6 Pengertian Politik dan Ilmu Politik Menurut Para Ahli Beserta Contohnya

Pengertian Politik dan Ilmu Politik Menurut Para Ahli

Pengertian Politik dan Ilmu Politik Menurut Para Ahli – Secara umum Politik dapat di artikan sebagai proses pembentukan serta pembagian mengenai akan kekuasaan di dalam masyarakat atau negara yang terkait diantaranya seperti yang membuat berjalanna proses keputusan.

Pengertian secara umum tersebut adalah upaya yang di lakukan dalam penggabungan di berbagai definisi yang berbeda-beda dalam hakikat politik itu sendiri atau para ahli menyebutnya sebagai Ilmu Politik. Bisa di simpulkan dari pembahasan di atas bahwasanya Politik ialah suatu seni atau ilmu yang secara khusus mempelajari dalam meraih kesuksesan dengan metode konstitusional atau nonkonstitusional.

Pengertian Politik dan Ilmu Politik Menurut Para Tokoh Dan Ahli

Tentunya dari berbagai para ahli dan tokoh terkenal memandang Politik memiliki Arti dan Definisi yang berbeda-beda meski bila di lihat secara signifikan tidak begitu jauh penjelasan serta menelaah mengenai arti politik tersebut. Maka, agar lebih jelasnya mengenai Arti Politik dan Ilmu Politik Menurut Para Ahli dapat anda lihat dibawah ini:

1. Menurut Ramlan Surbakti (1999 : 1)

Ramlan Surbakti Menjelaskan Politik merupakan suatu interaksi terhadap pemerintah serta masyarakat mengenai dari segi proses pembuatan dan juga pelaksanaan pada suatu keputusan terkait dengan berbagai kebijakan bersama masyarakat yang menetap pada wilayah yang sama.

2. Menurut F. Isjwara, (1995 : 42)

Kemudian yang ke-2 F. Isjwara pun memiliki pandangan bahwasanya politik adalah usaha dalam mendapatkan kekuasaan atau suatu strategi/teknik dalam menjalankan kekuasaan

3. Menurut Kartini Kartono (1996 : 64)

Beliau menuturkan bahwsanya Politik bisa di bilang suatu kegiatan perilaku atau proses dalam menggunakan kekuasaan dengan tujuan menegakkan berbagai peraturan serta berbagai keputusan yang sah dan di berlakukan di tengah masyarakat.

4. Menurut Roger F. Soltau

Beliau juga menjelaskan yakni Politik adalah “Introduction to Politics” artinya Ilmu politik yang mempelajari/menganalisa diantaranya Negara, Tujuan Negaras dan berbagai lembaga yang menjalankan tujuan tersebut meliputi Negara terhadap warganya dan negara lainnya.

5. Menurut R. Hayer

Hayer memiliki anggapan bahwasanya Pendidikan Politik ialah suatu kegiatan untuk membentuk manusia menjadi orang yang terkait di dalam dunia Politik.

6. Menurut J.Barents

Dalam Ilmu Politik dikatakan bahwa Ilmu Politik merupakan Ilmu yang mempelajari berbagai aspek seperti kehidupan negara yang masih dalam satu bagian dari kehidupan masyarakat dan Ilmu Politik mempelajari negara tersebut serta melaksanakan tugasnya

Pengertian Ilmu politik

Dengan membaca berbagai pengertian Politik dan Ilmu Politik di atas ternyata masih banyak berbagai definis yang belum di pahami dan masih harus mengulas tentang teori Politik, dimana Teori politik memiliki pengertian yakni suatu kajian yang masih ada hubungannya dengan berbagai konsep dari tujuan politik itu sendiri, cara untuk mencapai tujuan politik tersebut termasuk segala konsekuensinya. Bahasan teori politik antara lain filsafat politik, konsep tentang sistem politik, negara, masyarakat, kedaulatan, kekuasaan, legitimasi, lembaga negara, perubahan sosial, pembangunan politik, perbandingan politik, dan lain sebagainya.

Terlepas akan hal itu ternyata ada banyak sekali sistem Politik yang telah di kembangkan oleh berbagai negara yang ada di Dunia, diantaranya adalah:

Anarkisme,autoritarian, demokrasi, diktatorisme, fasisme, federalisme, feminisme, fundamentalisme keagamaan, globalisme, imperialisme, kapitalisme, komunisme, liberalisme, libertarianisme, marxisme, meritokrasi, monarki, nasionalisme, rasisme, sosialisme, theokrasi, totaliterisme, oligarki dll.

Pada dasarnya untuk bisa memahami politik anda harus tahu kuncinya, yakni :

legitimasi, Kegiatan Politik, Partisipan Politik, Proses Politik, Kekuasaan, legitimasi yang juga beberapa yang paling penting lainnya adalah mengetahui mengenai seluk beluk dari partai politik.

Melihat dari segi etimologi “politik” bisa di bilang masih erat hubungannya dengan politisi dan kebijakan. Yang mana kata “politis” yang masih terkait dengan berbagai unsur politik sedangkan kata “politisi” sendiri adalah orang yang pekerjaannya dalam hal Politik.

Selain itu, Politik pun bisa dilihat dari sudut pandangan yang berbeda-beda, diantaranya adalah :

  • Politik merupakan usaha yang di lakukan oleh warga negara untuk mencapai kebaikan bersama (teori klasik Aristoteles)
  • Politik dapat diartikan pula yang masih ada hubungannya dengan penyelenggaraan pemerintahan dan negara
  • Politik adalah suatu kegiatan yang bertujuan untuk mendapatkan serta mempertahankan kekuasaan di dalam masyarakat
  • Lalu yang terakhir, Politik bisa di artikan yakni suatu proses penentuan serta pelaksanaan kebijakan publik.

Dengan melihat dan menyimak penejelasan di atas mengenai Pengertian Politik dan Ilmu Politik Menurut Para Ahli serta Kesimpulannya, tentu anda sekarang sudah mengerti dan paham mengenai Politk dan Ilmu Politik itu sendiri. Sedangkan kesimpulannya anda dapat melihat dari paragraf terakhir diatas. Semoga Bermanfaat

Baca Juga :

Shares