Pengertian Efektif dan Efisien Beserta Contohnya Lengkap

Pengertian Efektif dan Efisien Serta Contohnya Lengkap

Perbedaan Efektif dan Efisien Serta Contohnya – Memang bisa di bilang antara efektif dan efisien adalah kedua istilah yang sering kali di hubungkan/dikaitkan. Namun yang perlu anda ketahui bahwa sebenarnya efektif dan efisien mempunyai makna yang berbeda. Di artikan secara singkat efektif memiliki pengertian “suatu tujuan yang di dapat secara maksimal atau sesuai dengan yang di harapkan”.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), efektif adalah efek (akibat, hasil, pengaruh), Obat : Manjur, Ampuh, Mujarab, Usaha : hasil terbaik, Mulai berlaku : Peraturan, Undang-undang. Sehingga dapat di simpulkan bahwasanya Pengertian efektif adalah suatu kegiatan yang dapat di selesaikan dengan tepat dan sesuai dengan apa yang telah di rencanakan sebelumnya.

Sedangkan Pengertian efisien dapat di artikan secara singkat “hemat waktu, biaya, tenaga untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan yang diingingkan/diharapkan”

Kemudian, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Efesien sendiri memiliki arti kesesuaian atau tepat dalam menghasilkan sesuatu tanpa harus mengeluarkan/membuang uang, biaya, waktu, tenaga dalam mengerjakan tugas secara tepat, cermat, berguna.

Kesimpulan dari pengertian efisien adalah suatu hal yang dapat di selesaikan dengan daya guna atau dengan kata lain bekerja yang efesien adalah yang dapat di selesaikan dengan cepat, tepat, hemat dan tepat. Agar lebih memahami arti dari Efektif dan Efisien, berikut beberapa contohnya.

Contoh Efektif Dan Efisien

Sebenarnya ada banyak sekali contoh yang kita dapat mengenai Efektif dan Efesien dalam kehidupan sehari-hari, di antaranya seperti berikut ini :

Jual beli Online : Mungkin saat ini hampir setiap orang lebih memilih melakukan transaksi pembelian lewat Online karena di katakan efektif dan efesien yang artinya pembeli tidak perlu membuang waktu, tenaga bahkan ongkos untuk datang ke Toko si penjual hanya untuk membeli barang sesuai dengan keinginan bahkan anda bisa mendapatkan barang tersebut dengan harga yang jauh lebih murah.

Hal ini pun berlaku untuk si penjual karena tidak perlu menyewa atau menyediakan lapak untuk berjualan sehingg di penjual tersebut pun dapat menghemat biaya, waktu dan tenaga.

Bekerja Efektif Dan Efisien

Melakukan latihan bekerja efektif dan efisien, tentu hal ini sangat penting untuk di lakukan khususnya di lingkungan pekerjaan. Salah satu latihan yang bisa di jalankan adalah dengan menerapkan Apprentice Training yakni mengerjakan semua pekerjaan/tugas dengan sangat baik.

Selain itu anda bisa juga menerapkan On Job Training atau latihan memikul suatu jabatan, hal ini di lakukan untuk melatih pengembangan efektivitas dan efisiensi.

Bagaimana, apakah sekarang anda sudah mengerti mengenai Pengertian Efektif dan Efisien Serta Contohnya? Mungkin hanya itu saja yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat.

Baca Juga : 

Shares