangat perlu sekali di lakukan pengolahan limbah sebelum di buang. bahkan jika Air Tinja pun di buang ke dalam sumur resapan harus menggunakan perlapisan ijuk dan pasir.
  • Terakhir Reboisasi.

Ciri-Ciri Pembangunan Berwawasan Lingkungan

ada beberapa ciri mengenai Kebijaksanaan pembangunan dengan wawasan lingkungan di antaranya sebagai berikut:

  • Pertama adalah dengan memberikan kemungkinan ke setiap warga dalam menentukan Opsi/Pilihan berbagai ragam kehidupan, jadi bukan hanya sebatas meningkatkan taraf hidup berupa materi ataupun sekedar peningkatan mutu taraf hidup.
  • lalu yang kedua, pada Pembangunan berwawasan lingkungan bukan hanya sekedar sebagai pengendalian perubahan sumber daya alam secara fisik.
  • Selanjutnya yang ada kaitannya bahkan kaitannnya tersebut sangat dekat dengan pengaturan ekonomi dan sosial untuk setiap warga ataupun lembaga.
  • lakukan dengan beberapa langkah yang bisa melahirkan suatu perilaku dengan berperan penting untuk masyarakat secara luas dalam memberikan pembinaan etika lingkungan, sehingga akan terciptanya kondisi yang selaras/serasi dengan wawasan lingkungan hidup.
  • Melakukan pencegahan yang dapat mengakibatkan kerugian pada masyarakat.
  • Dengan adanya pembangunan di harapkan bisa mendapatkan hasil yang maksimal, optimal dan berkesinambungan pada setiap usaha dalam peningkatan kesejahteraan rakyat.

Hanya itu saja yang dapat saya ulas mengenai Pengertian, Hakikat, Tujuan dan Ciri Pembangunan Berwawasan Lingkungan. Semoga dengan adanya pembahasan ini bisa menambah wawasan serta ilmu pengetahuan.

Baca Juga :

Shares