Pengertian dan Rumus Frekuensi Harapan serta Contoh Soal Frekuensi Harapan Suatu Kejadian

Pengertian dan Rumus Frekuensi Harapan serta Contoh Soal Frekuensi Harapan Suatu Kejadian

Pengertian dan Rumus Frekuensi Harapan serta Contoh Soal Frekuensi Harapan Suatu KejadianArtikel kali ini akan memberikan pembahasan mengenai frekuensi harapan, mulai dari pengertian frekuensi harapan, rumus pengertian frekuensi, contoh soal frekuensi harapan dan pengertian frekuensi dari suatu kejadian termasuk juga contoh soal dari frekuensi harapan suatu kejadian, mulai dari contoh soal peluang dan pembahasannya. Simak terus ya, artikelnya hingga selesai.

 

Pengertian Frekuensi Harapan Suatu Kejadian

Pengertian dari Frekuensi Harapan Suatu Kejadian adalah banyaknya kejadian yang diharapkan dapat terjadi pada suatu percobaan yang akan dilakukan.

Apakah kamu pernah mengirimkan kupon undian atau mengikuti undian berhadiah? Jika di dalam suatu undian, semakin banyak kamu mengirimkan kupon undian, maka harapan kamu untuk memenangkan undian tersebut akan semakin besar. Harapan memenangkan undian pada kejadian mengikuti undian kupon berhadiah ini lah yang disebut dengan frekuensi harapan.

 

Sehingga bisa diartikan Frekuensi harapan suatu kejadian merupakan frekuensi harapan. (h) harapan adalah banyaknya muncul suatu kejadian dari sejumlah percobaan yang dilakukan (n). Sehingga rumus frekuensi harapan menjadi:

Rumus Frekuensi Harapan Suatu Kejadian 

Dalam matematika frekuensi harapan dituliskan dengan abjad (fh) dan  P(K) adalah peluang kejadian K dan n adalah banyaknya percobaan.

 

Berikut ini adalah contoh soal dari frekuensi harapan suatu kejadian.

Contoh Soal Frekuensi Harapan Suatu Kejadian

Kamu memiliki sekeping uang logam untuk kemudian dilemparkan sebanyak 30 kali. Tentukan frekuensi harapan munculnya sisi angka.

Jawab :

Misalkan, K adalah himpunan kejadian munculnya sisi angka sehingga P(K) = ½.

Banyaknya pelemparan (n) adalah 30 kali.

Jadi, frekuensi harapan munculnya sisi angka adalah
Fh =P(K) ×n
= ½ × 30 kali
= 15 kali

 

Sudah jelas kan? Jadi harapan koin memunculkan sisi angka akan terjadi sebanyak 15 kali.

 

Cukup mudah ya, rumus dan contoh soal frekuensi harapan suatu kejadian. Semoga artikel ini dapat membantu anda dalam belajar.

 

Baca Juga:

Shares