Fungsi dan Peran Pasar dalam Kegiatan Ekonomi

Fungsi dan Peran Pasar dalam Kegiatan Ekonomi

Apa yang di maksud dengan kegiatan ekonomi? untuk menemukan jawaban tersebut kami akan menguraikan dari beberapa point penting mengenai kegiatan ekonomi di antaranya seperti pengertian pasar, syarat-syarat terjadinya pasar dan lain-lainnya. Selain itu agar pembaca dapat memahaminya lebih mendalam akan di jelaskan secara rinci berupa fungsi pasar, peran pasar dalam kegiatan ekonomi.

Fungsi Pasar

Dapat di katakan bahwasanya pasar memiliki fungsi yang sangat penting. Khususnya bagi para konsumen, dengan adanya pasar akan semakin memudahkan untuk mendapatkan barang serta jasa dalam kebutuhan sehari-hari.

peran pasar dalam kegiatan distribusi

Sedangkan bagi produsen pasar bisa menjadi tempat memudahkan untuk menyalurkan barang dari hasil produksi yang di hasilkan.

Jika di lihat secara umum, pasar sendiri memiliki tiga fungsi utama yakni sebagai sarana distribusi, pembentukan harga, dan sebagai tempat promosi.

1. Pasar sebagai Sarana Distribusi

Yang dimaksud dengan pasar sebagai sarana distribusi di lihat dari fungsinya yakni memperlancar proses penyaluran barang atau jasa antara produsen ke konsumen.

Dengan adanya pasar, produsen bisa memiliki hubungan yang baik secara langsung atu tidak langsung bertujuan menawarkan hasil produksi kepada konsumen.

Pasar dapat dikatakan memiliki fungsi yang baik apabila kegiatan distribusi barang atau jasa dari produsen ke konsumen berjalan lancar. Namun jika sebaliknya pasar dapat di katakan tidak berfungsi dengan baik jika kegiatan distribusi sering mengalami kemacetan.

2. Pasar sebagai Pembentuk Harga

Pasar juga memiliki fungsi sebagai tempat pertemuan antara penjual dan pembeli. Di pasar tersebut para penjual menawarkan berbagai barang atau jasa kepada si pembeli.

Si pembeli tersebut yang membutuhkan barang atau jasa akan berusaha menawar harga dari barang atau jasa tersebut, maka dalam hal ini terjadinya tawar menawar antara keduanya.

Setelah adanya kesepakatan, maka terbentuklah harga. Maka ini lah yang dinamakan pasar berfungsi sebagai pembentuk harga.

Dari harga yang sudah menjadi kesepakatan tersebut, tentunya sudah diperhitungkan baik sipenjual dan pembeli.

Penjual pun tentu sudah memperhitungkan laba yang diinginkan, sedangkan bagi si pembeli sudah memperhitungkan manfaat barang atau jasa serta keadaan keuangannya.

3. Pasar Sebagai Sarana Promosi

Kemudian untuk fungsi yang ke-3 adalah pasar sebagai sarana promosi yakni pasar sebagai tempat untuk mengenalkan serta menginformasikan dari barang atau jasa mengenai manfaat, keunggulan, dan kekhasannya kepada konsumen.

Promosi di lakukan agar pembeli menjadi minat terhadap barang dan jasa yang di kenalkan tersebut. Promosi juga bisa di lakukan dengan berbagai cara, diantaranya adalah dengan memasang spanduk, menyebarkan brosur, pameran, dan sebagainya.

Dengan adanya banyak media atau cara melakukan promosi yang di lakukan oleh produsen, menjadikan konsumen lebih selektif dalam memilih barang yang di inginkan.

Pada umumnya para produsen yang menawarkan barang dengan harga murah serta memiliki kualitas bagus akan menjadi pilihan konsumen.

Itulah beberapa penjelasan mengenai Kegiatan Ekonomi, Fungsi dan Peran Pasar dalam Kegiatan Ekonomi. Semoga Bermanfaat serta dapat menambah pengetahuan kita dalam hal ekonomi. terima kasih

Baca Juga :

Shares