[UPDATE] Pengertian Shalat Menurut Bahasa Beserta Syarat dan Rukun Sholat

Pengertian Shalat Menurut Bahasa Beserta Syarat Dan Rukun Sholat

Pengertian Shalat – Seperti yang telah di katakan pada artikel sebelumnya mengenai Rukun Iman dan Rukun Islam dimana Shalat merupakan rukun islam kedua setelah membaca 2 kalimat syahadat sehingga hukumnya wajib untuk di laksanakan baik dalam keadaan sakit atau alasan apapun. Bisa di katakan Shalat adalah tiang agama, karena memang Shalatn adalah sebuah cerminan seseorang taat kepada Allah Ta’ala.

Sebagai umat muslim yang taat tentunya harus menjalankan kewajiban untuk sholat 5 Waktu atau Sholat Fardu yang di lakukan baik malam atau siang setiap harinya yakni Isya, Subuh, Zuhur, Maghrib dan Ashar. Secara umum hukum Sholat Fardu ini adalah fardhu’ain. Biasanya sejak kecil kita sudah di tanamkan untuk berlajar sholat dan melakukan kebiasaan melaksanakan sholat serta mengerti bacaan sholat yang benar dan kemudian jika sidah mencapai Baligh Sholat sudah menjadi kewajiban. Ada banyak sekali keutamaan sholat baik di dunia atau akhirat, namun sebelum itu alangkah baiknya jika anda mengerti terlebih dahulu mengenai Pengertian Sholat Menurut Bahasa Beserta Syarat Dan Rukun Sholat Sebagai berikut :

Melihat dari segi bahasa, Sholat memiliki arti sebagai Do’a. Sedangkan jika di lihat dari segi istilahnya Sholat adalah sebuah Ibadah yang hukumnya wajib di laksanakan serta terdiri dan berbagai ucapan dan gerakan yang di awali dengan membaca takbiratul ihram lalu di akhiri dengan mengucapkan salam dengan rukun beserta sayarat tertentu.

Berdasarkan hakekatnya, Sholat adalah sebagai cara menghadap kepada Allag Ta’ala dan dapat menimbuilkan rasa takut kepada Allah sang pencipta serta dapat membangkitkan seorang hamba dalam membangkitkan kesadaran yang dalam di setiap jiwa atas kebesaran & kekuasaan Allah SWT.

Seperti yang di katakan oleh Ash Shiddieqy, Sholat memiliki arti berupa gambaran rukhus sholat atau Jiwa dari Sholat yaitu mengharap kepada Allah SWT dengan sebenar-benarnya, sepenih hati dengan segala ke-khusyu’an di hadapan Allah serta Ikhlas yang didasari dengan hati yang selalu berucap Dzikir, Do’a serta Memujinya.

Saat menjalankan Sholat anda harus menjaga selalu kekhusu’annya. khusyu’ jika di artikan ke dalam bahasa berasal dari kata khasya’a yakhsya’u khusyu’an sehingga memiliki arti berusaha untuk memusatkan pandangan kebawah lalu merendahkan suaranya ketika sholat. Khusyu’ tersebut memiliki arti lebih dekat dengan khudhu’ yakni tunduk dan takhasysyu’ dan membuat dirinya selalu khusyu’. khusyu’ yang di maksud dalam hal ini dapat melalui suara, lalu gerakan badan dan juga pengelihatan. jadi ketiga unsur tersebut adalah hal yang paling utama ketika melaksanakan Sholat.

Berdasarkan sitilahnya syara’, khusyu’ adalah kondisi dimana jiwa tenang dan tawadhu’, lalu khusyu’ dari dalam hati akan sangat mempengaruhi dan akan terlihat pada anggota pada setiap tubuh lainnya. Menurut A. Syafi’i memiliki arti yakni menyengaja, ikhlas, dan tunduk secara lahir batin dengan menyempurnakan sifat dari lahiriyah, dengan memenuhi dari kehadiran hati  dan akan menimbulkan kesadaran dan mengerti dari segala ucapan atau sifat dari lhiriyah tersebut.

Beberapa Syarat Syah Wajib dari Sholat adalah sebagai berikut :

Syarat Wajib Sholat

Tentunya anda pun harus tahu mengenai persyaratan yang harus terpenuhi dalam melaksanakan Sholat, Yakni :

  1. Seorang yang benar-benar Muslim “Beragama Islam”
  2. Berakal Sehat (Tidak Gila)
  3. Sudah Baligh
  4. Suci terhadap hadas kecil maupun hadas besar
  5. Sadar

Syarat Sah-Nya Sholat

  1. Sudah masuk waktunya Sholat
  2. Menghadap ke arah Kiblat
  3. Semua Aurat tertutupi
  4. Badan Suci serta tempat Sholat dan juga pakaian bebas dari najis
  5. Mengerti Tata cara dan Bacaan Sholat yang baik dan benar

Rukun Sholat

Selain dari Syarat dan Syahnya sholat ada beberapa hal lainnya yang wajib anda ketahui yakni rukun Sholat, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut :

  1. Yang paling utama adalah Niat
  2. Diharuskan berdiri tegap, jika tidak mampu diperbolehkan melaksanakan sholat sambil duduk atau berbaring bagi yang udzur dan sakit
  3. Takbiratul ihram
  4. Membaca surat Al-Fatihah di setiap rokaatnya
  5. Ruku’
  6. I’tidal
  7. Sujud
  8. Duduk di antara dua sujud
  9. Duduk Tasyahud Akhir
  10. Membaca tasyahud akhir
  11. Membaca shalawat Nabi
  12. Mengucapkan salam pertama
  13. Dilakukan secara berurutan dengan secara tertib

Tata Cara Sholat Beserta Gambar

Tata Cara Sholat Beserta Gambar
Tata Cara Sholat Beserta Gambar
Tata Cara Sholat Beserta Gambar

Dalam melaksanakan Sholat, anda tidak di perbolehkan semaunya dan untuk waktunya pun telah di tentukan seperti penjelasan dalam Firman Allah “Sesungguhnya shalat merupakan suatu kewajiban yang telah di tetapkan waktunya atas orang-orang yang beriman.” (QS. An-Nisa : 103).

Dengan mengerti dari berbagai pengertian, Syarat Sah Sholat dan rukun Sholat seperti yang telah di jelaskan di atas tentunya anda sudah paham dan mengerti dari arti Sholat sebenarnya. Semoga sebagai umat muslim yang taat kita selalu di beri hidayah dan terus di beri kesehatan agar tetap bisa menjalankan Sholat 5 Waktu, Amin ya robal Alamin. Sekian

Baca Juga :

Shares