Global Warming : Pengertian, Penyebab dan Dampaknya

Pengertian Global Warming, Penyebab dan Dampaknya

Pengertian Global Warming dan Penyebabnya – Saat ini dunia sedang mengalami yang namanya Global Warming, Meski sering mendengar Global Warming tetapi tidak banyak yang tahu apa arti secara luas yang di maksud dengan Global Warming. Apakah anda tahu?

Kebanyakan orang mengartikan Global warming adalah pemanasan global dimana hampir semua Negara membicarakan hal ini dan mereka pun tahu bahwsanya dengan adanya pemanasan global akan berdampak buruk bagi kehidupan dan makhluk hidup seperti Tumbuhan, Manusia, hewan dan lainnya. Yang paling parah efek dari Pemanasan Global ini adalah kekeringan, kelaparan dan tentunya akan berpengaruh terhadap manusia rentan terserang penyakit seperti yang telah di alami oleh saudar kita di Negara Afrika.

Jika di artikan secara sederhana “Global Warming” adalah terjadinya kenaikan suhu di atas permukaan bumi baik di darat, laut atau udara sehingga menjadikan bumi semakin lama akan semakin panas

Diatas telah di jelaskan pengertian Global Warming secara umum dan sederhana, namun menurut beberapa para ahli yang tergabung dalam beberapa Organisasi memiliki pandangan yang berbeda sehingga perlu di artikan dengan definisinya. Adapun beberapa Organisasi/Asosiasi tersebut yang menjelaskan tentang pengertian Global Warming adalah sebagai berikut:

Pengertian Global Warming

Berdasarkan Agen Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat global warming dapat di artikan sebagai peningkatan suhu rata-rata di permukan bumi baik yang sedang berlangsung atau yang telah terjadi. Beberapa kejadian ini di pengaruhi oleh peristiwa efek rumah kaca di atmosfir bumi. Sehingga Global warming ini yang menjadi penyebab utama terjadinya perubahan iklim.

Asosiasi Energi Matahari New Mexico, Amerika Serikat, Menerangkan bahwa adanya peningkatan suhu atau temperatur rata-rata di atas bumi adalah dampak dari efek rumah kaca yang mana Efek dari rumah kaca ini ialah suatu kejadian terperangkapnya panas bumi karena terhalang oleh gas emisi seperti karbondioksida di atmosfir yang di hasilkan oleh Asap Knalpot kendaraan, polusi udara dari berabagai pabrik dan Industri serta kebakaran hutan.

Natural Resources Defense Council, mengartikan dari global warming merupakan suatu krisis lingkungan dan kemanusiaan terbesar yang telah terjadi atau sedang terjadi saat ini. Terjadinya panas di Atmosfer karena terperangkap berupa gas karbondioksida yang dapat mengancam terjadinya perubahan iklim serta bisa menimbulkan bencan yang buruk di beberapa belahan dunis. NRDC pun menghimbau terhadap seluruh masyarakat yang ada di permukaan bumi untuk bertindak melawan Global Warming atau pemanasan global bertujuan mengurangi dampak buruk yang terjadi di kehidupan manusia.

National Wildlife Federation, menerangkan bahwasanya global warming adalah suatu peristiwa yang mana bumi semakin hari menjadi panas kemudian Hujan dan banjir semakin deras, badai menjadi semakin hebat dan terjadinya kekeringan semakin menjadi-jadi. Kejadian yang disebutkan tadi adalah dampak nyata yang terjadi akibat Pemanasan Global yang terjadi di atas permukaan bumi. Selain itu yang lebih parah adalah Global warming dapat mengubah landscape kehidupan di bumi dan mematikan banyak species.

Penyebab Global Warming

Tentu terjadinya Global warming atau pemanasan global ada penyebabnya, beberapa penyebab yang menjadikan Global Warming di bumi di antaranya adalah :

Model rumah/gedung kaca : Yang menjadi salah satu penyebab utama terjadinya Global Warming adalah adanya model rumah kaca baik di rumah, gedung atau tempat lainnya yang menggunakan Arsitektur bangunan kaca yang mana bukan menyerap malah membuat cahaya memantul ke udara, sehingga dampak dari Arsitektur rumah kaca ini sangat mempengaruhi dengan bertambahnya dan meningkatnya pemanasan global di bumi.

Pemborosan listrik : Mungkin kita tidak menyadari bahwasanya salah satu penyebab terjadinya pemanasa global adalah Boros Listrik sehingga solusi terbaik mengurangi dampak dari Pemanasan Global adalah dengan menghemat listrik. Sudah banyak himbauan dari pemerintah agar masyarakat melakukan penghematan listrik, tapi pada kenyataannya masih banyak yang mengabaikan.

Bahan bakar : Selain dari penyabab diatas beberapa di antaranya adalah Bahan bakar, dimana kendaraan yang menghasilkan asap berasal dari bahan bakar yang di gunakan.

Polusi udara dari Industri dan Pabrik : Penyebab lainnya yang menjadikan bumi menjadi semakin panas akibat Global Warming adalah karena maskin bertambahnya industri dan pabrik. Selain dari sisi nilai positif dari pabrik dimana memberikan peluang dengan membuka lapangan pekerjaan serta mensejahterakan masyarakat, akan tetapi memiliki nilai negative dimana asap yang di hasilkan dari pabrik dan industry sangat merugikan eksitensi bumi.

Hutan gundul : terjadi karena banyak penemabakan hutan secara liar atau illegal tanpa memiliki izin dari pemerintah. Padahal melihat dari fungsinya, hutan sangat banyak sekali manfaatnya seperti mencegah banjir. Selain itu Hutan bisa mereduksi suhu panas di bumi yang semakin hari semakin meningkat. Salah satu sumber terpercaya menjelaskan bahwasanya Pemanasan Global semakin meningkat sekitar 50% dan penyebabnya adalah CO2 atau karbondioksida. Dimana hasil dari emisi tersebut terjadi dari hasil kerusakan atau pembakaran hutan.

Dampak Global Warming

Dari penjelasan di atas mengenai penyebab terjadinya pemanasan global tentu akan menghasilkan dampak yang terjadi di muka bumi sehingga dampak tersebut merugikan bagi seluruh makhluk hidup. Beberapa dampak yang terjadi akibat pemanasan global adalah sebagai berikut :

  • Terjadinya peningkatan suhu dimana semakin hari menjadi ekstrim.
  • Membuat permukaan laut di seluruh bumi menjadi meningkat
  • Intensitas angin topan terjadi dan semakin meningkat
  • Menyebabkan banyak daerah yang menjadi kekeringan sehingga membuat gagal panen di seluruh dunia
  • Karena terjadi kekeriang menyebabkan adanya bencana kelaparan
  • Wabah penyakit akan bermunculan
  • Beberapa species mahluk hidup akan menjadi punah

Mungkin hanya itu saja yang dapat di jelaskan mengenai Pengertian Global Warming dan Penyebabnya semoga bermanfaat untuk anda yang saat ini sedang mencari Info mengenai Global Warming atau pemanasan Global.

Baca Juga :

Shares