Pengertian dan Ciri-ciri Sistem Ekonomi Liberal Beserta kekurangan dan Kelebihannya

Pengertian dan Ciri-ciri Sistem Ekonomi Liberal

Sistem Ekonomi Liberal – untuk pembahasan yang akan disajikan kali ini ialah pengertian dari sistem ekonomi liberal, apa saja ciri-ciri dari sistem ekonomi liberal, bagaimana kelebihan dari sistem ekonomi liberal maupun kekurangan dari sistem ekonomi liberal, terakhir ialah macam-macam sistem ekonomi tersebut.

Pengertian Sistem Ekonomi Liberal

Yang namanya sistem ekonomi liberal biasa disebut sebagai sistem ekonomi dari pasar bebas ataupun sistem ekonomi laissez_faire. Selain itu, sistem ekonomi liberal ialah sistem perekonomian yang akan memberi kebebasan sepenuhnya untuk segala bidang perekonomian terhadap masing-masing individu dalam memperoleh keuntungan sebesar-besarnya.

Sedangkan filsafat ataupun ideologi yang dijadikan landasan dalam sistem ekonomi liberal ialah jika setiap unit yang menjadi pelaku kegiatan ekonomi akan diberi kebebasan melakukan kegiatan-kegiatan yang nantinya memberi keuntungan untuk dirinya. Sehingga dalam waktu yang sama, pihak masyarakat akan mendapatkan keuntungan pula.

Dengan begitu, setiap orang bakalan bebas bersaing bersama orang lain terutama dalam bidang ekonomi. Sementara Adam Smith pada bukunya yang diberikan judul The_Wealth_of_Nation (1776) telah menunjukkan jika kebebasan berusaha dapat didorong dengan kepentingan ekonomi pribadi adalah pendorong kuat untuk menuju kemakmuran sebuah bangsa.

Pengertian dan Ciri-Ciri Sistem Ekonomi Liberal

Ekonomi Liberal

Ini menunjukkan jika sistem pasar bebas bisa menciptakan efisiensi yang sangat tinggi untuk mengatur kegiatan perekonomian yang ada. Mungkin ada yang menanyakan bagaimana peran dari pemerintah terhadap system ekonomi liberal. Untuk jawabannya, pemerintah sebenarnya tidak ikut campur sama sekali bahkan tidak berusaha juga untuk mempengaruhi kegiatan ekonomi liberal yang dilakukan oleh masyarakat.

Semua sumber daya yang telah tersedia juga dimiliki & dikuasai anggota anggota masyarakat. Mereka juga memiliki kebebasan secara penuh dalam menentukan bagaimana menggunakan sumber daya tersebut.

Ciri-ciri sistem ekonomi liberal

Sedangkan gambaran secara menyeluruh tentang sistem ekonomi liberal, bisa kamu perhatikan dari ciri-ciri yang ada dalam sistem ekonomi liberal dibawah ini.

1) Masing masing orang bebas mempunyai alat-alat produksi.

2) Terdapat kebebasan berusaha maupun kebebasan dalam bersaing.

3) Adanya pembatasan campur tangan dari pemerintah.

4) Para produsen juga bebas menentukan berapa dan apa yang mau diproduksikan.

5) Mengenai harga-harga, akan dibentuk dalam pasar bebas.

6) Produksi juga dilaksanakan untuk tujuan memperoleh laba dan seluruh kegiatan ekonomi akan didorong dengan prinsip laba tersebut.

Kelebihan dan kekurangan sistem ekonomi liberal

Dengan melihat apa saja cirri cirri pasar liberal diatas, ada beberapa kelebihan dan juga kekurangan yang harus kamu ketahui dalam system ekonomi liberal ini.

Kelebihan yang ada dalam sistem ekonomi liberal diantaranya:

1) Masing masing individu akan diberi kebebasan mempunyai kekayaan & sumber daya produksi.

2) Seriap individu juga bebas menentukan lapangan pekerjaan & bidang usahanya sendiri.

3) Dengan persaingan yang ada, hal ini bisa menyebabkan kreativitas setiap individu bisa berkembang. Sehingga produk yang di miliki lebih bervariasi.

4) Produksi dari barang dan juga jasa didasarkan dengan kebutuhan masyarakat saat itu.

Sedangkan kekurangan yang ada dalam sistem ekonomi liberal diantaranya:

1) Hadirnya kesenjangan yang sangat besar antara si kaya dan si miskin.

2) Bisa mengakibatkan munculnya monopoli perdagangan dalam masyarakat.

3) Adanya kebebasan juga mudah sekali disalah gunakan pihak yang kuat dalam memeras pihak lemah.

4) Sulitnya terjadi pemerataan pendapatan dalam system ekonomi liberal ini. Sehingga pendapatan tidak akan merata, yang kaya semakin kaya yang miskin semakin miskin.

Itulah pembahasan tentang Sistem Ekonomi Liberal. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : 

Shares