Imunisasi Tetanus Toksoid : Manfaat dan Efek Samping Serta Waktu Pemberiannya

Imunisasi TT (Tetanus Toksoid) pada Ibu Hamil : Manfaat dan Efek Sampingnya

Pada ulasan mengenai Manfaat dan Efek Samping Imunisasi TT (Tetanus Toksoid) pada Ibu Hamil ini akan di jelaskan tentang poin pentingnya yang mana di antaranya seperti pengertian Imunisasi TT dan pencegahan tetanus dengan imunisasi TT, serta manfaat dan efek samping imunisasi TT.

Tetanus Toksoid dan umumnya juga di sebut dengan Tetanus adalah suatu penyakit yang dapat di katakan sangat beresiko khususnya bagi para wanita hamil yang mana bisa menyebabkan kematian bayi baru lahir. Tetanus ini penyebabnya adalah masuknya berupa bakteri melalui luka yang terbuka terutama pada kulit yanga mana membuat bakteri Clostridium Tetani tersebut menghasilkan suatu toksin/racun yang menyerang langsung ke bagian sistem saraf pusat. Pada kondisi tersebut bagi si penderita kemungkinan akan mengalami kejang otot, kesulitan menelan, ataupun kesulitan untuk bernafas.

Pada ibu hamil, tetanus pada umumnya sangat rentan menyerang pada persalinan bayi salah satunya yakni dengan bantuan dukun bayi. Hal ini di karekan dukun bayi tersebut tidak menggunakan peralatan medis yang tidak steril. Seperti misalnya alat tersebut di gunakan untuk memotong tali pusar, serta mengunakan berbagai ramuan tardisional sebagai penutup luka. Meskipun tidak semuanya hal ini di lakukan untuk mencegah terkenanya Bakteri Titanus yakni dengan menggunakan peralatan yang steril.

Pencegahan Tetanus pada Ibu Hamil dengan Imunisasi TT (Tetanus Toksoid)

Salah satu cara yang paling efektif dalam mencegah tetanus neonatorum ini adalah dengan melakukan pemberian imunisasi TT pada ibu hamil. Imunisasi TT adalah suatu proses sebagai pembangun kekebalan tubuh dan sebagai upaya pencegahan terjadinya infeksi tetanus yakni caranya dengan memberikan Vaksin Tetanus. Vaksin yang di berikan tersebut adalah berupa toksin kuman tetanus yang sudah di lemahkan (dimatikan) dan kemudian di murnikan.

Cara pemberiannya adalah dengan menggunakan Konsep life long immunization, yakni pemberian Imunisasi TT secara berkala dengan waktu/interval tertentu yakni di mulai dari TT 1 hingga TT 5. Untuk Skema dari life long immunization / jadwal imunisasi TT untuk ibu hamil, bisa anda lihat selengkapnya dibawah ini.

TT 0, diberikan di saat imunisasi dasar pada bayi.

TT 1, diberikan di saat imunisasi dasar pada bayi.

TT 2, diberikan di saat imunisasi dasar pada bayi.

TT 3, diberikan pada saat BIAS (bulan imunisasi anak sekolah) di  kelas satu.

TT 4, diberikan pada saat BIAS (bulan imunisasi anak sekolah) di  kelas dua.

TT 5, diberikan pada saat BIAS (bulan imunisasi anak sekolah) di  kelas tiga.

Manfaat Imunisasi TT pada Ibu Hamil

Manfaat dengan pemberian imunisasi TT pada ibu hamil adalah sebagai perlindungan pada bayi yang baru lahir dari tetanus neonatoru (tetanus terhadap bayi neonatus yang memiliki usia kurang 1 bulan). Kemudian, Imunisasi TT pada Ibu Hamil pun sangat berguna sekali sebagai perlindungan bagi sang ibu terhadap adanya kemungkinan tetanus ketika terdapat luka.

Pemberian Imunisasi TT pada Ibu Hamil

Untuk pemberian Imunisasi TT pada ibu hamil di lakukan sebanyak 2 kali dengan dosis 0,5 cc yang mana di injeksikan atau intramuskuler/subkutan. Sangat di sarakn pemberian Imunisasi TT ini sebelum kehamilan 8 bulan agar ibu hamil, hal ini di lakukan agar sang ibu mendapatkan imunisasi TT lengkap. TT 1 bisa di berikan pada saat ibu positif hamil (umumnya di lakukan pada saat pemeriksaan kehamilan pertama kali). Sedangkan untuk jarak (Interval) dalam melakukan pemberian imunisasi TT 1 dengan TT 2 adalah 4 minggu. Untuk lebih jelasnya mengetahui jarak pemberian Imunisasi dapat anda lihat pada table berikut ini.

Tabel jarak waktu pemberian imunisasi TT dan Masa perlindungannya
Imunisasi TT
Selang Waktu Minimal
Lama Perlindungan
TT 1 Langkah awal pembentukan kekebalan tubuh terhadap penyakit Tetanus
TT 2 1 bulan setelah TT 1 3 tahun
TT 3 6 bulan setelah TT 2 5 tahun
TT 4 12 bulan setelah TT 3 10 tahun
TT 5 12 bulan setelah TT 4 >25 tahun

Efek Imunisasi TT

Para ibu hamil tidak perlu mengeluhkan dan merasa khawatir jika mengalami nyeri, kemerahan dan pembengkakan pada tempat suntikan imunisasi TT. Pasalnya hal tersebut hanya sebatas efek samping imunisasi TT yang ringan. TT merupakan antigen yang memang di tujukan secara khusus bagi wanita hamil serta dalam kandungan. Sedangkan untuk efek samping tersebut hanya akan berlangsung sekitar 1-2 hari saja, dan akan sembuh dengan sendirinya tanpa di obati.

Bagi anda uang belum tahu bagaimana mendapatkan Imunisasi TT, maka anda bisa mengunjungi Puskesmas, Bidan, rumah sakit, polindes, posyandu atau Dokter. Dan jangan lupa juga menceritakan keluhan selam anda hamil.

Bagaimana, apakah anda sekarang sudah paham mengenai imunisasi TT pada ibu hamil, seperti pengertian dan pencegahan tetanus dengan imunisasi TT, serta manfaat dan efek samping imunisasi TT dari berbagai penjelasan tentang Manfaat dan Efek Samping Imunisasi TT (Tetanus Toksoid) pada Ibu Hamil di atas? Semoga anda bisa lebih paham dan mengerti bahwasanya Imunisasi TT sangat penting maka jangan sampai anda mengabaikannya. Semoga Bermanfaat

Baca Juga :

Shares