16 Pengertian Pendidikan, Tujuan dan Fungsinya Menurut Para Ahli

Pengertian, Tujuan dan Fungsi Pendidikan Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Pengertian Pendidikan Secara Umum dan Menurut Para Ahli – Hampir setiap saat kita mendengar kata pendidikan, bahkan hampir semua masyarakat Indonesia sudah mengecam pendidikan baik itu dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Namun, sebenarnya semenjak lahir kita sudah mendapatkan pendidikan dari kedua orang tua. Yang menjadi pertanyaan adalah apa sebenarnya pendidikan itu baik pengertian pendidikan, Tujuan Pendidikan serta fungsi dari pendidikan tersebut?

Untuk menjawab pertanyaan ini, harus di uraikan secara detail, hal ini menyangkut dari beberapa para ahli yang memiliki pendapat berbeda-beda. Tak hanya itu saja, jika di lihat dari segi pengertian secara umum berbeda dengan pengertian dari beberapa para ahli. Maka, agar semua bisa anda pahami dengan baik berikut ini akan di uraikan secara lengkap dengan berbagai definisi.

Pengertian Pendidikan Secara Umum

Di artikan secara umum Pendidikan dapat di artikan berupa usaha yang sadar dan telah terencana dalam mewujudkan suasana belajar serta proses pembelajaran bagi para peserta didik secara aktif dapat mengembangkan berbagai potensi dari dirinya agar dapat menerima kekuatan spiritual baik itu keagamaan, Pengendalian diri, Budi Pekerti, Kecerdasan, Akhlak baik serta beberapa keterampilan yang di gunakan untuk kepentingan masyarakat.

Dengan kata lain Pendidikan juga bisa di artikan suatu usaha dengan sadar serta tersusun bertujuan agar tercapai taraf hidup serta untuk kemajuan yang lebih baik. Bila di artikan secara sederhana pendidikan merupakan sebuah proses pembelajaran oleh peserta didik agar bisa mengerti, paham serta membuat manusia menjadi lebih berfikir kritis.

Pengertian Pendidikan secara Etimologi, dimana kata Pendidikan jika di terjemahkan ke dalam bahasa inggris “education”, sedangkan jika di artikan dalam bahasa latin adalah “educatum” yang mana tersusun atas 2 kalimat yakni E dan Duco, Kata E adalah sebuah pengmbangan dari dalam ke luar atau dari sedikit menjadi banyak, sedangkan Duco adalah perkembangan atau proses berkembang. Jadi, secara Etimologi pengertian pendidikan merupakan suatu proses dalam mengembangkan suatu kemampuan diri sendiri serta kekuatan individu.

Sedangkan menurut Kamus Bahasa Indonesia, Pendidikan dapat di artikan sebagai proses perubahan sikap serta tata laku seseorang atau kelompok tertentu melakukan usaha mendewasakan seseorang dari upaya pengajaran serta pelatihan.

Pendidikan bisa di dapatkan dengan cara Formal atau non Formal. Untuk cara Formal bisa di dapatkan dengan mengikuti berbagai program yang sebelumnya sudah di rencanakan, tersusun dari suatu insititusi, departemen atau kementtrian suatu negara. Sedangkan pendidikan Non Formal merupakan pengetahuan yang di dapatkan dalam kehidupan sehari-hari baik itu dari pengalaman yang pernah di alami sendiri atau dari orang lain.

Fungsi Pendidikan

Seperti yang di katakan oleh Horton dan Hunt, dimana lembaga pendidikan masih ada kaitannya dengan fungsi yang nyata (manifest) sebagai berikut:

  • Sebagai penanaman keahlian/keterampilan yang di butuhkan dalam berpatisipasi demokrasi.
  • Sebagai upaya mengembangkan bakat setiap peserta didik untuk mencapai kepuasan pribadi serta sebagai kepentingan masyarakat
  • Upaya dalan menyiapkan oleh kelompok masyarakat tertentu sebagai mencari nafkah.
  • Sebagai Upaya untuk Melestarikan budaya.

