Pengertian dan Fungsi CPU Komputer Beserta Komponennya Lengkap

Pengertian dan Fungsi CPU Komputer Beserta Komponennya

Pengertian CPU dan Fungsinya – CPU ( Central Processing Unit ) adalah yang termasuk dalam ketagori perangkat keras komputer (Hardware) yang mana memiliki tugas sebagai menerima dan melaksanakan berbagai perintah serta data dari perangkat Lunak (Software). Artinya CPU sebagai otak dari Komputer, Sehingga tanpa adanya CPU pada computer tentunya tidak akan berfungsi atau berjalan dengan baik. Dengan kata lain CPU sendiri fungsinya sebagai komponen yang bertugas mengatur jalannya program yang tersimpan di memori utama, dengan cara kerjanya mengambil intruksi lalu mengujinya dan mengekskusi sesuai dengan alur perintah.

Jika di artikan secara umum dari definisi CPU atau Central Processing Unit ialah sebagai otak system computer yang merupakan alat pengolah pusat.

Maka dari itu, CPU banyak di sebut juga dengan nama processor karena sebagai pengolah pusat dari system computer. Pada sebuah computer, CPU adalah salah satu komponen terpenting dan hampir keseluruhan Operasi Komputer di lakukan Oleh CPU.

Komponen-Komponen CPU Komputer

Kita telah membahas mengenai Pengertian CPU yang merupakan Otak Komputer. Namun, ada beberapa hal yang perlu anda ketahui lainnya mengenai CPU dimana terdapat berbagai komponen yang saling bekerja dalam mengolah system computer. Berbagai komponen CPU tersebut di antaranya adalah Unit Control. Unit Control ini pun berperan penting dalam mengatur jalannya program pada computer.

Untuk tugas unit control sendiri adalah melakukan sinkronisasi berbagai komponen dalam CPU agar fungsi dari operasi cpu tersebut berjalan dengan baik. Tidak hanya itu, unit control juga memiliki tugas untuk mengatur dan mengendalikan masukan (Input) dan keluaran (Output) data di dalam memori.

Komponan lainnya adalah Register, yang mana Komponen ini memiliki tugas dalam menyimpan instruksi atau proses data. Umumnya register di pakai hanya sebagai menyimpan data ketika di olah sehingga sifat penyimpanan ini hanya sementara.

Adapula Komponen CPU bernama ALU, dimana komponen yang satu ini umumnya di sebut sebagai mesin bahasa dan juga merupakan komponen yang bertugas menjalankan operasi logika atau operasi aritmetika. Tugas lainnya dari ALU adalah keputusan sesuai dengan intruksi program terkait operasi logika.

Lalu, yang terakhir adalah Komponen CPU Interconnections. Untuk komponen yang satu ini memiliki tugas yang menghubungkan dengan setiap komponen yang ada di dalam CPU di antaranya seperti unit control, register dan ALU dengan komponen eksternal cpu dan system lainnya.

Fungsi dan Cara Kerja CPU

Pada dasarnya CPU sendiri memiliki cara kerja yang berpusat terhadap 3 Fungsi dasar yakni menerima masukan (Input), kemudian memproses/mengolah data menjadi keluaran (Output). Jadi, data yang masuk tersebut kemudian di olah oleh CPU menjadi Output yang dapat di simpan baik itu sifatnya sementara atau permanen.

Hanya itu saja dapat di sampaikan oleh saranailmu.com mengenai Pengertian CPU Komputer, Fungsi dan Komponennya, Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita dalam mengenali berbagai komponen computer.

Baca Juga : 

Shares