Pengertian dan Contoh Soal Himpunan Semesta beserta Jawabannya

Pengertian dan Contoh Soal Himpunan Semesta beserta Jawabannya

Pengertian dan Contoh Soal Himpunan Semesta beserta JawabannyaPada pembahasan berikut ini, kami akan membahas mengenai himpunan semesta yang meliputi mulai dari pengertian himpunan semesta, contoh himpunan semesta dan juga contoh soal himpunan semesta serta dengan jawaban yang benar. Mari kita simak penjelasan mengertai himpunan semesta di bawah ini. kira-kira apa, sih himpunan semseta itu?

Pengertian Himpunan Semesta

Misalnya saja kita diberi suatu himpunan H = {kucing, kelinci, kuda, kerbau}. Angota-anggota himpunan H ini bisa dikelompokkan ke dalam himpunan hewan yang memiliki kaki empat atau hewab berkaki empat. Atau juga bisa disebut dengan himpunan hewan menyusui, dan himpunan hewan yang berawalan dengan huruf K.

Himpunan-himpunan di ataslah yang disebut dengan himpunan semesta yang berasal dari hipunan H. himpunan semesta pembicaraan biasanya dinotasikan dengan menggunakan S.

 

“Himpunan semesta adalah himpunan yang memuat semua anggota atau objek yang dibicarakan.”

Contoh Soal Himpunan Semesta

  1. Himpunan A = {2, 3, 5, 7, 11, 13}. Tentukan himpunan semesta yang mungkin dari A.

 

Jawaban:

Himpunan semesta yang mungkin dari himpunan A adalah

 

  1. S = {bilangan prima}
  2. S = {bilangan asli}
  3. S = {bilangan cacah}
  4. S = {bilangan bulat}, dan sebagainya.

 

  1. Ditentukan P = {2, 3, 5} dan Q = {1, 2, 3, 4, 5}. Pernyataan manakah yang benar?

Jelaskan.

 

  1. P himpunan semesta dari Q.
  2. Q himpunan semesta dari P.

 

Jawaban:

  1. P himpunan semesta dari Q, pernyataan salah karena ada anggota Q yaitu 1 dan 4 yang tidak termuat dalam P, jadi himpunan P bukan himpunan semesta dari Q.
  2. Q himpunan semsta dari P adalah pernyataan benar, karena semua anggota P termuat dalam himpunan Q.

 

  1. M = {x | 1 £ x £ 10, x Î A} dan N = { x | 1 < x < 10, x Î P}. Tentukan himpunan mana yang mungkin jadi himpunan semesta, M atau N?. Jelaskan.

 

Jawaban:

 

Dengan cara mendaftar, M = {1, 2, 3, 4, 5, …, 10} dan N = {2, 3, 5, 7} Semua anggota N termuat dalam himpunan M, maka M merupakan himpunan semesta dari himpunan N.

 

 

Itulah penjelasan lengkao mengenai himpunan semesta, mulai dari pengertiannya hingga contoh soal serta jawaban yang benar. Semoga artikel di atas bermanfaat bagi anda.

 

Baca Juga:

Shares