15 Pengertian Organisasi Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Pengertian Organisasi Secara Umum dan Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli

Pengertian Organisasi Menurut Para ahli – Jika di artikan secara umum adalah suatu perkumpulan atau sebagai wadah untuk sekelompok orang dalam melakukan kerja sama, terkendali dan memiliki seorang pemimpin dalam meraih tujuan tertentu.

Biasanya Organisasi menggunakan dan memanfaatkan sumber daya tertentu di antaranya seperti lingkungan, cara atau metode, material, mesin, uang serta beberapa sumber daya lainnya untuk meraih tujuan dari organisasi tersebut. Seluruh anggota yang terkumpul di sebuah organisasi tersebut setuju untuk mencapai tujuannua tersebut dengan melalui sumber daya tersistematis serta rasional terkendali, dan memiliki pemimpin organisasi yang menjadi pimpinan operasional organisasi yang sudah di rencanakan.

Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli

Agar pembaca dapat lebih memahami mengenai arti dari Organisasi, beberapa para ahli memiliki pendapatnya masing-masing yang mambahas mengenai Pengertian Organisasi yang di uraikan berdasarkan definisinya secara lengkap. Yang mana bisa anda simak selengkapnya sebagai berikut.

1. Pengertian Organisasi menurut Max Weber
Seorang ahli bernama Max Weber menjelaskan bahwasanya organisasi dapat di artikan suatu kerangka hubungan yang sudah terstruktur yang mana di organisasi tersebut memiliki tangung jawab serta kewenangan dan pembagian kerja bertujuan dalam mengeksekusi fungsi tertentu.

2. Pengertian Organisasi Menurut Drs. H. Malayu S, P. Hasibuan
Menurut Malayu S, P. Hasibuan Organisasi bisa di artikan sebuah proses keputusan, pengelompokkan serta pengaturan adanya berbagai macam kegiatan yang di perlukan agar bisa mencapai suatu tujuan tertentu

3. Pengertian Organisasi Menurut Chester I. Bernard
Organisasi merupakan sebuah tujuan system aktifitas yang di dalamnya saling bekerja sama yang mana di lakukan baik itu dua orang atau lebih.

4. Pengertian Organisasi Menurut James D. Mooney
Organisasi merupakan suatu perserikatan berbagai manusia bertujuan agar bisa mencapai tujuan bersama.

5. Pengertian Organisasi Menurut Stephen P. Robbins
Sebagai kegiatan dari suatu kesatuan social yang telah di koordinasikan secara sadar yang mana di dalamnya terdapat batasan yang yang relatif dapat dikenal, serta bekerja ber-atas dasarkan yang relative secara terus menerus agar dapat mencapai tujuan bersama atau kelompok.

6. Pengertian Organisasi menurut Stoner
Stoner menjelaskan bahwasanya Organisasi di artikan sebagai suatu pola yang terdiri dari beberapa hubungan dari orang-orang yang sedang dalam pengarahan oleh atasan bertujuan untuk bisa mencapai tujuan bersama.

7. Pengertian Organisasi menurut Schein
Beliau menyatakan bahwa Organisasi merupakan suatu koordinasi yang di gerakan dengan system rasional pada setiap kegiatan yang di lakukan oleh beberapa orang agar bisa mencapai tujuan dengan secara umum dengan masing-masing memiliki pembagian fungsi serta pekerjaan dari hirarji dengan memiliki otoritas dan tanggung jawab.

8. Pengertian Organisasi menurut Kochler
Beliau mengartikan mengenai pengertian Organisasi adalah suatu system yang memiliki hubungan yang secara sistematis, terkordinasi baik melalui usaha di dalam suatu kelompok didalamnya terdiri dari orang-orang yang sedang melakukan kegiatan atas tujuan tertentu.

9. Pengertian Organisasi menurut W.J.S. Poerdarminta
W.J.S. Poerdarminta menganggap bahwa Organisasi berupa peraturan yang asal muasalnya dari beberapa pembagian hingga menjadi satu kesatuan dengan berdasarkan keteraturan.

10. Pengertian Organisasi menurut dahlan Bahri
Dahlan Bahri mengutarakan mengenai Organisasi yang jika di artikan adalah suatu pengaturan serta penyusunan setiap berbagai bagian sampai menjadi satu kesatuan, aturan dan susunan yang berasal dari satu kesatuan yang tertata kemudain bergabung menjadi satu dan melakukan kerjasaama agar bisa mencapai tujuan bersama.

11. Pengertian Organisasi menurut Victor A. Thompson
Ia menjelaskan mengenai pengertian organisasi, adalah berupa perpaduan dari banyaknya para spesialis yang saling bekerjasama baik itu dengan cara impersonal dan rasional agar bisa mencapai tujuan yang sebelumnya telah di rencanakan.

12. Pengertian Organisasi menurut Richard Scott
Organisasi merupakan sebuah tindakan yang kolektif dan sengaja di bentuk untuk bisa mencapai tujuan secara khusus yang mana di atas dasarkan kelangsungan.

13. Pengertian Organisasi menurut Prof. Dr. Sondang P. Siagian
Organisasi dapat di artian sebagai bentuk persekutuan baik antara dua orang atau lebih yang saling melakukan kerjasama serta sifatnya terikat secara formal yang mana hal ini di lakukan bertujuan agar bisa tercapai keinginan yang sebelumnya sudah di tentukan terhadap ikatan yang ada di dalam seseorang atau beberapa orang yang di kenal sebagai atasan.

14. Pengertian Organisasi menurut Thomas Zimmerer dan Paul Preston
Paul Preston dan Thomas Zimmerer menuturkan bahwasanya organisasi merupakan suatu perkumpulan yang telah tersusun pada berbagai kelompok yang selalu saling bekerjasama, bertujuan agar dapat mencapai tujuan bersama.

15. Pengertian Organisasi menurut Philip Slznic
Beliau berpendapat bahwasanya Organisasi bisa di artikan sebagai suatu peraturan dari beberapa anggota guna dalam memudahkan untuk bisa mencapai dari berbagai tujuan yang sebelumnya telah di rumuskan lewat alokasi fungsi dan tanggung jawab.

Struktur Organisasi

Adalah susunan dari berbagai komponen atau dari berbagai unit kerja pada suatu organisasi. Struktur organisasi mengarah dengan adanya pembagian kerja serta menunjukan bagaimana dari berbagai fungsi atau dari kegiatan-kegiatan yang berbeda yang telah terkoordinasi. Selain itu struktur organisasi ini mengarah dari berbagai spesialisasi, pekerjaan, hubungan perintah serta penyampaian laporan.

Struktur Organisasi ini kebedaannya sangat di perkukan agar bisa di pahami oleh semua anggota (Komponen) dengan tujuan terciptanya system kerja yang efektif dan efesien. Struktur organisasi adalah deskripsi yang akan memudahkan organisasi membagi pekerjaan serta melaksanakan tugas dan pekerjaannya agar bisa mencapai tujuan organisasi. Struktur organisasi pun berguan mengatur siapa saja yang melaksakan tugas serta pekerjaan tersebut. Tak hanya membagi dan mengatur tugas atau pekerjaan yang di bebenkan pada organisasi, struktur organisasi ini juga berupa hubungan organisasi secara internal ataupun eksternal.

Bentuk-bentuk organisasi

Bagaimana, apakah anda sekarang sudah mengerti dari Pengertian Organisasi setelah anda membaca penjelasan Pengertian Organisasi Secara Umum dan Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli di atas? Tentunya anda bisa menyimpukan sendiri tentang Apa itu Organisasi? Semoga Bermanfaat

Baca Juga :

Shares