Beberapa fungsi lainnya dari lembaga pendidikan di antaranya adalah :

  • Sebagai penyedia sarana untuk pembangkangan
    Sekolah pada dasarnya memiliki potensi sebagai penanaman nilai dari pembangkangan di dalam masyarakat. Hal tersebut tercermin berupa perbedaan antar setiap sekolah serta masyarakat tentang berbagai hal seperti pendidikan seks dan sikap terbuka.
  • Memperpanjang masa remaja
    Pendidikan sekolah pun bisa untuk memperlambat dewasa, hal ini berdasarkan karena siswa masih tergantung secara ekonominya kepada orang tua.
  • Mengurangi kontrol orangtua
    Dengan adanya pendidikan, orang tua sekolah memberikan berbagai tugas serta tanggung jawab ketika mendidik anak-anaknya di sekolah
  • Mempertahankan sistem kelas sosial
    Pendidikan disekolah diharapkan kegiatan sosialisasi terhadap siswa mereka bertujuan meneriman berbagai perbedaan prestasi, kehormatan serta status dalam masyarakat. Sekolah pun sangat di harapkan sebagai saluran mobilitas peserta didik terhadap status social yang lebih tinggi atau setidaknya tidak sama dengan dengan status orang tua masing-masing.

Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli

1. Pengertian Pendidikan Menurut David Popenoe,
Ada beberapa macam dari fungsi pendidikan di antaranya adalah sebagai berikut :
– Transmisi (pemindahan) kebudayaan.
– Mengajarkan dan memilih peranan sosial.
– Menjamin integrasi sosial.
– Di tempat sekolah mengajarkan kepribadian.
– Sumber inovasi sosial.

2. Pengertian Pendidikan Menurut UU SISDIKNAS No.20 tahun 2003
Pendidikan merupakan suatu usaha yang terencana yang di gunakan untuk mewujudkan serta sebagai proses pembelajaran agar siswa dapat secara aktif mengembangkan potensi dari dalam diri mereka agar memiliki kekuatan kepribadian yang baik berupa Spritual keagamaan, Pengendalian diri, Kecerdasan, Moralitas, Budi Pekerti serta berbagai keterampilan yang di perlukan untuk diri sendiri atau orang lain.

3. Pengertian Pendidikan Menurut Prof. H. Mahmud Yunus
Definisi pendidikan merupakan sebagai usaha yang memang sengaja di pilih dalam mempengaruhi serta membantu anak-anak dengan bertujuan dalam meningkatkan pengetahuan, fisik serta moral secara bertahap, yang juga dapat memberikan anak dalam menggapai cita-cita yang paling tinggi. Pendidikan pun bisa di gunakan sebagai rangkan dalam mendapatkan kehidupan yang bahagia dan semua yang di lakukannya bisa menjadi manfaat bagi diri mereka sendiri serta masyarakat, bangsa, Negara dan agama.

4. Pengertian Pendidikan Menurut M.J. Langeveld
Pendidikan sebagai penuntun dalam usaha manusia dewasa hingga jatuh tempo, atau dengan kata lain Pendidikan adalah suatu upaya untuk membantu anak dalam melakukan berbagai tugas hidupnya, agar menjadi mandiri serat bertanggung jawab moral. Pendidikan juga bisa di artikan sebagai langkah upaya dalam mencapai penentuan nasib sendiri serta tanggung jawab.

5. Pengertian Pendidikan Menurut Prof. Herman H. Horn
Beliau menjelaskan bahwasanya Pendidikan merupakan suatu proses untuk menyesuaikan yang lebih tinggi untuk makhluk hidup yang sudah berkembang secara fisik dan juga mentalnya serta sadar Tuhan, seperti yang di tuturkan di lingkungan alam, intelektual, emosional serta keinginan dari manusia.

6. Pengertian Pendidikan Menurut Prof. Dr. John Dewey
Ia berpendapat pendidikan adalah langkah proses dari pengalaman. Hal ini karena manusia tumbuh, maka pendidikan sebagai sarana menumbuhkan pikiran manusia tanpa adanya batas usia. Dalam proses pertumbuhan tersebut merupakan suatu proses penyesuaian di setiap tahap dan dalam pengembangan pembangunan kapasitas seseorang lewat pendidikan.

7. Pengertian Pendidikan Menurut Driyarkara
Jika di definisikan, pendidikan merupakan usaha dalam memanusiakan seseorang pemuda atau janji muda sebagai tingkat manusia

8. Pengertian Pendidikan Menurut Ki Hajar Dewantara
Beliau merupakan bapak pendidikan bangsa Indonesia menjelaskan yang mana pendidikan dapat di artikan berupa permintaan pada kehidupan anak-anak. Jadi, intinya adalah bahwsanya pendidikan lebih mengacu pada semua kekuatan yang berada di alam, agar pada setiap siswa atau peserta didik sebagai manusia dan anggota masyarakat bisa menggapai keselamatan yang tinggi dan mendapat kebahagiaan hidup.

