Pengertian Garis Lurus dan Garis Lengkung Beserta Contohnya Lengkap

Pengertian Garis Lurus dan Garis Lengkung Beserta Contohnya

Dalam hal ini kita akan membahas mengenai apa yang di maksud dengan garis lurus?, pengertian Garis Lurus, Pengertian Garis Lengkung, Contoh garis lurus, contoh garis lengkung, lambang garis lurus dan Simbol garis lurus.

Tentunya kita pernah menggunakan atau menemukan suatu garis di kehidupan sehari-hari. Contohnya saja di jalan raya yang mana terdapat garis putih baik itu di pinggir jalan atau pada bagian tengah jalan, yang berfungsi sebagai pembatas jalan.

agar lebih jelas mengenai contoh garis yang ada di tengah jalan tersebut, dimana anda bisa menemukannya di kehidupan sehari-hari dibawah ini gambarannya.

Pengertian Garis Lurus

Kemudian sama halnya dengan sudut. agar lebih jelas, disini saya akan berikan contoh yakni seorang atlit lempar cakram tentunya harus memperhitungkan sudut lemparannya agar cakram tersebut jatuh tepat dibagian yang di inginkan.

Karena, jika sudut lemparan tersebut terlalu besar atau kecil, maka cakram tersebut tentu akan jatuh pada tempat yang tidak diharapkan. agar anda dapat lebih memahami mengenai sudut, silahkan anda cari contoh lainnya.

Di pembahasan ini, kalian akan mempelajari garis dan sudut secara bersamaan, kerena pada dasarnya garis dan juga sudut masih ada kaitannya antara satu dengan lainnya.

Pengertian Garis Lurus dan Garis Lengkung

Masih dalam kehidupan sehari-hari dimana anda akan menemukan berbagai benda yang masih ada kaitannya dengan garis, contoh : Bingkai Foto, Papan Tulis, Penggaris dan lainnya. Jika di lihat secara geometri pada sebuah ruas garis lurus bisa di terangkan pada gambar dibawah ini:

Pengertian Garis Lurus

Disetiap ujung garis tersebut, untuk memudahkan diberi nama A dan B sehingga akan didapatkan ruas berupa garis AB dan ditulis AB.

Jika pada setiap ujung B diperpanjang lurus tanpa batas, maka akan di dapatkan sinar garis lurus AB dan di tulis AB.

Pengertian Garis Lurus

Pengertian Garis Lurus

Jika pada ujuang A dan B diperpanjang lurus tanpa batas maka garis lurus tersebut AB dan ditulis AB.

Pengertian Garis Lurus

Dari ketiga jenis garis yang disebutkan diatas dinamakan ruas garis, sinar garis, dan garis. Selain daripada garis lurus, kita juga sering menemukan berbagai benda yang juga dilihat sebagai garis lengkung, contohnya lengkungan pada busur derajat, jalan yang berbelok-belok, dan lain-lain.

Garis yang menhubungkan 2 titik dan tidak dalam satu garis lurus merupakan Garis lengkung

Keterangan Lambang :

Pengertian Garis Lurus

Contoh Soal Garis Lurus

Di bawah ini merupakan gambar yang menunjukkan sebuah garis dengan empat titik yang berbeda. Tentukan nama-nama garis tersebut.

Pengertian Garis Lurus

Penyelesaian:

Nama-nama garis itu adalah PQ, PR, PS, QR, QS, dan RS, Ditulis:

Pengertian Garis Lurus

Bagaimana, apakah anda sekarang sudah mengerti mengenai pengertian garis lurus, pengertian garis lengkung, contoh garis lurus, contoh garis lengkung, lambang garis lurus, simbol garis lurus? semoga pembahasan ini dapat bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan kita.

Baca Juga :

Shares