3 Tujuan Makhluk Hidup Berkembang Biak Beserta Contohnya

Tujuan Makhluk Hidup Berkembang Biak dan Contohnya

Apa Tujuan Makhluk Hidup Berkembang Biak – Seluruh makhluk hidup yang ada di muka bumi ini seperti manusia, Hewan serta tumbuhan baik di laut, darat dan udara pastinya akan melakukan perkembang biakan dengan cara reproduksi.

Tentu anda pun sudah tahu bahwasanya cara reproduksi pada setiap makhluk hidup berbeda-beda mualidari ayam yang bertelur, hewan yang melahirkan seperti golongan mamalia contohnya sapi dan tumbuhan yang melakukan perkembang biakan melalui tunas, bunga ataupun Umbi. Kesemua hal tersebut di lakukan oleh semua makhluk hidup pasti memiliki tujuan, Lalu apa saja tujuannya? Simak penjelasannya sebagai berikut.

Agar Tidak Mengalami Kepunahan

Yang pertama atau bisa di bilang yang paling utama, Apa Tujuan Makhluk Hidup Berkembang Biak? yakni untuk mempertahankan jenis/spesies dari mereka di dunia agar tidak mengalami kepunahan. Dengan demikian spesies tersebut akan tetap bisa di temukan di alam. Seperti yang anda tahu bahwa kepunahan tentunya semua tidak di inginkan oleh seluruh makhluk hidup. Hingga kini banyak Informasi yang mengatakan ada banyak Hewan serta tumbuhan yang mengalami kepunahan. Maka dari itu untuk menghindari terjadinya kepunahan tersebut perlu adanya campur tangan manusia.

Mempertahankan Jenis atau Spesiesnya

Terkait dengan penjelasan diatas dimana tujuan untuk melakukan perkembang biakan adalah dengan mempertahankan Jenis/Spesiesnya, tentunya agar tidak punah. Karena seperti hukum rantai makanan dan banyak predator di alam yang selalu mengintai mangsanya, maka sangat perlu sekali untuk memepertahankan spesies pada area habitatnya serta harus melakukan perkembang biakan sebagai penerus dari spesies yang sebelumnya.

Sebagai contoh di alam yang harus melakukan pertahanan yakni Kura-kura diman hewan ini bisa di bilang banyak keturunan dalam sekali reproduksi yang dapat menelur dengan jumlah hingga ratusan, namun di alam terbuka sangat sekali rentan terhadap predator. Jadi, dengan ratusan yang menetas hanya sedikit menjadi dewasa. Kita pun dapat mengambil kesimpulan jika pada suatu daerah Kura-kura hanya menelurkan 2 butir saja maka di pastikan jumlah kura-kura akan menjadi berkurang, sebab Kura-Kura tersebut sangat sulit untuk mempertahankan diri.

Mendapatkan Keturunan

Untuk beberapa makhluk hidup bahkan hampir semuanya bahwa keturunan adalah hal yang perlu di jadikan sebagai yang utama serta dapat menjadi sebuah lambang pada suatu keluarga, jadi keturunan tersebut sangatlah di tunggu-tunggu kehadirannya. Meski jumlah keseluruhan makhluk hidup tersebut banyak dan jauh dari mengalami kepunahan. Manusia adalah salah satu Contoh yang mencerminkan yang selalu menginginkan keturunan di tengah-tengah keluarganya.

Dari pejelasan uraian di atas maka sekarang anda sudah mengerti menganai, Apa Tujuan Makhluk Hidup Berkembang Biak? kesimpulanya adalah untuk mempertahankan jenis/spesiesnya agar tidak mengalami kepunahan. Semoga Bermanfaat 🙂

Baca Juga :

Shares