Contoh Naskah Berita Televisi Terbaru

 

 Contoh Naskah Berita Televisi Terbaru

 

 

Contoh Naskah Berita Televisi Terbaru 2018 – Di dalam sebuah berita televisi yang biasanya kita tonton setiap hari, untuk mengetahui seputar informasi apa saja yang terjadi di sekeliling kita, baik di Indonesia mau pun di manca Negara. Sebuah berita yang kita nikmati setiap hari, tidak terlepas dengan naskah berita televisi yang pada mulanya disusun terlebih dahulu untuk kemudian dibacakan di depan pemirsa.

Untuk menulis naskah berita televisi, haruslah menggunakan unsur 5W1H (when, where, who, why, which, how). Agar dapat menyampaikan berita dan kemudian dapat dimengerti oleh pemirsanya. Selain itu, sebuah berita juga harus mengandung rumus 5 C, yaitu:

  1. Controversial, artinya bahasa yang digunakan haruslah gaya bahasa percakapan sehari-hari.
  2. Clear atau jelas, artinya batasi berita hanya dengan menggunakan satu gaya bahasa saja.
  3. Concise atau ringkas dan singkat, gunakan kalimat yang ringkas dan singkat, satu kalimat tidak boleh melebihi dari 20 kata.
  4. Compelling, artinya hanya gunakan kalimat dalam bentuk aktif.
  5. Cliche Free, artinya kalimat haruslah terbebas dari kata klise.

Selain itu, dalam membuat naskah berita televisi juga harus diperhatikan apakah informasi tersebut dapat diterima oleh pemirsanya. Jangan sampai berita tersebut hanya dapat dinikmati oleh segelintir orang. Oleh sebab itu, gaya bahasa sehari-hari yang digunakan adalah gaya bahasa santai ala percakapan yang bisa dimengerti oleh semua kalangan.

Untuk itu, menurut salah satu berita televise terkenal asal Amerika, CNN. Menyebutkan bahwa, naskah berita televisi haruslah “to be understood by the truck driver while not insulting the professor’s intelegence” maksudnya adalah, sebuah naskah berita televisi haruslah dapat dimengerti oleh Sopir Truck sekalipun, tapi dengan tidak berusaha merendahkan seorang Professor.

Berikut Ini Adalah Contoh Dari Naskah Berita Terbaru

Naskah Berita Pendek

Satu Hari Jelang Pengambilan Keputusan RUU Penyelenggaraan Pemilu, Fraksi-Fraksi di DPR Terus Melakukan Konsolidasi. Jika Musyawarah Mufakat Gagal Tercapai, Fraksi Partai Koalisi Pemerintah Yakin Mampu Memenangkan Voting.

 

Sumber: CNN Indonesia, 19-7-2017

 

 

 

Contoh Naskah Berita Televisi

Informasi pertama berikut ini saudara, adalah sebuah informasi yang baru saja kami dapatkan. Girder atau beton penyambung light rapid transit, atau LRT rute Kelapa Gading-Velodrome, ambruk pada Senin, 22 Januari 2018 dini hari. Akibat insiden ini saudara, lima orang pekerja mengalami luka-luka dan harus mendapat perawatan medis.

Inilah kondisi proyek LRT yang berada di Jalan Kayu Putih, Pulogadung, Jakarta Timur, tersebut hancur akibat ambruk. Girder atau beton penyambung jembatan patah dan roboh ke tanah. Beberapa bagian girder saudara, juga retak dan terlepas dari alat pengait.

Akibatnya, proses pengerjaan proyek LRT terpaksa dihentikan sementara waktu, dan beberapa pekerja yang selamat memilih menjauh dari lokasi.

Belum diketahui secara pasti saudara, penyebab ambruknya beton penyambung proyek LRT. Girder tiba-tiba saja ambruk saat sejumlah pekerja sedang melanjutkan proses pembangunan. Akibatnya, lima pekerja yang berada di lokasi mengalami luka-luka dan dibawa ke Rumah Sakit Columbia Asia, Pulogadung, Jakarta Timur.

 

Sumber: Liputan6 Pagi SCTV, Senin (22/1/2018),

 

Itu dia contoh naskah berita televisi terbaru 2018, yang kami rangkum dari berbagai sumber informasi. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi anda semua.

 

Baca Juga:

Shares