9. Pengertian Pendidikan Menurut Stella van Petten Henderson
Pendidikan merupakan suatu pertumbuhan manusia kombinasi serta sebagai pengembangan dengan warisan sosial.

10. Pengertian Pendidikan Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)
Bahwa pendidikan adalah proses pembelajaran untuk setiap orang dalam menggapai pengetahuan dan merupakan pemahaman yang lebih tinggi berdasarkan objek tertentu serta spesifik. Secara Formal di dapatkan hasil pengetahuan setiap orang yang mempunyai pola pikir, perilaku dan moral sesuai dengan pendidikan yang di dapatkan.

11. Pengertian Pendidikan Menurut Kohnstamm dan Gunning
Pendidikan memiliki arti sebagai cipatahan tuhan di hati nurani setiap manusia, bahwsanya pendidikan adalah suatu proses sebagai membentuk dan penentu nasib bagi diri sendiri sesuai dengan hati nurani

12. Pengertian Pendidikan Menurut Frederick J. Mc Donald
Beliau mengatakan bahwasanya pendidikan merupakan suatu proses dalam menggapai tujuan yakni untuk mengubah sifat manusia atau peserta didik.

13. Pengertian Pendidikan Menurut Ahmad D. Marimba
Adalah suatu proses bimbingan sadar dari pendidik sebagai pembangunan fisik dan spiritual peserta didik, dengan tujuan membentuk kepribadian peserta didik terbentuk dengan sangat baik. Keperibadian tersebut ini cukup signifikan pada orang yang tidak hanya cerdas seperti pintar secara akademis tapi juga baik dan berkarakter.

14. Pengertian Pendidikan Menurut H. Horne
Ia menyatakan bahwasanya pendidikan adalah suatu proses yang saling terkait terhadap penyesuaian yang di buat lebih tinggi bagi laki-laki yang sudah berkembang baik itu secara fisik dan juga mental.

15. Pengertian Pendidikan Menurut Ensiklopedia Pendidikan Indonesia
di katakana bahwa pendidikan adalah sebagai proses bimbingan manusia atau anak-anak di didik dari kegelapan, kebodohan, kecerdasan dan pengetahuan.

16. Pengertian Pendidikan Menurut Carter V. Good
Ia menjelaskan bahwasanya pendidikan merupakan suatu proses pengembangan dari berbagai keterampilan seseorang ke dalam bentuk sikap serta perilaku yang berlaku di tengah masyarakat. Proses tersebut yang mana seseorang di pengaruhi oleh lingkungan seperti lingkungan skolah dipandu sehingga tergapai keterampilan sosila serta mampu mengembangkan kepribadian diri sendiri.

Tujuan Pendidikan

Seperti yang di kutip dari UU No. 2 Tahun 1985 yakni tujuan pendidikan adalah untuk mencerdaskan kehidupn bangsa serta mengembangkan setiap manusia yang seutuhnya yakni yang beriman dan bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi luhur, mempunyai pengetahuan serta keterampilan, memiliki kesehatan jasmani dan rohani, memiliki kepribadian yang baik serta mandiri dengan memiliki rasa tanggung jawab kemasyrakatan bangsa.

Kemudian, Berdasarkan MPRS No. 2 Tahun 1960 bahwasanya pendidikan memiliki tujuan untuk membentuk pnacasialis sejati dengan berdasarkan berbagai ketentuan yang di inginkan dari pembukaan UUD 1945 dan isi UUD 945.

Berdasarkan UU. No.20 Tahun 2003 menjelaskan tentang Sistem Pendidikan Nasional dalam pasal 3, dimana pendidikan nasional memiliki tujuan untuk mengembangkan potensi para peserta didik untuk menjadi manusia yang beriman dan bertakwa terhadap tuhan yang maha esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, berbudi luhur serta menjadi warga Negara yang bertanggung jawab dan demokratis.

Dengan berbagai penjelasan di atas mengenai 16 Pengertian, Tujuan dan Fungsi Pendidikan Secara Umum dan Menurut Para Ahli, tentunya sekarang anda sudah semakin paham Apa itu Pendidikan? Selain itu anda bisa mengambil kesimpulan dari Pengertian Pendidikan Secara Umum dan Menurut Para Ahli tersebut. Semoga Bermanfaat

Baca Juga :

Shares