Hipertensi : Pengertian, Penyebab dan Gejala Serta Pencegahanya Lengkap

Pengertian Hipertensi, Penyebab, Gejala dan Cara Pencegahanya

Pengertian, Penyebab dan Gejala Hipertensi Serta Pencegahanya – Hipertensi dapat di artikan sebagai penyakit yang sering di jumpai khususnya di Negara Indonesia, biasanya banyak para penderita Hipertensi tinggal di berbagai kota besar dan salah satu factor resiko langsung dari timbulnya infark iokard dan CVA (cerebrovascular accidents). Walaupun tidak bisa di obati, dapat di lakukan dengan cara pencegahan dan penatalaksanaan sehingga bisa menurunkan hipertensi serta beberapa penyakit yang disertainya.

Hipertensi atau umum masyarakat menyebutnya dengan tekanan darah tinggi merupakan kondisi  dimana tekanan darah pada dinding arteri (pembuluh darah bersih) meningkat. Maka dengan demikian banyak juga yang menyebut kondisi ini sebagai “pembunuh diam-diam” karena memang sulit menemukan gejala yang jelas Sumber alodokter.com

Pengertian dan Definisi Hipertensi

Definisi dari Hipertensi adalah suatu tekanan darah tinggi persisten yang mana untuk sistoliknya berada di atas 140 mmHg dan tekanan diastolik diatas 90 mmHg. Mekanisme dari Tekanan darah berasal dari pompa jantung yang mendorong dari banyaknya Volume darah denngan tekanan yang tinggi agar darah dapat sampai ke seluruh organ tubuh lewat pembuluh darah.

Maka dalam hal ini tingginya dari tekanan darah di tentukan dari jumlah darah yang di pompakan jantung dan diameter pembuluh darah.

Seperti yang di ungkapkan seorang ahli bernama Smeltzer, hipertensi merupakan suatu peningkatan tekanan siastole yang tingginya tersebut tergantung dari usia seseorang yang mengalami Hipertensi. Tekanan darah berfluktuasi pada batas tertentu tergantung dari posisi tubuh, umur, dan tingkat stress seseorang.

Hipertensi dengan peningkatan tekanan systole yang tidak disertai dengan peningkatan diastole lebih banyak terjadi pada Lansia, sedangkan untuk hipertensi peningkatan tekanan diastole tidak disertai dengan peningkatan siastole lebih banyak di alami oleh seseorang dengan usia dewasa muda.

Penyebab Penyakit Hipertensi

Sebenarnya ada banyak sekali yang menyebabkan seseorang terkena penyakit Hipertensi atau darah tinggi dan umumnya terjadi karena pola hidup yang kurang sehat serta beberapa hal lainnya sebagai berikut :

  1. Obesitas / kegemukan
    Untuk seseorang yang mengalami kegemukan dengan berat badan di atas 35% dari berat badan ideal akan sangat mudah terkena penyakit salah satunya adalah Hipertensi.
  2. Merokok
    tentunya anda setuju jika seseorang yang merokok akan sangat mudah terkena penyakit khususnya Hipertensi karena memang Merokok dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah. Beberapa penyakit lainnya yang di derita dari kebiasaan merokok adalah diabetes, serangan jantung, dan stroke. Maka dari itu, seseorang yang memiliki kebiasaan merokok ketika mengalami tekanan darah tinggi adalah kombinasi yang sangat berbahaya yang juga dapat memicu penyakit lainnya yang masih ada kaitannya terhadap jantung dan darah.
  3. Mengkonsumsi Minuman Alkohol
    Anda pasti sudah tahu bahwa selain dapat membuat seseorang melakukan criminal, mengkonsumsi minuman alcohol secara berlebihan akan meningkatkan tekanan darah.
  4. Stress
    Kebiasaan seseorang yang sering sekali di abaikana adalah Stress dan emosi yang tidak stabil dapat menyebabkan tekanan darah tinggi.
  5. Kurang olah raga
    Seseorang yang jarang sekali bahkan tidak pernah melakukan aktifitas olahraga dapat terserang penyakit dengan sangat mudah termasuk Hipertensi
  6. Diet yang tidak seimbang dan makanan berlemak dan tinggi kolesterol
    Kemudian yang terakhir ini merupakan kebiasaan yang paling sering di abaikan bahkan tidak terkontrol sehingga seseorang mengalami penyakit Hipertensi

Tanda Dan Gejala Penyakit Hipertensi

  • Sering Mengalami Sakit kepala
  • Rasa pegal dan tidak nyaman pada tengkuk
  • Susah tidur
  • Peningkatan tekanan darah > 140/90 mmHg
  • Mata Kabur atau berkunang-kunang
  • Detak Jantung berdebar-debar
  • Mudah Capek/Letih/lelah
  • Telinga berdengung

Cara Mencegah Penyakit Hipertensi

  • Olahraga secara teratur
  • Menjaga berat badan ideal
  • Mengkonsumsi banyak buah dan sayur
  • Kurangi garam dan makanan berkolesterol
  • Ubah pola hidup menjadi sehat
  • Hindari stres
  • Periksa secara rutin pada Layanan Kesehatan Terdekat

Hanya itu saja yang bisa saya sampaikan mengenai Pengertian, Penyebab dan Gejala Hipertensi Serta Pencegahanya, Semoga dengan membaca penjelasan di atas kita semakin semangat untuk menjaga kesehatan dan segera melakukan pencegahan agar tidak terkena penyakit Hipertensi yang sering di alami oleh banyak orang baik Lansia atau Usia Muda. Semoga Bermanfaat

Baca Juga : 

Shares