Pengertian Ekologi dan Contohnya Menurut Para Ahli Lengkap

Pengertian Ekologi dan Contohnya Menurut Para Ahli Lengkap

Pengertian Ekologi Menurut Para AhliEkologi Merupakan sebuah Ilmu yang membahas atau yang mempelajari hubungan interaksi terkait dengan berbagai organisme-organisme atau beberapa kelompok Organisme bagi lingkungannya. Beberapa Contoh Ekologi di antaranya seperti ekologi air laut, ekologi air tawar, ekologi pertanian, ekologi perkotaan dan lainnya.

Dengan penjelasan singkat di atas mengenai Teori bisa menjadi jawaban dari berbagai pertanyaan di antaranya seperti :

  • Apa yang dimaksud dengan ekologi ?
  • Apa itu ekologi ?
  • Apa arti ekologi dalam biologi ?
  • Apa pengertian piramida ekologi dan contohnya ?

Agar menjadi lebih luas dan jelas tidak cukup hanya berdasarkan mengenai penjelasan Ekologi, maka di uraikan dalam beberapa Definisi yang lengkap sebagai berikut :

Bisa di katakan struktur pada sistem ekologi dapat anda lihat dari susunan Piramida ekelogi yang menerangkan dari Rantai Makanan secara spesifik seperti dibawah ini:

1. Piramida jumlah

Piramida jumlah Memiliki arti berupa gambaran dari sejumlah pada setiap Organisme pada setiap Level atau Tingkatan trofik. Pada piramida jumlah menjelaskan secara rinci mengenai bagaimana Rantai Makanan bisa di di urutkan secara sistematis yang di dasari dari ketersediaannya di Alam.

2. Piramida Biomassa

Kemudian yang kedua adalah Piramida Biomassa yang mana menjelaskan mengenai massa kering keseluruhan atau berat dari sejunlan Organisme hodup pada setiap Level atau Tingkatan trofik pada sebuah ekosistem pada jangka waktu tertentu.

3. Piramida Energi

Lalu yang ketiga adalah Piramida Energi yang merupakan suatu gambaran pada kondisi penurunan energi yang di alami pada setiap tingkatan trofik. Di antara ketiga piramida di atas yang paling efektif adalah Piramida Energi, tentunya hal ini berdasarkan dari beberapa penjalasan sebagai berikut:

  • Organisme dan kecepatan metabolisme organisme terbebas dari pengaruh tersebut.
  • Menerangkan tingkat keefesieanan ekologi beserta produktivitas ekosistem.
  • Menjelaskan dan juga menerangkan tarkait dengan ifat fungsional suatu ekosistem.

Bisa di katakan bahwasanya Ekologi masih ada hubungannya dengan 6 Level Organisasi yakni :

  1. Organisme : umumnya disebut dengan individu
  2. Populasi : adalah sekelompok atau terdiri dari beberapa Individu masih dalam kategori yang sejenis.
  3. Komunitas : yakni terdiri dari beberapa kelompok organisme namun dengan kategori dari jenis yang berbeda lalu menempati dari sebuah habitat atau tempat secara bersama.
  4. Ekosistem : adalah komunitas secara alami terbentuk dari antara interaksi dari satu ddengan yang lainnya.
  5. Sosio Ekositem : adalah berupa lingkungan masyarakat yang memiliki ukuran lebih besar dari ekosistem
  6. Ekosfer / Biosfer : merupakan bagian dari bumi yang menjadi Habitat makhluk hidup dan berinteraksi terhadap semua organisme.

Dari berbagai penjelasan di atas mengenai Pengertian Ekologi dan Contohnya maka sekarang kita tahu ternyata Ekologi terdiri dari berbagai Organisme serta Organisasi sehingga menjadikan sebagai Ilmu yang membahas atau yang mempelajari hubungan interaksi terkait dengan berbagai organisme-organisme. Semoga Bermanfaat

Baca Juga :

Shares