3 Pengertian Tabel, Grafik dan Bagan Beserta Contohnya Lengkap

Pengertian Tabel, Grafik dan Bagan Beserta Contohnya Lengkap

Pengertian Tabel, Pengertian Grafik Dan Pengertian Bagan, Contoh Cara Mengubah Sajian Grafik Menjadi Uraian akan di uraikan secara lengkap dan detail pada ulasan sebagai berikut.

Hampir setiap waktu anda membaca berbagai Informasi baik di media digital, Koran, TV dan lainnya yang melampirkan berupa gambaran seperti Tabel, Grafik serta berbagai bagan/diagram lainnya. Namun yang menjadi sebuah pertanyaan adalah apakah anda mendapatkan suatu informasi teks tersebut dari berupa gambaran dengan bentuk tabel, grafik, atau bagan tersebut?

#1. Pengertian Tabel, Grafik dan Bagan

Sebelum kita menuju mengenai gambaran dari Tabel, bagan atau Grafik maka yang harus dan penting terlebih dahulu diketahui adalah pengertian dari masing-masing dari istilah di atas yakni Tabel, Grafik dan Bagan.

Tabel merupakan daftar yang di dalamnya berisi ikhtisar dengan berbagai data-data mengenai Informasi yang mana pada umumnya terdapat kata-kata atau suatu bilangan yang tertata atau tersusun menggunakan garis pembatas.

Sedangkan, Bagan yakni berupa gambaran/sketsa abstrak yang mana menampilkan atau menjelaska Informasi tertentu. Data atau informasi tersebut di tuangkan pada gambar. Bentuk dari bagan sendiri bervariasi di antaranya seperti Garis (Bar), Lingkaran, Batang, Pohon dan garis.

Lalu yang terakhir adalah Grafik yakni berupa bentuk gambaran/lukisan dengan mengetahui  dari naik atau turunnya suatu keadaan Informasi tersebut

Agar pembaca dapat lebih paham membedakan antara Tabel, Bagan dan Grafik seperti yang di jelaskan di atas maka dapat melihat contoh gambar dibawah ini.

#2. Menemukan Informasi dalam Grafik, Tabel, dan Bagan

Setelah anda mengerti dan paham mengenai pengertian grafik, table dan bahan serta Contohnya. Maka untuk selanjutnya akan di jelaskan mengenai bagaimana cara menemukan informasi di dalamnya.

Ada beberapa tahap yang bisa anda lakukan untuk menemukan informasi dalam grafik, tabel, dan bagan, diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Pastikan anda sudah membaca judul grafik, tabel, dan bagan tersebut
  2. Kemudian, perhatikan pada keterangan yang ada pada gambar.
  3. Dan perhatikan juga perbedaanya pada setiap masing-masing gambar.
  4. Yang terakhir cara yang lebih mudah adalah ajukan pertanyaan maka anda akan dapat menemukan jawabannya

Pengertian Tabel, Grafik dan Bagan

#3. Mengubah Informasi dalam Grafik, Tabel, dan Bagan Menjadi Suatu Kalimat

Dengan membaca penjelasan di atas tentu anda sekarang sudah mengerti dan tahu bagaimana mencari Infromasi pada sebuah grafik, tabel, dan bagan. Akan tetapi bagaimana menjadikan table, grafik dan bagan tersebut menjadi bentuk kalimat?

Terkait akan hal tersebut bahwasanya Informasi yang masih berbentuk Grafik, table atau bagan memang cukup sulit di ketahui dari Informasi yang ada di dalamnya.

Tujuan dari mengubah Informasi dari suatu table, grafik dan bagan menjadi kalimat adalah memudahkan pembaca untuk bisa memahami dari isi/informasi tersebut. Dengan melakukan penguraian table, grafik dan bagan menjadi bentuk kalimat bisa di artikan penerjemahan gambar menjadi wacana, sehingga akan menjadi mudah untuk di mengerti.

Baca Juga :

Shares