Cara Membuat Jaring-jaring Prisma dan Limas Segitiga, Segi Empat dan Segi Lima Beserta Contohnya

Contoh Cara Membuat Jaring-jaring Prisma dan Limas Segitiga, Segi Empat dan Segi Lima

Jaring jaring limas segitigadalam pembahasan kali ini, akan diulas tentang jaring-jaring prisma dan limas. Ingatlah kembali pengertian jaring-jaring suatu bangun ruang yang telah kita bahas pada pembahasan sebelumnya. Untuk memperoleh jarring jarring ini, kamu harus membuka bangun ruang limas tersebut. Berikut ini ada beberapa gambar jaring jaring limas segitiga dan bangun ruang limas lainnya.

Cara Membuat Jaring-jaring Prisma Segi Lima

Cara Membuat Jaring-jaring Prisma dan Limas

Bila prisma segilima ABCDE.FGHIJ yang ada pada gambar (a) kamu iris sepanjang rusuk AB, EA, BC, CD, JF, GH, FG, dan juga HI selanjutnya dibuka dan dibentangkan, akan membentuk sebuah bangun datar yang sudah terlihat digambar (b). Pada gambar (b) diatas adalah jaring-jaring prisma segilima.

Apakah kamu bisa membuat jaring-jaring bangun prisma segilima lainnya?

Contoh Jaring-jaring bangun Prisma Lain

Harus kamu ketahui jika bangun prisma segi empat mirip dengan bangun ruang kubus maupun balok. Untuk melihat bagaimana jarring jarring bangun prisma lainnya, langsung simak ulasan dibawah ini.

Cara Membuat Jaring-jaring Prisma dan Limas

Jaring-jaring Prisma Segi Enam diatas bisa kamu lihat dari bangun c. Kamu bisa membuka bangun ruang prisma segi enam diatas pada gambar a sehingga menghasilkan gambar c. Cara membukanya bisa kamu lihat pada gambar b diatas.

Jaring-jaring Limas Segitiga

Cara Membuat Jaring-jaring Prisma dan Limas

Bila bangun limas segitiga T.ABC yang ada pada gambar (a) diatas, kamu iris sepanjang rusuk TB, TA, dan juga TC, selanjutnya kamu buka dan bentangkan, akan membentuk jaring-jaring limas yang ada pada gambar (b).

Contoh Jaring-jaring Limas Lainnya

Cara Membuat Jaring-jaring Prisma dan Limas

Gambar diatas adalah gambar jaring-jaring Limas Segi Enam. Pada gambar pertama adalah bangun ruang limas segi enam dan dibuka menjadi terlihat jarring jarring limas segi enam. Jarring jaringnya terlihat pada gambar yang kedua.

Jaring Jaring Limas Segitiga Sama Sisi, Sama Kaki Dan Sembarang

Untuk memperoleh jaring-jaring limas segitiga juga bisa diperoleh dengan mengiris beberapa rusuk dari bangun ruang limas tersebut kemudian merebahkannya. Sehingga akan diperoleh jaring-jaring dengan contoh berikut ini.

Cara Membuat Jaring-jaring Prisma dan Limas

Jika melihat jarring jarring diatas, telah terlihat jarring jarring bangun ruang limas segitiga sama sisi. Gambar tersebut juga termasuk proses pembentukan jarring jarring bangun ruang limas segitiga sama sisi. Namun masih ada jarring jarring lainnya yang bisa kamu buat dengan jarring jarring bangun diatas.

Cara Membuat Jaring-jaring Prisma dan Limas

Pada gambar diatas adalah gambar jarring jarring limas segitiga sama kaki. Proses pembentukan pada jarring jarring diatas juga sama dengan bangun ruang lainnya. Yakni dengan mengiris sejumlah rusuk rusuknya dan merebahkan bangun tersebut.

Cara Membuat Jaring-jaring Prisma dan Limas

Gambar diatas adalah jaring-jaring bangun ruang limas segitiga siku-siku. Gambar di atas juga termasuk proses pembentukan dari jarring jarring bangun ruang limas segitiga siku-siku. Untuk mengetahui jarring jarring diatas juga dibutuhkan cara yang sama yakni dengan mengiris rusuk limas dan merebahkannya.

Cara Membuat Jaring-jaring Prisma dan Limas

Jarring jarring selanjutnya ialah jarring jarring segitiga sembarang. Pada gambar diatas adalah proses pembentukan dari jarring jarring bangun ruang limas segitiga sembarang. Bangun ini juga bisa kita buat dengan berbagai bentuk jarring jarring. Selain bangun ruang limas segitiga, bagik segitiga sama kaki, sama sisi, dan sembarang, masih ada banyak lagi bangun ruang limas yang bisa kamu lihat jarring jaringnya. Caranya juga sama, yakni mengiris beberapa rusuk bangun ruang tersebut kemudian direbahkan. Dengan begitu, maka akan didapatkan jarring jarring dari bangun ruang tersebut.

Itulah pembahasan tentang jaring jaring limas segitiga. Untuk mengetahui bagaimana mengerjakan soal soal tentang luas permukaan limas segitiga, kamu harus mempelajarinya dan mengetahui jarring jaringnya.

Baca Juga : 

Shares