Pengertian dan Rumus Bunga Tunggal beserta Contohnya

Pengertian dan Rumus Bunga Tunggal beserta Contohnya

Pengertian dan Rumus Bunga Tunggal beserta Contohnya Artikel berikut ini akan membahas mengenai bunga. Dan fokus pada pembahasan dan pengertian bunga tunggal. Termasuk rumus suku bunga tunggal dan juga cara menghitung suku bunga tunggal.

 

Bunga Tunggal

Apa itu bunga tunggal? Jika anda belum mengetahui apa itu bunga tunggal tapi mungkin anda pernah menabung di bank. Salah satu contoh bunga tunggal adalah, jika anda menabung di bank tertentu dengan waktu yang sudah ditentukan maka anda akan mendapatkan tambahan dari uang yang anda tabungkan. Nilainya pun disesuaikan dengan nominal tabungan anda. biasanya setiap bank memiliki kebijakan mengenai berapa banyak bunga yang ditetapkan dalam setiap kali anda menabung di bank tersebut.

Macam-macam Jenis Bunga

Biasanya besarnya bunga akan dinyatakan ke dalam %. Dan ada 2 jenis bunga yang wajib anda ketahui. Apa saja? Berikt ini penjelasannya:

  1. Bunga tunggal merupakan bunga yang diberikan hanya untuk sejumlah uang yang anda tabungkan, sementara nilai bunganya tidak akan berbunga lagi.
  2. Bunga majemuk merupakan bunga yang diberikan tidak hanya pada jumlah nominal uang yang ditabungkan, akan tetapi bunganya pun nantinya juga akan berbunga lagi.

 

Sementara kali ini, kita akan membahas mengenai bunga tunggal.

 

Apabila bunga x% pertahun dan modal (M), maka besarnya bunga tunggal ialah?

 

Biasanya suku bunga tunggal dari waktu ke waktu memiliki jumlah yang sama dan tetap menurut dengan nilai nominal tabungan yang anda miliki.

 

Contoh Menghitung Bunga Tunggal

Contoh soal 1

Seorang pedagang meminjam uang sebesar Rp. 1.500.000,00 dengan bunga 15% setahun, selama 10 bulan. Tentukanlah cicilan pedagang tersebut setiap bulannya.

 

Jawaban:

 

Besar pinjaman = Rp. 1.500.000,00

Bunga = 15% per tahun

 

Jumlah bunga selama 10 bulan = 10/12 x 15/100 x 1.5000.000

= Rp. 187.500,00

 

Besar cicilan yang harus dibayar setiap bulan

= (Rp 1.500.000 + Rp 187.500) : 10

= Rp. 168.750,00

Contoh soal 2

Seorang ayah menyimpan uang di bank sebanyak Rp. 5.000.000,00. Bank memberi bunga 10% per tahun.

Tentukanlah:

  1. Jumlah uang ayah pada akhir bulan pertama
  2. Jumlah uang ayah pada akhir bulan ke-5
  3. Jumlah uang ayah sesudah 1 tahun.

 

Jawaban:

Itu lah tadi pengertian dari bunga tunggal. Mulai dari penjelasan, jenis hingga contoh soal beserta dengan jawaban yang benar. Semoga artikel mengenai bunga tunggal ini bermanfaat bagi anda.

Shares