10 Mata Pencaharian Penduduk Indonesia

10 Mata Pencaharian Penduduk Indonesia

saranailmu.com – seperti yang kita tahu bahwa indonesia merupakan negara dengan memiliki banyak sumber daya yang melimpah dengan bermacam macam jenis mata pencaharian penduduk indonesia menjadi bukti bahwa negara kita sangat kaya.

Dalam kesempatan kali ini kita akan membahas menegenai mata pencaharian penduduk Indonesia yang masih ada hubungannya dengan pemanfaatan lahan dan sumber daya alam. Silahkan anda simak ulasan lengkapnya dibawah ini :

Pengertian Mata Pencaharian Penduduk

Pekerjaan yang menjadi utama atau pokok penghidupan merupakan pengertian dari Mata pencaharian. Dengan kata lain Mata pencaharian dapat di artikan sebagai keseluruhan aktivitas manusia dalam memberdayakan potensi sumber daya alam. Contohnya seperti Pertanian yang jika di artikan secara luas meliputi bidang pertanian, perkebunan, peikanan, peternakan dan kehutanan.

1. Pertanian

Pertanian adalah suatu usaha dalam mengolah tanah bertujuan untuk membudidayakan tanaman pangan. Umumnya masyarakat agraris mengutamakan pencahariannya dengan mengandalkan dari sektor pertanian.

2. Perkebunan

Jika anda mengunjungi beberapa tempat di sumatera atau di pulau jawa, maka akan menemukan perkebunan teh dan kelapa sawit. bagaimana apakah menurut anda luas? ya, karena tanaman yang di  tanam pada area perkebunan bukan semerta-merta untuk tanaman pangan utama, akan tetapi bisa berupa jenis tanaman tambahan seperti buah-buahan dan sayur-sayuran.

Ada beberapa jenis tanaman yang dibutuhkan dalam hal industri yang umumnya di tanam di perkebunan di antaranya seperti : kapas, kelapa sawit, tembakau, dll.

Sebenarnya perkebunan tidak harus memerlukan lahan yang luas, karena anda bisa menggunakan lahan yang sempit seperti pada area pekarangan rumah.

3. Peternakan

Peternakan merupakan suatu usaha dalam membudidayakan berbabagi hewan yang hidup didarat yang dibutuhkan manusia baik untuk di konsumsi atau untuk tujuan lainnya.

4. Perikanan

Negara indonesia dikenal sebagai negara kepluauan sehingga kaya akan potensi perikanannya. Bukan hanya sebagai negara yang memiliki laut luas serta memiliki garis pantai yang panjang, namun indonesia mempunyai sumber air darat yang melimpah. Dengan demikian, dari semua potensi tersebut bisa digunakan dalam mendukung sektor perikanan.

5. Kehutanan

Bukan hanya Luat yang luas, Indonesia memiliki 50% kawasan daratannya adalah hutan. Hutan sendiri memiliki arti suatu kawasan yang di tumbuhi beragam jenis pohon.

Umumnya di dalam kawasan hutan tinggal berbagai jenis hewan yang menggantungkan hidupnya dari hasil-hasil hutan. Sebagai negara yang lokasinya berada di lintang khatulistiwa, Indonesia mempunyai banyak hutan, hal ini karena di Indonesia merupakan negara dengan curah hujan yang tinggi.

6. Pertambangan

Manusia melakukan penambangan dengan menggalinya, mengambil serta mengolah sumber daya alam yang ada di dalam perut bumi untuk memenuhi sebagian kebutuhan manusia.

Dalam kegiatannya pertambangan tidak memiliki batas dan upaya penggalian dan pengambilan saja, akan tetapi meliputi berbagai usaha pengolahan sumber daya tersebut yang kemudian dijadikan barang setengah jadi sebagai bahan dasar industri.

7. Perindustrian

Suatu usaha manusia bertujuan mengubah bahan mentah atau setengah jadi menjadi barang jadi merupakan pengertian dari Perindustrian. Salah satu bidang yang pencahariannya terus meningkat adalah Bidang perindustrian.

Pemerintah Indonesia selalu berusaha untuk terus mendorong bidang perindustrian agar menjadi lebih maju, sehingga dapat menampung banyak tenaga kerja.

8. Pariwisata

Perjalanan bertujuan melakukan rekreasi adalah pengertian dari Pariwisata. Pada sektor mata pencaharian pariwisata ada banyak sekali jenisnya diantaranya adalah : Penjualan jasa pemandu (guide), Penyedia penginapan (akomodasi), bisa juga sebagai agen perjalanan.

Indonesa sudah dikenal oleh negara lainnya sebagai kawasan yang memiliki potensi wisata atau keindahan alam terbaik serta terkenal. akan tetapi, masih sedikit sekali penduduk Indonesia yang bekerja dalam bidang pariwisata.

9. Transportasi dan Jasa

Jasa adalah suatu usaha manusia dalam membantu manusia lainnya untuk mencapai atau mengerjakan sesuatu. Sedangkan transportasi adalah kegiatan dalam pemindahan barang atau manusia dari suatu tempat ke tempat lainnya.

Pencaharian penduduk dalam bidang jasa sangatlah beragam. Untuk masyarakat perkotaan umumnya lebih memilih Bidang jasa dan transportasi sebagai mata pencaharian. Beberapa contohnya adalah : penerjemah, penyewaan barang, pengemudi, pilot, masinis, dan sebagainya.

10.Perdagangan

Perdagangan adalah suatu usaha dalam menyalurkan dan memasarkan barang jadi dari produsen kepada konsumen. Perdagangan tentunya sangat dibutuhkan karena adanya perbedaan jumlah barang atau komoditi tertentu antara suatu kawasan dengan kawasan lainnya.

Jika di lihat dari besaran dan jenis barang, perdagangan sendiri dibagi menjadi beberapa kelompok diantaranya ialah perdagangan kecil, perdagangan menengah, dan perdagangan besar.

Kegiatannya dalam menyalurkan barang secara langsung kepada pembeli (eceran) merupakan Perdagangan kecil. Sedangkan untuk perdagangan menengah, kegiatannya adalah menyalurkan barang dari pedagang besar ke pedagang kecil sehingga tidak perlu melibatkan konsumen.

Lalu yang ke-3 adalah Perdagangan besar yang mana untuk kegiatannya melibatkan produsen barang atau pemilik barang dalam jumlah besar dengan para pedagang menengah

Itulah beberapa penjelasan mengenai 10 Mata Pencaharian Penduduk Indonesia, Sehingga dengan membaca ulasan diatas kita tahu bagaimana di negara indonesia memiliki sumber daya alam yang bisa di jadikan sebagai mata pencaharian.

Baca Juga :

Shares