Pengertian Bahasa Beserta Definisinya Lengkap

Pengertian Bahasa Beserta Definisinya

Pengertian Bahasa Secara Umum – Bahas merupakan alat yang di gunakan untuk berkomunikasi dan harus di miliki pada setiap orang untuk melakukan hubungan social dari satu dengan yang lainnya. Dengan menggunakan bahas semua yang ingin di sampaikan dapat di terima dengan baik dan dapat di mengerti oleh si lawan bicara. Bahkan seperti yang anda tahu seperti Indonesia, bahasa merupakan alat untuk mempersatu bangsa.

Pengertian Bahasa Secara Umum

Karena pada dasarnya Bahasa merupakan alat yang bisa anda gunakan dalam memudahkan untuk berkomunikasi satu dengan yang lainnya yang memang pada masing-masing mempunyai budaya yang berbeda. Dalam keseharian dalam menjalani hidup kita sebagai makhluk social sangat memerlukan yang namanya Komunikasi, pasalnya Komunikasi adalah dasar untuk bersosialisasi. Agar lebih jelasnya mengenai arti dari bahasa secara umum dapat anda lihat selengkapnya dibawah ini :

Di bandingkan dengan dahulu bahasa tidak seperti saat ini yang sudah di realisasikan kedalam berbagai kata. Dimana sebelumnya bahasa hanya di sampaikan dengan menggunakan anggota tubuh. Jadi, dalam menyampaikan atau mengutarakan mereka menggerakan Anggota tubuh baik dalam menunjuk serta mengarahkan ssuayu yang hendak akan di sampaikan.Tetapi hal tersebut tidak dipergunakan lagi, dimana semakin maju setiap orang berfikir rasional dimana mereka berfikir bukan hanya menggunakan Anggota tubuhnya saja sebagai alat untuk melakukan komunikasi. Hal ini juga berdasarkan dari setiap orang yang berkeinginan lebih baik di antara mereka yang saling berkounikasi tanpa adanya kesalah pahaman.

Sehingga seperti sekarang ini dan dapat anda lihat dimana bahas sudah di ucapkan dengan berbagai kata. Sehingga dari satu orang yang mengucapkan sebuah kata, maka orang sebagai lawan bicara ketika mendengarnya sudah bisa mengerti dan tidak akan terjadi kesalah pahaman.

Melihat dari uraian di atas maka dapat di simpulkan bahwa Pengertian bahasa adalah suatu Alat komunikasi yang menjadikan kedua belah pihak saling mengerti dimana arah dan tujuan dari pembicaraan yang sedang berlangsung tersebut.

Seperti halnya di tanah air yakni Negara Indonesia dimana memiliki beraneka ragam suku bangsa dan budaya. Pada pembagian daerah berdasarkan Teritorialnya, bahasa pada setiap masing-masing daerah mempunyai berbagau bahasa yang berbeda-beda. Kemungkinan mereka bisa menyampaikan keinginan yang mereka maksudkan dengan orang-orang sesame suku atau sesame satu desa dengan menggunakan bahasa yang sama. Tetapi untuk orang di luar Daerah dan berbeda desa tentu tidak akan paham apa yang telah di bicarakan Karena seperti yang di katakana di atas bahwa mereka memang tidak mengerti sama sekali atau mengetahui bahasa yang di ucapkan orang lain tersebut. Sehingga mereka membutuhkan bahasa pemersatu yakni bahasa Indonesia.

Dengan adanya bahasa Indonesia yang merupakan bahasa pemersatu bangsa, maka pada setiap orang yang melakukan Komunikasi baik dari suku serta daerah yang berbeda bisa saling mngerti dan sesuai dengan apa yang ingin di sampaikan. Sedangkan untuk hasil dari pembicaraan tersebut antara kedua belah pihak pastinya maksimal kerena di antra dari mereka mengerti dan paham dengan lawan bicara.

Kita pun dapat menyipulkan dari pembahasan di atas dan telah di sampaikan juga bahwasanya Bahasa dapat di artikan secara umum ialah suatu alat komunikasi, bahas merupakan alat yang sangat penting dalam menjalakan aktivitas sehari-hari dalam kehidupan. Hakekatnya dalam hidup, manusia memang di ciptakan sebagai makhluk social yang tidak bisa hidup sendiri. Sehingga disini lah sangat pentingnya peran Bahasa. Untuk menjaga hubungan baik maka diperlukan adanya komunikasi yang baik dengan yang lain.

Baca Juga :

Shares