Pengertian dan Contoh Frasa Adjektiva

Pengertian dan Contoh Frasa Adjektiva

Pengertian dan Contoh Frasa AdjektivaKali ini kami akan membahas mengenai frasa adjektiva. Aoa itu frasa adjektiva? Mungkin masih belum banyak yang mengetahui apa itu frasa adjektiva. Untuk itu, artikel ini akan memberikan pengertian mengenai frasa adjektiva dan juga contoh-contohnya. Namun sebelum anda mengetahui apa itu frasa adjektiva, kami akan memberikan arti masing masing dari kata tersebut. Apa yang dimaksud frasa apa yang dimaksud adjektiva?

Frasa

Frasa jika dalam kamus besar bahasa Indonesia memiliki arti lebih atau bisa juga disebut gabungan yang memiliki sifar non prediktif. Contohnya, gunung tinggi disebut frasa sebab merupakan kontruksi non predikatif (tidak memiliki kaitan dengan predikat)

Adjektiva

Sementara itu dalam kamus besar Bahasa Indonesia adjektiva memiliki arti frasa endosentris berinduk satu dan induknya adjektiva dan juga modifikatornya adverbial.

Adjektiva atau juga kata sifat merupakan kata yang mengungkapkan sifat bisa juga keadaan atau nomina.

Sehingga, kesimpulannya frasa adjektiva merupakan frasa yang memiliki kandungan unsure kata sifat. Misalnya: sangat cantik, tinggi sekali, cantik sekali.

Dari sini dapat diartikan frasa adjektiva merupakan frasa yang unsure dan juga intinya berupa kata sifat. Frasa ini biasanya akan berkombinasi dengan kata agak, kurang, lebih, sangat dan paling.

Coba perhatikan contoh yang ada di bawah ini:

“Sebenarnya, mereka ingin membayar, akan tetapi mau bagaimana lagi, kebutuhan rumah tangga mereka lebih penting untuk dipenuhi.”

Frasa yang terdapat pada kalimat contoh di atas adalah “penting” dan di dalam kalimat tersebut, bisa dikategorikan sebagai kalimat frasa adjektiva karrena dikombinasi dengan unsure inti yanitu kata penting berkategori dengan kata sifat yang termasuk adjektiva dan dikombinasikan dengan kata lebih.

Jadi kata yang mengandung frasa adjektiva dalam kalimat di atas adalah: “Lebih Penting”.

 

Sehingga bisa dikatakan pengertian mudah dari adjektiva adalah kata yang memberikan keterangan lebih khusus mengenai sesuatu yang dinyatakan oleh nomina di dalam sebuah kalimat.

Pengertian mudahnya dari Adjektiva adalah kata yang memberikan keterangan yang lebih khusus tentang sesuatu yang dinyatakan oleh nomina dalam kalimat.

Contoh dari kata frasa adjekta:

– Anak kecil

– Beban berat

– Baju merah

– Meja bundar

– Alam gaib

– Pemain ganda

 

Adjektiva bisa juga diartikan sebagai inti dari sebuah frasa yang disebut sebagai frasa adjectival. Sebagai inti frasa adjektiva pun bisa dibatasi dengan beberapa pembatas atau yang biasa disebut dengan pemarkah. Contohnya seperti pemarkah aspektualitas dan juga pemarkah modalitas yang bisa ditempatkan di sebelah kiri.

Perhatikan contoh di bawah ini:

– Tidak bodoh

– Tidak keras kepala

– Harus dapat memuaskan

– Sudah harus tenang

– Belum dapat tertarik

– Akan tidak rapi

 

Adjektiva di dalam frasa adjektivikal bisa juga diikuti pewatas yang memiliki posisi di sebelah kanan.

Perhatikan contoh di bawah ini:

– Sakit gigi

– Bodoh kembali

– Kaya juga

 

Frasa adjektiva ini bisa anda gunakan di dalam penulisa paragraph deskriptif, karena jika ingin lebih mudah untuk memahami adjektifa atau pun frasa adjektiva. Anda bisa membaca buku Tata Bahas Baku Bahasa Indonesia. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda semua.

 

Baca Juga:

 

Shares