Getaran : Pengertian, Jenis, Istilah Dan Rumusnya Lengkap

Pengertian Getaran, Jenis, Istilah Dan Rumusnya Lengkap

Getaran merupakan peristiwa bolak balik pada sebuah benda dalam suatu titik keseimbangan. Sebenarnya dalam kehidupan sehari-hari kita sering melihat dan mengenal dari kata getaran itu sendiri, misalnya getaran ketika menggunakan Handphone, Getaran Bumi ketika terjadi gempa, saat kedinginan tubuh akan menggigil dan ini termasuk getaran. Dan masih banyak lainnya.

Pengertian Getaran

Apa sih yang di maksud dengan getaran? Seperti yang di telah di jelaskan di atas bahwasanya kita sering mendengar kata getaran, akan tetapi masih belum mengerti arti dari getaran sebenanya khususnya dalam ilmu Fisika. Getaran ialah sebuah peristiwa dimana gerakan tersebut terjadi bola-balik pada sebuah benda dari satu titik keseimbangan. Ada beberapa contoh getaran sederhana di antaranya seperti : Pada ujung pegas yang di gantung terdapat beban getaran, Senar gitar yang di petik, pada bandul sederhan, pada zat padat yang mengandung atom, dll

Jenis Getaran

Terdapat dua jenis getaran diantaranya adalah getaran mekanis dan getaran nonmekanis. Pengertian Getaran mekanis adalah sebuah getaran pada benda yang bergetar dimana benda tersebut mengalami pegeseeran linear atau pergeseran sudut. Sedangkan untuk Pengertian getaran nonmekanis membutuhkan perubahan pada besaran-besaran fisika. Kemudian contoh diatas adalah termasuk  getaran mekanis, sedangkan untuk contoh getaran nonmekanis diantaranya medan listrik dan medan magnet.

Pengertian, Jenis, Istilah Dan Rumusnya Lengkap

Pada mulanya beban ada di  posisi A, Kemudian di tarik sampai dengan ke posisi B. Maka, apa yang terjadi? Beban tersebut akan kembali di posisi A, lalu ke Posisi C dan kembali ke posisi A, dan begitu seterusnya. Hal ini terlihat jelas bahwa beban tersebut melakukan gerak bolak-balik pada suatu kesetimbangan (A).

Jarak antara ketika posisi benda bergetar terhadap posisi dalam keadaan seimbang di sebut juga simpangan. Kemudian untuk simpangan terjauh di sebut dengan amplitude. Di dalam pembahasan mengenai getaran, kita juga mengenal istilah yang baru yakni yaitu periode dan frekuensi.

Istilah Dalam Getaran

Pada pembahasan mengenai getaran, kita pun mengenal istilah baru, yakni periode Getaran dan frekuensi. Untuk lebih jelasnya mengenai pengertian dari kedua istilah tersebut silahkan anda simak dibawah ini.

Periode Getaran

Agar lebih paham apa yang di maksud dengan periode getaran dapat anda lihat dari percobaan berikut ini.

  1. Pada di salah satu ujung pegas tersebut dengan beban serta ujung yang lain pada statif (Lihat Gambar)
  2. Kemudian tarik beban lurus ke bawah, lalu kita tandai dimana posisi awal dari beban pada statif dengan menggunakan pita, sekarang lepaskan beban.
  3. Hitung waktu yang di gunakan pada beban dalam melewati pita n kali menggunakan stopwatch.

Pengertian, Jenis, Istilah Dan Rumusnya Lengkap

Jika kita perhatikan dari percobaan di atas, yang mana nilai  di setiap barisnya mempunyai nilai yang sama. Maka untuk nilai perbandingan tersebutlah yang disebut dengan periode suatu getaran. Atau dengan kata lain periode merupakan jenjang waktu yang di perlukan pada suatu benda dalam melakukan satu getaran lengkap. Pada Sistem Internasional (SI), Periode di lambangkan T dan satuannya adalah second (s).

Lambang pada Periode :

T = periode (sekon)

t = waktu (sekon)

n = banyak getaran

meskipun simpangan pada pegas diperbesar, maka nilai pada  periode tidak akan mengalami perubahan. Artinya adalah periode getaran tersebut tidak terpengaruh dari besarnya amplitudo. Pada halaman sebelumnya di Gambar getaran satu periode merupakan waktu yang di gunakan pada beban untuk bergerak dari B ke B lagi dengan melewati lintasan B – A – C – A – B.

Frekuensi Getaran

Pengertian Frekuensi adalah jumlah getaran pada satu detik. Di Sistem Internasional (SI), frekuensi dilambangkan dengan f dan memiliki satuan Hertz (Hz).

Lambang Frekuensi:

f = frekuensi (Hz)

t = waktu (sekon)

n = banyak getaran

Karena frekuensi merupakn kebalikan dari periode, jadi di antara keduanya ada keterkaitan :

Baca Juga : 

Shares