Cara Mencari Nomor Telepon dengan Cepat di “Buku Telepon”

Panduan Lengkap Cara Mencari Nomor Telepon di Buku Telepon

saranailmu.com – biasanya dalam keadaan tertentu atau darurat seseorang membutuhkan nomor telpon penting baik pada institusi, lembaga dan kantor penting.

Sebenarnya ada cara termudah yang bisa anda lakukan untuk mengetahui telepon seseorang atau nomor telepon kantor, lembaga, atau institusi yang dibutuhkan yakni dengan bertanya kepada layanan telkom melalui saluran nomor 108.

Cara lainnya anda bisa mencarinay menggunakan buku telepon. yang perlu anda tahu adalah Nama orang, kantor, lembaga, atau institusi dalam buku telepon tersusun berdasarkan urutan abjad lengkap dengan alamatnya.

Karena, tidak banyak yang tahu atau tidak memperhatikan pada halaman pertama dari buku telpon, yang didalamnya berisi beberapa hal yang memudahkan anda dalam mencari nomor telpon yang di butuhkan. Dengan demikian menyebabkan seseorang bisa lama membuka-buka buku telepon.

Cara Mencari Nomor Telepon dengan Cepat

Dengan membaca/memperhatikan pada pendahuluan buku telpon, anda dapat menemukan penjelasan yang membantu untuk menemukan berbagai nomor telepon yang diinginkan. Untuk penjelasannya adalah sebagai berikut :

1. Departemen, lembaga negara, lembaga Non-Departemen

  • Tersusun pada halaman berdasarkan abjad
  • Setiap bagian departemen/lembaga tersusun berdasarkan struktur organisasi
  • Khusus lembaga pemerintahan yang berada di bawah suatu departemen, diletakan di bawah departemen yang berhubungan, contoh : TVRI, RRI, BSF disusun di bawah Departemen Penerangan

2. Nama Langganan Pribadi

  • Nama keluarga atau marga ditampilkan lebih dahulu baru diikuti nama pribadi
    Contohnya : Effendi Siagian dikelompokkan pada abjad S
  • Nama pribadi tanpa nama keluarga marga ditulis langsung
    Contoh : Joko Simanjuntak dikelompokkan pada abjad J
  • Singkatan nama, gelar, pangkat, dan lainnya yang sejenis ditampilkan di belakang
    Contoh : Elang Raditya Drs. Dikelompokkan pada abjad E

3. Badan Usaha

Nama perusahaan didahulukan, lalu diikuti dengan bentuk badan usaha itu (Hotel, PT, CV, dll)

4. Petunjuk Halaman

Anda bisa menggunakan petunjuk abjad yang terlampir pada sudut bagian kiri dan kanan atas pada setiap halaman untuk menemukan nama yang anda cari.

Cara Mencari Nomor Telepon di Buku Telepon

Contoh : Sukijan Tapakerta terdapat di halaman SUK – SUM

5. Halaman Kuning

  1. Menampilkan daftar badan usaha yang tersusun berdasarkan kelompok usaha
  2. Perhatikan/baca dahulu pada indeks yang berada di depan

Misalnya, suatu saat nanti mendapat undangan seminar yang bertempat di Hotel Quality.

Namun, anda lupa hari serta tanggalnya. Maka untuk mendapatkan kejelasan mengenai hal tersebut, anda bisa bertanya kepada panitia penyelanggara seminar tersebut atau bisa juga dengan menanyakan pada bagian resepsionis Hotel Quality. Karena nomor telepon Hotel Quality lupa anda catat, dengan demikian yang harus anda lakukan adalah dengan mencarinya di buku telepon.

Bagaimana cara mencari nomor telpon Hotel Quality atau Quality Hotel tersebut? silahkan anda simak langkah-langkahnya dibawah ini.

  1. Yang pertama harus dilakukan adalah fokus pada kata atau kelompok yang berawalan huruf Q.
  2. Setelah anda menemukan huruf Q, lanjutkan dengan mengfokuskan lagi pada huruf berikutnya yakni huruf u, huruf selanjutnya setelah huruf u cari huruf a dan huruf-huruf selanjutnya sampai dan menemukan nama Quality Hotel.
  3. Sampai disini yang perlu anda lakukan setelah menemukan nama Quality Hotel adalah melihat nomor telponnya pada sebelah kanan.

Coba anda perhatikan dibagian buku telepon yang menampilkan nomor telepon Quality Hotel berikut ini :

Berdasarkan dari kutipan halaman buku telepon di atas dapat anda temukan bahwasanya nomor telpon Quality Hotel adalah 731312 dan 743128.

Bagaimana, apakah sampai disini anda sudah mengerti bagaimana mencari nomor telpon dari buku telpon. Semoga dengan adanya artikel mengenai Panduan Cara Mencari Nomor Telepon dengan Cepat di “Buku Telepon”, bisa menambah pengetahuan kita dan pastinya dapat bermanfaat. terima kasih

Baca Juga :

Shares