17 Pengertian Informasi Menurut Para Ahli dan Contohnya Lengkap

Pengertian Informasi Menurut Para Ahli dan Contohnya Lengkap

Pengertian Informasi – Hampir setiap hari kita mendengar kata Informasi baik itu dalam pekerjaan atau kehidupan sehari-hari. Namun, apa sih sebenarnya Informasi itu? Agar pembaca dalam lebih memahami arti dari kata Informasi maka saranailmu.com akan memberikan penjelasan mengenai Pengertian dan Definisi Informasi, silahkan anda simak penjelasannya lengkapnya dibawah ini :

Jika di artikan secara umum Informasi merupakan datayang diproses kedalam bentuk yang berguna sebagai membuat keputusan. Sehingga Informasi bermanfaat sebagai pembuat suatu keputusan, karena pada dasarnya Informasi sendiri menurunkan hasil yang tidak pasti (Meningkatkan pengetahuan) menjadi penting, sebab dari informasi yang di dapatkan tersebut para pengelola dapat mengetahui kondisi obyektif perusahaannya. Kesimpulannya adalah Informasi adalah hasil dari pengolahan data atau fakta yang di kumpulkan berdasarkan metode ataupun cara – cara tertentu. Agar kita dapat mengetahui lebih jelas lagi dan lebih luas mengenai Pengertian Informasi dapat anda simak beberapa pendapat menurut para ahli sebagai berikut :

Pengertian Informasi Menurut Para Ahli

  1. JONER HASUGIAN
    berpendapat bahwasanya Informasi adalah suatu konsep yang sifatnya Universal dengan jumlah volume yang besar, sehingga di dalamnya meliputi banyak hal pada ruang lingkup masing-masing dan terekam pada sejumlah media.
  2. Abdul Kadir, McFadden dkk
    beliau menjelaskan dimana definisi informasi itu sendiri adalah sebuah data yang sudah mengalami proses sedemikian rupa, sehingga memungkinkan dalam meningkatkan pengetahuan dengan menggunakan data tersebut.
  3. KENNETH C. LAUDON
    yang ke-3 seorang ahli bernama Kenneth C.L menerangkan bahwa Informasi adalah data yang telah terbentuk kedalam suatu formulir yang bermanfaat serta bisa di gunakan untuk kebutuhan manusia.
  4. Azhar Susanto
    Seperti yang di tulis dalam bukunya Sistem Informasi Akuntansi, beliau berpendapat dimana Informasi adalah hasil dari pengolahan data yang memberikan arti & manfaat tertentu.
  5. ANTON M. MOELIONO
    Informasi adalah penerangan, keterangan, pemberitahu, kabar atau berita. Dalam arti lainnya Informasi dapat di artikan juga sebagai keterangan atau bahan dalam bentuk nyata yang bisa di jadikan sebagai dasar atas kajian analisis atau kesimpulan.
  6. Burch & Strater
    Beliau menjelaskan bahwasanya informasi adalah sebuah proses pengumpulan atau pengolahan data bertujuan sebagai memberikan pengetahuan atau keterangan.
  7. GORDON B. DAVIS
    ia menyatakan bahwasanya Informasi adalah suatu data yang di proses atau di olah ke berupa bentuk yang bermnafaat agar bisa dipahami baik itu dalam bentuk tindakan atau keputusan.
  8. George R. Terry
    Beliau pun menjelaskan bahwasanya informasi adalah sebuah data yang penting dalam memberikan pengetahuan yang bermanfaat
  9. ROBERT G. MURDICK
    Informasi berupa hasil yang di dalamnya terdiri dari apa yang telah di dapatkan, di olah/proses, ataupun sebaliknya yang berguna dalam menjelaskan, menerangkan, uraian atau berfungsi sebagai dasar pembuatan keputusan.
  10. Jogianto
    Seperti yang di kutip dari bukunya dengan judul Analisis dan Desain Sistem Informasi, bahwa informasi merupakan sebagai data yang di proses/olah kedalam bentuk yang lebih berguna bagi si penerima Informasi tersebut.
  11. Lani Sidharta
    Beliau berpendapat definsi dari informasi adalah sebagai data yang di berikan dengan bentuknya lebih bermanfaat dalam membuat sebuah keputusan.
  12. KUSRINI
    Seoarang ahli bernama Kusrini berpendapat bahwa Informasi adalah sebuah data hasil dari proses menjadi bentuk yang memiliki arti kepada pengguna, bermanfaat untuk pengambilan keputusan baik untuk saat ini atau nanti.
  13. Davis
    menurut beliau bahwa Informasi adalah data dari hasil olah yang menjadi bentuk dengan memiliki arti kepada penerimanya dan bermanfaat dalam mengambil keputusan baik untuk saat ini atau masa mendatang
  14. MC LEOD
    Ia berpendapat bahwa Informasi adalah sebuah data yang sudah diproses atau yang sudah memiliki arti
  15. FIRMANZAH
    Informasi merupakan data yang terdiri dari angka dan sudah di beri arti serta nilai
  16. KBBI
    penerangan, pemberitahuan, kabar atau berita tentang sesuatu,keseluruhan makna yang menunjang amanat yang terlihat dalam bagian-bagian amanat itu.
  17. Wikipedia
    adalah pesan (ucapan atau ekspresi) atau kumpulan pesan yang terdiri dari order sekuens dari simbol, atau makna yang dapat ditafsirkan dari pesan atau kumpulan pesan.

Contoh Informasi Dalam Kehidupan Sehari-hari

  • Ketika ibu rumah tangga membeli sesuatu di Minimarket dan melihat ada kenaikan harga pada barang yang akan di beli misalnya susu dan kemudian pulang dan memberi tahu kepada Ibu lainnya yang juga akan membeli susu juga bahwasanya harga susu tersebut harganya sudah naik.
  • Pada sebuah kelas ada salah satu pelajar yang tidak masuk dan kemudian ibu guru memberikan pekerjaan rumah tangga untuk para siswa, kemudian para siswa masing-masing pulang kerumah dan salah satu siswa yang kebetulan teman baik siswa yang tidak masuk dan memberika kabar bahwa ada PR dari ibu guru hari ini.

Itulah beberapa penjelasan mengenai Pengertian Informasi Menurut Para Ahli dan Contohnya, sehingga dengan membaca penjelasan tersebut anda menjadi lebih paham arti dari kata Informasi dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga Bermanfaat

Baca Juga : 

Shares