Pengertian Flash Disk dan Fungsi serta Definisinya Lengkap

Pengertian dan Fungsi Flash Disk

Pengertian dan Fungsi Flash Disk – Nama lain dari Flash Disk dan umumnya para pengguna computer menyebutnya USB Drive, Pen Drive, Pocket Drive, atau microdisk yang mana merupakan suatu perangkat keras (Hardware) yang memiliki bentuk seperti Stik dan saat ini sudah banyak mode serta bentunya berbeda-beda. Flash Disk sengaja di ciptakan untuk menyimpan data atau bisa di gunakan sebagai Bootable instalasi Operating System.

PENGERTIAN FLASH DISK

Flash Disk merupakan sebuah alat penyimpanan data/file yang berjenis NAND. Pada perangkat ini, di tanamkan berupa controller dan memori penyimpan data yang sfatnya non–volatile, artinya permanen atau tidak akan hilang data yang ada di dalamnya meski tidak ada daya listrik yang terhubung. Dari segi komponen flashdisk lebih sederhana dan relative lebih sedikit dibandingkan dengan HDD (Hardisk) Internal. Pasalnya pada Flashdisk tidak ada atau tidak memerlukan piringan, motor, atau part lain yang bekerja secara mekanik.

Umur penggunaan Flashdisk dalam pemakaian normal dapat mencapai sekitar 10 Tahun. Ada sedikit tips buat anda yang menggunakan Flashdisk di berbabai Sistem Operasi Windows maupun Linux di sarankan setelah anda selesai menggunakan Flashdisk di Komputer maka di sarankan untuk melakukan pelepasan Flashdisk tersebut dengan cara aman (Safe Removal). Pasalnya jika di lakukan pencopotan Flashdisk di Komputer dengan secara paksa dapat menyebabkan data yang belum selesai di tulis tersebut menjadi rusak. Keunggulan lainnya dalam memutus koneksi dengan cara yang aman bisa memperpanjang umur penggunaan Flashdisk, karena terkait dengan baca/tulis di computer dengan Flashdisk akan di amankan terlebih dahulu dari hubungan listrik singkat sehingga dapat di cegah.

FUNGSI FLASHDISK

Seperti yang telah di katakana di atas bahwasanya Flashdisk memiliki kegunaan atau fungsi untuk menyimpan, meindahkan data atau bisa juga sebagai media Intalasi OS. Namun sebenarnya banyak sekali Manfaat Flash Disk di luar dari fungsi yang disebutkan tadi. Misalkan seperti berikut ini, yakni 10 cara dalam memperoleh manfaat dari penggunaan flashdisk drive USB. Yakni anda bisa menjalankan berbagai Aplikasi portable dari flash drive USB.

Di antaranya seperti OpenOffice : yang merupakan Aplikasi sebagai pendukung pekerjaan kantor layaknya Microsoft Office pada Windows yakni sebagai pengolah kata (spreadsheet, presentasi, paket menggambar, dan database). Untuk mengetahui dan mendapatkan Aplikasi portable apa saja yang dapat di jalankan dari Flashdisk bisa mengunjungi alamatnya di PortableApps.com. beberapa Aplikasi yang dapat di jalankan di antaranya seperti pemutar audio, permainan, utilitas antivirus, dan sistem menu praktis.

Mungkin hanya itu saja yang dapat di jelaskan mengenai Pengertian dan Fungsi Flash Disk, dengan membaca dan memahami dari berbagai penjelasan di atas tentunya bisa menjadi dasar bagi anda yang ingin mengembangkan penggunaan flashdisk untuk beberapa kebutuhan sehari-hari anda dan bukan hanya sebatas untuk menyimpan data saja. Semoga Bermanfaat

Baca Juga :

Shares