Cara Menghitung Perkalian dan Pembagian Bilangan Pecahan beserta Contohnya Lengkap

Perkalian dan Pembagian Bilangan Pecahan beserta Contohnya Lengkap

Perkalian pecahan – pada pecahan ternyata kamu juga bisa menjumlahkan atau mengurangkan bilangan bilangan tersebut. Pada operasi bilangan pecahan juga sama dengan operasi bilangan bulat. Sehingga kamu bisa menjumlahkan,mengurangkan, mengalikan, dan membagi. Selain ke empat operasi tersebut, kamu juga bisa memangkatkan dan akar dari pecahan tersebut. Pada pembahasan kali ini, akan disajikan tentang perkalian pecahan.  

Operasi Hitung Pada Pecahan

Beberapa operasi hitung yang ada dalam bilangan pecahan seperti yang sudah dijelaskan pada pembahasan diatas. Sementara untuk pembahasan kali ini akan fokus pada operasi hitung perkalian serta pembagian pecahan yang sudah dilengkapi oleh beberapa contoh masing-masing.

Perkalian Bilangan Pecahan Biasa dan Campuran

Misalnya di rumah terdapat sebuah taman, dengan 1/2 bagiannya ditanami oleh rumput manis, sedangkan 1/3 bagiannya tidak ditanami dengan rumput, namun ditanami bunga.

Jika taman yang ditanami dengan bunga dibanding dengan taman dari keseluruhan, maka akan diperoleh, bisakah kamu mengetahui berapakah bagian taman yang telah ditanami dengan bunga?

Perkalian Bilangan Pecahan Biasa dan Campuran

Jika kamu melihat dari keterangan diatas, maka bisa disimpulkan jika taman yang telah ditanami dengan bunga dibanding dengan taman keseluruhan ialah 1/6 bagian.

Perkalian Bilangan Pecahan Biasa dan Campuran

Secara umum bisa dituliskan:

Perkalian Bilangan Pecahan Biasa dan Campuran

Contoh operasi perkalian pada Pecahan Biasa:

Perkalian Bilangan Pecahan Biasa dan Campuran

Contoh operasi hitung Perkalian pada Pecahan Campuran:

Dalam operasi hitung perkalian bentuk pecahan campuran, yang harus kamu lakukan lebih dahulu ialah merubah bentuk pecahan campuran menjadi pecahan biasa.

Perkalian Bilangan Pecahan Biasa dan Campuran

Sedangkan sifat-sifat dari perkalian bilangan pecahan juga sama terhadap sifat-sifat dari perkalian yang ada dalam perkalian bilangan bulat, yakni:

  • a x b sama dengan b x a
  • (a x b) x c sama dengan a x (b x c)
  • a x (b + c) sama dengan (a x b) + (a x c)

Sementara untuk menghitung perkalian pada bilangan pecahan campuran, maka berlaku sifat sifat:

Perkalian Bilangan Pecahan Biasa dan Campuran

Pembagian Bilangan Pecahan Biasa dan Campuran

Dalam operasi bilangan bulat, tentunya kamu sudah mempelajari jika operasi pembagian adalah kebalikan operasi perkalian. Hal ini juga berlaku pada sifat sifat pembagian bilangan pecahan.

Contoh soal pembagian pecahan:

Pembagian Bilangan Pecahan Biasa dan Campuran

Pembagian Bilangan Pecahan Biasa dan Campuran

Jika melihat beberapa contoh diatas, maka bisa disimpulkan dengan rumus dibawah ini:

Pembagian Bilangan Pecahan Biasa dan Campuran

Rumus Perkalian Pecahan

System perkalian pada bilangan pecahan memang sudah biasa dijumpai pada kehidupan sehari hari. Contoh bentuk perkalian pecahan yang sederhana seperti setengah dari berat 1/2 kilogram gula ( kamu bisa mengalikannya 1/2 x 1/2 kg). Sementara untuk cara yang bisa dilakukan agar bisa menemukan hasil tersebut ialah cara yang sudah di sajikan diatas.

Jadi, jika kamu mendapati banyak soal tentang perkalian yang berbentuk pecahan, dengan nominal pecahan berapa pun, maka ini masih bisa dilakukan. Bahkan perkalian yang terdiri dari 3 pecahan sekalipun juga bisa dikerjakan dengan hasil yang jumlahnya berapapun.

Setelah melihat rumus yang sudah di jelaskan diatas, maka sudah bisa disimpulkan jika cara mengerjakannya sangatlah mudah. Karena kamu hanya perlu mengalikan seluruh penyebut dan penyebut, kemudian bagian pembilang dengan pembilangnya.

Misal seperti 1/2 x ½. Pada contoh soal ini, kamu bisa mengerjakan dengan cara mengalikan 1 dengan 1, kemudian penyebutnya juga dikalikan yakni 2 dengan 2. Dengan begitu, ½ x ½ = ¼.

Itulah pembahasan tentang perkalian pecahan yang bisa kamu kerjakan dengan rumus yang sudah ditentukan diatas. Untuk bisa memecahkan semua bentuk perkalian pecahan, kamu harus selalu berlatih dengan soal soal yang sudah disediakan dari berbagai bentuk perkalian pada pecahan.

Baca Juga : 

Shares