Kelainan Pada Tulang dan Cara Mengatasinya

Macam-macam dan Kelainan Pada Tulang serta Persendian dan Cara pencegahannya

Kelainan pada tulang tulang manusia memang tidak selalu dalam kondisi yang baik baik saja. Terkadang akan mengalami gangguan baik dari lahir ataupun yang berasal dari makanan yang dikonsumsi. Selain itu, posisi tubuh yang keliru, terkena penyakit, mengalami kecelakaann, juga bisa membuat tulang menjadi bermasalah. Untuk mengetahui apa saja kelainan pada tulang, langsung simak beberapa penjelasan tentang kelainan pada tulang berikut ini.

1. Gangguan Tulang karena Kebiasaan Posisi Tubuh Yang Salah

Salah satu hal yang bisa membuat tulang kamu bermasalah ialah kebiasaan buruk yang kamu lakukan. Kebiasaan tersebut bisa mempengaruhi pertumbuhan tulang dalam tubuh. Sikap tubuh ketika posisi duduknya salah, berdiri, tidur atau membawa beban terlalu berat bisa membuat gangguan tulang punggung seperti berikut ini.

a. Skoliosis

Gangguan yang pertama ialah skoliosis. Yakni kondisi ketika tulang belakang/ bagian punggung telah membengkok baik ke kiri ataupun ke kanan. Yang menjadi penyebab utama gangguan tulang ini ialah posisi duduk seseorang yang salah. Selain itu, skoliosis juga bisa terjadi bila seseorang sering membebani satu sisi tulang bagian belakang & kebiasaan tersebut dilakukan dalam waktu bertahun-tahun.

b. Lordosis

Gangguan tulang selanjutnya ialah lordosis. Kondisi gangguan tulang ini terjadi ketika tulang belakang dibagian punggung telah membengkok ke belakang. Ini bisa terjadi jika bila seseorang sering duduk pada kursi dengan meja terlalu tinggi.

c. Kifosis

Gangguan tulang selanjutnya ialah kifosis. Dimana gangguan ini ketika kondisi yang berkebalikan terhadap gangguan tulang lordosis. Kifosis, ialah tulang belakang dorsal perut yang membengkok ke depan. Ini bisa terjadi karena adnya kebiasaan menulis yang sangat membungkuk.

Kifosis

2. Gangguan Tulang Karena Penyakit

Selain gangguan tulang diatas, ada juga gangguan tulang yang diakibatkan karena sebuah penyakit. Diantaranya:

a. Polio

Bagi penderita polio akan merasakan kelumpuhan yang membuat lama kelamaan tulang mereka akan mengecil. Polio juga bisa dicegah dengan cara vaksin polio. Vaksin biasanya akan diberikan melalui mulut untuk anak yang usianya lima tahun kebawah.

b. Layuh Semu

Gangguan tulang selanjutnya ialah layuh semu. Gangguan tulang ini bisa terjadi karena terinfeksi penyakit sifilis dari anak semasa berada dikandungan karena tertular dari ibu yang telah mengidap penyakit sifilis. Hal ini menjadikan tulang anggora gerak yang dimiliki oleh bayi ataupun anak tersebut menjadi layuh dan tidak bertenaga sama sekali.

c. Rakhitis

Gangguan Rakitis adalah sebuah penyakit tulang yang membuat terhambatnya pertumbuhan tulang seseorang. Penyakit ini muncul karena penderita mengalami kekurangan vitamin D & sinar matahari pagi. Biasanya pasien yang mengalami penyakit rakhitis ini tulangnya sangat lemah dan umumnya berbentuk X ataupun O karena tak bisa menahan berat tubuhnya.

d. Kaku Sendi

Gangguan tulang kaku sendi adalah cacat pada persendian sehingga sendi tidak bisa digerakkan. Masalah tersebut bisa disebabkan karena persendian telah terinfeksi penyakit sifilis ataupun gonorhoe. Dengan begitu minyak sendi pada tulang sendi menjadi kering & tidak bisa digerakkan. Contohnya pada lutut yang tak bisa dibengkokkan. Orang dewasa sering mengalami kaku sendi ini.

e. Kanker Tulang

Adanya virus juga bisa merusakkan pertumbuhan dari sel sel tulang secara tidak terkendali. Hal ini membuat di beberapa bagian tulang akan tumbuh benjolan benjolan & bisa berpindah pindah bahkan akan timbul rasa sakit pada tulang. Penyakit ini bisa mengakibatkan kematian.

f. TBC Tulang

Gangguan selanjutnya ialah TBC tulang. Kondisi ini merupakan penyakit pada tulang karena infeksi oleh Tuberculosis menjadikan tulang kamu rusak.

g. Osteoporosis

Osteoporosis atau tulang keropos merupakan penyakit yang menyebabkan tulang gampang retak atau patah. Penyakit ini umumnya menyerang orang lanjut usia, khususnya perempuan. Penyebab osteoporosis adalah tubuh kekurangan zat kapur (kalsium).

h. Rikets

Rikets merupakan kelainan tulang pada anak yang disebabkan defisiensi vitamin D. Tulang ini umumnya lunak dan jika berjalan maka tulang dapat melengkung.

i. Osteomalasia

Osteomalasia adalah kelainan tulang kerena defisiensi vitamin D pada orang dewasa. Tulang yang kekurangan fosfor dan kalsium agar jadi lunak. Osteomalasia umumnya diderita oleh wanita yang tidak cukup makan padi-padian, susu, jarang terkena cahaya matahari, dan sering melahirkan.

j. Steoporosis atau osteopenia

Kelainan tulang yang umumnya diderita oleh orang tengah baya atau tua yang telah menopause. Kelainan ini berwujud menurunnya kerja sel osteoblas sebagai akibat penurunan mengolah hormon estrogen. Tulang akhirnya jadi rapuh dan gampang patah. Penyakit ini bisa diatasi bersama dengan banyak minum susu yang punya kandungan kalsium.

k. Artritis

Artritis merupakan masalah tulang yang berwujud peradangan pada sendi yang disebabkan keseleo, infeksi, dan luka sendi.

l. Mikrosefalus

Mikrosefalus merupakan kelainan akibat perkembangan tulang-tulang tengkorak yang terkendala dikarenakan kekurangan zat kapur saat pembentukan tulang tengkorak pada saat bayi, agar ukuran kepala kecil (ukurannya tidak proporsional). Akibat lebih lanjut umumnya berpengaruh pada perkembangan mental.

Cara dan Proses Penyembuhan Patah tulang

Dapatkah tulang patah disambung? Tulang yang patah sanggup disambung kembali, namun tulang perlu diluruskan dan tidak boleh digerakkan. Tulang yang patah nyata-nyata perlu disisipkan pen berasal dari logam antikarat. Berikut ini gambaran perbaikan patah tulang.

Cara dan Proses Penyembuhan Patah tulang

Itulah beberapa penjelasan tentang kelainan pada tulang yang bisa kamu jadikan sebagai bahan ujian nanti. Selamat belajar.

Baca Juga : 

Shares