Pengertian dan Rumus Berat Jenis

Pengertian dan Rumus Berat Jenis

Pengertian dan Rumus Berat JenisSetiap benda memiliki berat jenis, seperti halnya dengan massa jenis suatu zat. Apa itu yang dimaksud dengan berat jenis? Dan apa perbedaannya antara massa jenis dan berat jenis pada suatu benda.

Untuk itu artikel ini akan membahas mengenai pengertian berat jenis, rumus berat jenis dan juga perbedaan antara berat jenis dan juga massa jenis.

Banyak orang yang salah mengartikan tentang berat jenis dan menganggapnya sama dengan massa jenis. Seringnya berat jenis atau bisa juga disebut specific gravity, dianggap sebagai  perbandingan antara berat dan volume sebuah benda. Padahal kedua hal tersebut sangatlah berbeda. berikut ini adalah cara membedakan antara besaran berat dan massa benda agar anda bisa mengetahui perbedaan keduanya.

 

Rumus Berat Jenis

Pada suatu persamaan berat jenis ini sering ditulis ke dalam bentuk rumus seperti di bawah ini:

s = w/v

 

Dengan:

s = berat jenis benda

w = berat benda

V = volume benda

Dari sini bisa dilihat bawah sebenarnya yang dimaksud dengan berat jenis suatu benda adalah perbandingan massa jenis dari benda itu terhadap massa jenis air.

Sehingga dapat diartikan, bahwa berat jenis merupakan massa jenis relative dari suatu bahan. Oleh sebab itu, berat jenis tidak memiliki satuan.

Perbedaan massa jenis dan berat jenis

Massa jenis zat merupakan perbandingan antara massa zat dengan volume zat. Sementara berat jenis merupakan perbandingan antara berat dan juga volume benda.

 

Baca Juga:

Shares